Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan, Kanwil DJPb Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan LKKL Tingkat UAPPA-W Tahun 2023

Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan, Kanwil DJPb Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan LKKL Tingkat UAPPA-W Tahun 2023

 

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) Tingkat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W)  Tahun 2023 lingkup Jawa Tengah di Aula Gedung Keuangan Negara Semarang I, Senin (22/01/2024). Kegiatan rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh pejabat/pegawai penyusun LKKL Tingkat UAPPA-W mitra kerja Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah bertujuan : a) meningkatkan sinergi dengan UAPPA-W yang merupakan salah satu tugas Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah sebagai Financial Advisory, b) meningkatkan koordinasi dalam rangka persiapan penyusuan LKKL Tingkat UAPPA-W Tahun 2023 Unaudited, c) memastikan seluruh transaksi keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) sudah ditindaklanjuti dan diselesaikan secara tepat waktu.

Dalam rangka mendukung pembangunan zona integritas, sebelum kegiatan dimulai dilakukan pemutaran video kampanye anti gratifikasi kepada stakeholder sebagai komitmen Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah dalam mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Muhdi selaku Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa pada tahun 2023 pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) perlahan mulai ke arah recovery sebagai dampak upaya extra ordinary yang telah diambil dalam program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN). Selanjutnya untuk mendukung Inisiatif Strategis Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (IS-RBTK) Kementerian Keuangan tahun 2023, proses pertanggungjawaban APBN dilaksanakan secara terintegrasi melalui Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) full module. Seluruh proses perekaman tagihan/transaksi sampai dengan pelaporan keuangan dilaksanakan melalui SAKTI yang terkoneksi dengan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN), sehingga memudahkan proses pelaksanaan rekonsiliasi Laporan Keuangan antara Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Dengan sistem single database pada SAKTI, proses penyusunan Laporan Keuangan yang dilaksanakan secara  berjenjang mulai dari tingkat satuan kerja sampai Kementerian Negara/Lembaga akan menjadi lebih mudah dan terjaga validitasnya.

Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah pejabat/pegawai Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah. Materi yang disampaikan adalah Current Issue Penyusunan LKKL Tahun 2023 Unaudited. Pada kesempatan tersebut disampaikan kebijakan terkait penyusunan LKKL Tahun 2023 Unaudited, pelaksanaan rekonsiliasi laporan keuangan antara UAKPA dengan KPPN, penyelesaian administrasi pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN tahun 2023.  Selanjutnya materi kedua adalah Kriteria penilaian LKKL Tingkat UAPPA-W Tahun 2023 Unaudited. Materi terakhir adalah penyelesaian rekonsiliasi eksternal antara UAKPA dengan KPPN terkait Transaksi Dalam Konfirmasi (TDK) dan To Do List serta perlakuan akuntansi atas Rekening Penampungan Akhir Tahun Anggaran (RPATA). Berdasarkan monitoring yang disampaikan masih terdapat beberapa permasalahan yang harus diselesaikan dan ditindaklanjuti oleh satuan kerja. Diharapkan permasalahan tersebut dapat segera ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Selanjutnya sebagai satu rangkaian kegiatan rapat koordinasi, sebagai implementasi Inovasi “Lawang Sewu”, diakhir sesi dilaksanakan pertemuan One on One Meeting antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dengan beberapa  UAPPA-W yang masih memiliki transaksi pending matters . Hal ini penting untuk mengakselerasi penyelesaian permasalahan penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2023 Unaudited. Hasil yang diharapkan dalam kegiatan One on One ini adalah tidak ada lagi pending matters atas transaksi keuangan/BMN yang harus segera ditindaklanjuti oleh satker. Dengan kegiatan rapat koordinasi ini diharapkan permasalahan penyusunan laporan keuangan dapat segera diselesaikan dalam rangka menjaga kualitas LKKL Tingkat UAPPA-W mitra kerja Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah.  

 

Info selengkapnya : https://www.instagram.com/p/C2ZOD1DrZ01/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MjM0N2Q2NDBjYg==

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN