Jalan Sutoyo No. 01 Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara

Rapat Rutin TPID Provinsi Kalimantan Utara (22 Januari 2024)

 

Dalam rangka pengendalian inflasi tahun 2024, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Utara pada Senin, 22 Januari 2024 di Ruang Rapat Intimung Lt. 3 Kantor Gubernur Kalimantan Utara. Rapat berlangsung pukul 09.00 s.d. 13.00 WITA.

Rapat dilaksanakan secara hybrid dengan menyimak pemaparan dari Kemendagri, BPS, Deputi III Kantor Staf Presiden, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, BULOG, Satgas Pangan POLRI, dan TNI. Isu utama yang dibahas dalam rapat kali ini berkaitan dengan Indeks Perkembangan Harga (IPH) sebagai Proxy Inflasi Minggu III Januari Tahun 2024. IPH Kalimantan Utara Minggu III Januari Tahun 2024 mengalami penurunan sebesar 1,48% dibandingkan pada minggu sebelumnya.

Meski mengalami penurunan IPH, masih terdapat beberapa komoditas yang menempatkan Kalimantan Utara dalam lima provinsi dengan harga tertinggi seperti beras medium zona 2 (Rp16.400/kg), bawang merah (Rp54.400/kg), daging ayam (Rp48.150/kg), dan daging Sapi (Rp161.667/kg).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menghimbau diselenggarakannya kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) sebagai upaya untuk mengendalikan harga bahan pokok agar tetap terjaga. Menanggapi hal ini, Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Utara mendorong Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan Dana Dekonsentrasi yang tersedia guna mendukung tercapainya kegiatan GPM tersebut. Harapannya, program GPM dapat memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan barang konsumsi pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain program GPM, Tim Pengendalian Inflasi Daerah juga telah menyusun roadmap kegiatan pengendalian inflasi, serta berencana menyediakan fasilitas distribusi bahan pangan, menyelenggarakan program peningkatan daya beli masyarakat, dan program Cadangan Pangan Pemerintah.

#InTress
#KaltaraMuda
#DJPbKaltara
#DJPbHAnDAL

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search