JL. Jenderal Sudirman No.249 Pekanbaru 28116

 

Manajemen Kinerja pada Kanwil DJPb Provinsi Riau

STRATEGI ORGANISASI TAHUN 2025

Dalam pencapaian visi dan misi organisasi, Kanwil DJPb Provinsi Riau telah melakukan analisis penyusunan strategi organisasi menggunakan analisis STEP, yaitu sosial-budaya (sociocultural), teknologi (technological), lingkungan/ekonomi (Evironmental/Economic) dan politik/hukum (public policy/legal). Selanjutnya analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) untuk mengetahui kompleksitas permasalahan yang dihadapi dalam pencapaian tujuan organisasi.

 

 

 

PETA STRATEGI DAN PERJANJIAN KINERJA TAHUN 2025

Perjanjian Kinerja Kanwil DJPb Provinsi Riau tahun 2025 merupakan dokumen kesepakatan antara Kepala Kanwil DJPb Provinsi Riau dengan Direktur Jenderal Perbendaharaan yang dijabarkan dalam 8 (delapan)  Sasaran Strategis dan 16 (enam belas) Indikator Kinerja Utama (IKU). Sasaran Strategis dan Indikator Kinerja Utama tersebut terangkum dalam Peta Strategi Kanwil sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut.

 

 

Peta Strategi yang telah disusun tersebut dapat dilihat berdasarkan 4 (empat) perspektif, yaitu:

  1. Stakeholders Perspective|
    Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang stakeholder (pemangku kepentingan). Stakeholder adalah pihak internal dan eksternal yang secara langsung atau tidak langsung memiliki kepentingan atas output atau outcome dari suatu organisasi, tetapi tidak menggunakan layanan organisasi secara langsung.
  2. Customer Perspective
    Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customer (pengguna layanan) dan/atau harapan organisasi terhadap customer. Customer merupakan pihak luat yang terkait langsung dengan pelayanan suatu organisasi.
  3. Internal Process Perspective
    Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan dan menciptakan nilai bagi stakeholder dan customer (value chain).
  4. Learning and Growth Perspective
    Perspektif ini mencakup sasaran strategis berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output atau outcome organisasi yang sesuai dengan harapan customer dan stakeholder.

Adapun Indikator Kinerja Utama yang ingin dicapai pada tahun 2025 adalah sebagai berikut.

        

Hak Cipta © Kanwil DJPb Provinsi Riau - Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb
Jalan Jenderal Sudirman No. 249 Pekanbaru Kode Pos 28116
Telp : (0761) 22686 | Fax : (0761) 22647 |

Ikuti Kami

WhatsappIKUTI KAMI

 

Pengaduan Kami: 

 

 

Search