Jl. Sultan Muhammad Syah, Gedung Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau, Dompak

Perjanjian Kinerja Kanwil DJPb Provinsi Kepuluan Riau Tahun 2022

Penetapan Kinerja tahun 2022 yang merupakan Kontrak Kinerja Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau dengan Direktur Jenderal Perbendaharaan, dijabarkan dalam 10 (sepuluh  Sasaran Strategis dan 20 (dua puluh) Indikator Kinerja Utama (IKU). Sasaran Strategis dan Indikator Kinerja Utama yang terangkum dalam Peta Strategi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 tersebut dapat ditunjukkan pada gambar berikut.

Peta Strategi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau 2022

Peta Strategi yang telah disusun tersebut dapat dilihat berdasarkan 4 (empat) perspektif, yaitu:

a. Stakeholders Perspective

Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang stakeholder (pemangku kepentingan). Stakeholder adalah pihak internal dan eksternal yang secara langsung atau tidak langsung memiliki kepentingan atas output atau outcome dari suatu organisasi, tetapi tidak menggunakan layanan organisasi secara langsung.

b. Customer Perspective

Perspektif ini mencakup sasaran startegis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customer (pengguna layanan) dan/atau harapan organisasi terhadap customer. Customer merupakan pihak luat yang terkait langsung dengan pelayanan suatu organisasi.

c. Internal Process Perspective

Perspektif ini mencakup sasaran startegis yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan dan menciptkan nilai bagi stakeholder dan customer (value chain).

d. Learning and Growth Perspective

Perspektif ini mencakup sasaran strategis berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output atau outcome organisasi yang sesuai dengan harapan customer dan stakeholder.

Adapun Indikator Kinerja Utama dan target yang ingin dicapai pada tahun 2022 adalah sebagai berikut:

No

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja Utama

Target

(1)

(2)

(3)

(4)

1.

Pengelolaan treasury pemerintah yang produktif dan akuntabel secara terintegrasi

1a-CP

Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L

89

1b-N

Indeks Efektivitas Pelaksanaan Tugas Kanwil DJPb sebagai Regional Chief Economist

3

(skala 4)

2.

Birokrasi dan layanan publik yang agile, efektif, dan efisien

2a-N

Indeks kepuasan satker terhadap layanan Kanwil DJPb

4,65

(skala 5)

3.

Formulasi regulasi dan otorisasi yang kredibel

3a-N

Indeks ketepatan waktu penyelesaian revisi dokumen pelaksanaan anggaran

3

(skala 4)

4.

Komunikasi, edukasi, dan standardisasi yang berkesinambungan

4a-N

Persentase tingkat implementasi aplikasi SAKTI

100%

4b-N

Tingkat efektivitas edukasi di bidang pengelolaan perbendaharaan

88,5

4c-N

Nilai kinerja pelaksanaan pembinaan dan supervisi Kanwil DJPb terhadap KPPN

8,7

5.

Pengelolaan kas  yang optimal

5a-N

Persentase akurasi perencanaan kas

83%

6.

Pelaksanaan anggaran yang efektif dan efisien

6a-CP

Rata-rata nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa pada KPPN

90

7.

Pembinaan pelaksanaan tugas khusus yang berkualitas

7a-N

Indeks kualitas pelaksanaan pembinaan dan monitoring pinjaman dan kredit program

82

7b-N

Nilai Kualitas Pembinaan BLU dan BLUD

93

8.

Pertanggungjawaban keuangan negara yang transparan dan akuntabel

8a-N

Indeks Kualitas Data KL dan LK Kuasa BUN tingkat Kanwil DJPb

3

(skala 4)

8b-N

Indeks Kualitas Pelaksanaan Rekonsiliasi Tingkat UAKPA

3,25

(skala 4)

8c-N

Nilai kualitas Laporan Government FinanceStatistic (GFS) tingkat wilayah

79

 

9.

Penguatan tata kelola dan budaya kerja Kemenkeu Satu dalam ekosistem kolaboratif

9a-N

Nilai kualitas pengelolaan kinerja berbasis Strategy Focused Organization

84,5

9b-N

Nilai hasil evaluasi pelaksanaan tugas kepatuhan internal

85

9c-N

Nilai rata-rata hard competency pegawai

78

10.

Penguatan pengelolaan keuangan dan BMN yang optimal

10a-CP

Persentase kualitas pelaksanaan anggaran Kanwil DJPb

95,5%

10b-N

Nilai  kualitas LK tingkat UAPPA-W dan UAPPB-W

83

10c-N

Persentase Kualiatas Pengelolaan BMN dan Pengadaan

100%

 

Selain itu, juga terdapat Inisiatif Strategis yang harus dilaksanakan pada tahun 2022. Inisiatif Strategis adalah kegiatan yang digunakan sebagai cara untuk mencapai target IKU sehingga berimplikasi pada pencapaian Sasaran Strategis. Inisiatif Strategis Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 diantaranya adalah

  1. Tingkat Implementasi Learning Organization pada Unit Kerja,
  2. Kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa pada KPPN,
  3. Tingkat Implementasi SAKTI di seluruh satker, dan
  4. Kualitas Laporan Government Financial Statistic  Kanwil  DJPb Prov. Kepulauan Riau.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search