Peta Strategi adalah sebuah dashboard yang memetakan sasaran strategis organisasi dalam suatu kerangka hubungan sebab akibat yang menggambarkan keseluruhan perjalanan strategi organsasi dalam mewujudkan visi dan misi. Peta strategi digunakan untuk menjabarkan strategi secara visulal, melalui sejumlah sasaran strategis yang terangkai dalam hubungan sebab akibat sehingga memudahkan dalam mengkomunikasikan strategi.
Untuk mencapai tujuan organisasi, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat selaku pemilik peta strategi mempunyai peta strategi tahun 2023 yang tergambar diatas.
Peta strategi Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 terdiri dari 4 perspektif , 10 sasaran strategis, dan 20 indikator kinerja utama yang menjadi tolak ukur keberhasilan pencapaian sasaran strategi. Penjelasan lebih lanjut mengenai peta strategi adalah sebagai berikut :
- Perspektif Stakeholder
Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang Terdiri dari sasaran strategis
“Peberndaharaan Negara yang Optimal dan Akuntabel” .
- Perspektif Customer
Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customerdan/atau harapan organisasi terhadap customeryang terdiri dari sasaran strategis “Dukungan Manajemen yang Efektif.”
- Perspektif Internal Process
Perspektif ini mencakup SS yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan serta menciptakan nilai bagi stakeholderdan customer(value chain) yang terdiri dari 5 sasaran strategis yaitu :- Komunikasi, edukasi, dan standardisasi yang berkesinambungan
- Pelaksanaan anggaran yang optimal
- Pengelolaan kas yang prudent, efektif, dan efisien
- Pertanggungjawaban keuangan negara yang transparan dan akuntabel
- Pembinaan pelaksanaan tugas khusus yang berkualitas
- Perspektif Learning and Growth
Perspektif ini mencakup SS yang berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output atau outcomeorganisasi yang sesuai dengan harapan customer dan stakeholder. Perspektif ini terdiri dari 3 sasaran strategis yaitu :- Penguatan tata Kelola dan budaya kerja Kemenkeu Satu dalam ekosistem kolaboratif
- Organisasi dan SDM yang unggul dan adaptif
- Penguatan pengelolaan keuangan dan BMN yang andal