Gedung Keuangan Negara Palembang Lt.2. Jl. Kapten A. Rival No. 2, Palembang

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa

Palembang, 19 Desember 2017

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa pada tanggal 17 Desember 2018. Bertempat di Aula Bina Praja Kantor Gubernur Sumatera Selatan, DIPA diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, secara simbolis kepada 18 Satuan Kerja yang terdiri dari beberapa instansi vertikal Kementerian Negara/Lembaga (K/L) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki pagu anggaran signifikan dan melaksanakan program prioritas nasional. Sedangkan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa diserahkan kepada Sekda Provinsi Sumatera Selatan dan Bupati/Walikota lingkup Sumatera Selatan.

Pada TA 2018, anggaran yang dialokasikan untuk Provinsi Sumatera Selatan secara total adalah sebesar Rp42,086 triliun yang terdiri dari Rp28,57 triliun merupakan Transfer ke Daerah dan Dana Desa, dan sebesar Rp13,51 triliun merupakan anggaran Kementerian Negara/Lembaga yang dikelola instansi vertikal dan Organisasi Perangkat Daerah sebanyak 654 DIPA.

Dalam sambutannya, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan, Sudarso, mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang mendapat Anugerah Dana Rakca atas kinerja di tahun 2017, dan mendapatkan reward dalam bentuk Dana Insentif Daerah (DID) di tahun 2018 sebesar Rp64,75 miliar. Pada kesempatan yang sama, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan juga menyampaikan penghargaan dari Pemerintah kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan atas prestasi dalam penyusunan LKPD Tahun 2016 yang memperoleh opini WTP dari BPK.

“Dengan penyerahan DIPA ini diharapkan agar dapat dilakukan percepatan proses lelang (termasuk untuk DAK Fisik) dan penunjukan pejabat perbendaharaan. Selain itu agar instansi vertikal dan OPD dapat melakukan reviu kembali dan segera lakukan revisi jika diperlukan” sebut Sudarso diakhir sambutannya.

Dilain pihak, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin berpesan kepada Bupati dan Walikota agar Pemerintah Daerah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan APBD secara efektif, efisien, produktif dan berbasis output dengan memastikan alokasi anggaran benar-benar dimanfaatkan untuk program dan kegiatan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat yang berkeadilan social.

“Untuk mendukung kelancaran dalam pelaksanaan anggaran diminta agar senantiasa meningkatkan sinergi dan koordinasi antara Pemda, Insatansi vertikal K/L dan OPD dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan” pesan Gubernur Sumatera Selatan sebelum mengakhiri sambutannya.

Saluran Pengaduan

Lapor
SIPANDU
WISE
Telepon

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Keuangan Negara Palembang Lt.2 Jalan Kapten A. Rivai No. 2-4 Palembang
Tel: 0711-356534

IKUTI KAMI

Search