Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Kunjungan Kerja ke KIT Batang sebagai Proyek Strategis Nasional di Jateng

Kunjungan Kerja ke KIT Batang sebagai Proyek Strategis Nasional di Jateng

 

Dalam rangka penajaman peran Kanwil Ditjen Perbendaharaan sebagai representasi Kementerian Keuangan di daerah dalam pelaksanaan APBN serta analisis ekonomi dan fiskal di daerah, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan ke Kawasan Industri Terpadu Batang pada Rabu (17/5).

Kawasan industri yang merupakan bagian Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah ini memiliki luas 4.300 Hektare yang mengusung konsep smart dan sustainable terletak di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Dari total luas lahan 4.300 hektare, terbagi menjadi tiga cluster yakni Cluster 1 dengan luas 3.100 hektare yang dialokasikan untuk industri, Cluster 2 dengan luas 800 hektare untuk inovasi, dan Cluster 3 dengan luas 400 hektare untuk residensial. Pengembangan KIT Batang sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2019 dan Perpres No. 109 Tahun 2020. Pembangunan KIT Batang akan mendukung tujuan pemerintah dalam upaya penciptaan lapangan kerja. Saat ini sudah terbentuk joint venture dengan nama perusahaan PT. Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Kepemilikan saham terdiri dari PT. Pembangunan Perumahan (PP) sebesar 35%, Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) sebesar 30%, PTPN IX sebesar 25%, dan Perusda Batang sebesar 10%.

Diharapkan KIT Batang dapat menjadi bounce back project yang menawarkan pengembangan ekonomi baru di wilayah Batang khususnya dan Jawa Tengah secara umum. Dengan demikian KITB dapat menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya dan mampu membawa arus modal masuk sehingga bisa menumbuhkan ekonomi nasional Indonesia serta mampu bersaing dengan kawasan industri di negara ASEAN.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN