Jalan Sutoyo No. 01 Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Rapat Rutin TPID Provinsi Kalimantan Utara (8 Januari 2024)

RAPAT KOORDINASI TIM PENGENDALIAN INFLASI DAERAH (TPID) PROVINSI KALIMANTAN UTARA

 

Dalam rangka pengendalian inflasi awal tahun 2024, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Utara pada Senin, 08 Januari 2024 di Ruang Rapat Asisten Pembangunan dan Perekonomian Lt. 3 Kantor Gubernur Kalimantan Utara. Rapat berlangsung pukul 09.30 s.d. 12.00 WITA yang dihadiri oleh Inspektorat, Biro Perekonomian, Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Utara, Bappeda, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Disperindagkop, Badan Pusat Statistik, serta Korem 092/Maharajalila.

Rapat dilaksanakan secara hybrid dengan menyimak pemaparan dari Kemendagri, BPS, Deputi III Kantor Staf Presiden, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, BULOG, Satgas Pangan POLRI, dan TNI. Isu utama yang dibahas dalam rapat kali ini berkaitan dengan evaluasi kondisi Inflasi Minggu I Januari Tahun 2024. Isu utama yang dibahas dalam rapat kali ini berkaitan dengan Indeks Perkembangan Harga (IPH) sebagai Proxy Inflasi Minggu I Januari Tahun 2024. Indeks Perubahan Harga (IPH) Provinsi Kalimantan Utara pada Minggu I Januari Tahun 2024 tercatat sebesar 0,39%.

Komoditas yang mengalami kenaikan secara nasional adalah bawang merah, bawang putih, dan daging ayam ras. Kalimantan Utara mencatat harga tertinggi untuk komoditas cabai merah keriting dengan harga Rp82.000,- per kg dan beras medium Zona 2 dengan harga Rp14.920,- per kg. Kalimantan Utara juga menduduki lima provinsi dengan harga bawang merah dan daging ayam tertinggi secara nasional dengan harga Rp48.150.- dan Rp48.400,- per kg.

Menanggapi tingginya harga beberapa komoditas pangan, Menteri Dalam Negeri menghimbau Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan Gerakan Pasar Murah dan pemberian Bantuan Sosial kepada Masyarakat. Pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sendiri berencana menggalakkan Gerakan Warung Tekan Inflasi sebagaimana yang telah dilaksanakan di beberapa daerah di Pulau Jawa untuk mengendalikan harga komoditas pangan di wilayah Kalimantan Utara.

#InTress
#KaltaraMuda
#DJPbKaltara
#DJPbHAnDAL

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search