Jl. Mayjen DI Panjaitan No.10, Banjarmasin – 70114

Berita

Seputar KPPN Banjarmasin

KPPN Banjarmasin Adakan Rapat Koordinasi Sekaligus Beri Penghargaan Kepada Mitra Kerja

BANJARMASIN – KPPN Banjarmasin baru saja mengadakan rapat koordinasi dan pemberian penghargaan kepada mitra kerjanya selama tahun 2023. Acara ini dilaksanakan secara daring pada Selasa (27/2) dan dihadiri oleh seluruh Kuasa Pengguna Anggaran satuan kerja, pemerintah daerah, perbankan, dan lembaga penyalur UMi mitra KPPN Banjarmasin. Acara dibuka dengan keynote speech dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Bapak Syafriadi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mitra kerja KPPN Banjarmasin yang telah memberikan kinerja terbaik dalam melaksanakan anggaran pada tahun 2023, sehingga secara total dari pagu sebesar Rp18,64 triliun dapat direalisasikan sebesar 98,77% atau sebesar Rp18,41 triliun. Nilai ini berada diatas ekpektasi yang diharapkan oleh Bapak Presiden, bahwa anggaran tahun 2023 diharapkan dapat diserap minimal 95%. Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu sekalian”, jelas Bapak Syafriadi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2023 serta strategi akselerasi pelaksanaan anggaran tahun 2024 oleh Kepala KPPN Banjarmasin, Bapak Tri Ananto Putro. Bapak Tri menyampaikan evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2023 diantaranya penyerapan anggaran, penyaluran transfer ke daerah, indikator kinerja pelaksanaan anggaran, digitalisasi pembayaran, dan pencairan tagihan.

“Kami harapkan seluruh satuan kerja dapat mengimplementasikan seluruh digitalisasi pembayaran diantaranya Digipay, Kartu Kredit Pemerintah, dan Cash Managemenet System. Digitalisasi pembayaran memberikan beberapa kemudahan diantaranya mekanisme pembayaran yang simple dan pembuatan dokumen pertanggungjawaban yang lebih mudah dibandingkan dengan pembayaran secara cash/tunai. Kami harapkan di tahun 2024 ini, satuan kerja dapat segera membuat action plan untuk mengimplementasikan dan meningkatkan transaksi menggunakan digitalisasi pembayaran ini. Jika terdapat kendala, kami siap untuk mendampingi Bapak/Ibu sekalian”, jelas Bapak Tri.

Beberapa Kuasa Pengguna Anggaran juga memberikan testimoni dan harapan kepada KPPN Banjarmasin dalam memberikan pelayanan kepada mitra kerja. Beberapa Kuasa Pengguna Anggaran yang memberikan testimoni dan harapan diantaranya dr. Dames Indralaga, Kepala Rumah Sakit TK III Dr. R. Soeharsono Banjarmasin, Bapak Husnan Tajrie, Kepala BP2JK Wilayah Kalimantan Selatan, dan Ibu Sri Murjiati, Sekretaris Pengadilan Negeri Banjarbaru.

“Kami merupakan satker baru sejak tahun 2023. Sebagai satker baru dan satker PNBP, tentunya terdapat tantangan dan kerumitan tersendiri, namun demikian berkat bimbingan dan arahan dari KPPN Banjarmasin, kami dapat melaksanakan tugas kami dalam pengelolaan anggaran dengan baik tanpa masalah yang berarti”, ungkap dr. Dames Indralaga.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang penghargaan. KPPN Banjarmasin memberikan sejumlah 25 kategori penghargaan kepada satuan kerja, pemerintah daerah, perbankan, dan lembaga penyalur UMi mitra kerjanya. Beberapa kategori penghargaan yang diberikan diantaranya : Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran, Laporan Keuangan, Bendahara, Operator, Kuasa Pengguna Anggaran, Digipay, Pembiayaan UMi, Penyaluran DAK Fisik, Penyaluran Dana Desa, dan lain sebagainya. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat mitra kerja dalam melaksanakan anggaran sehingga diharapkan dapat menghasilkan kinerja anggaran yang optimal.

“Saya mengucapkan selamat atas capaian dan prestasi Bapak/Ibu sekalian yang luar biasa pada tahun 2023. Secara umum kami menilai bahwa kinerja dari seluruh satker telah terjadi peningkatan yang luar biasa. Mudah-mudahan ini dapat menjadi pemicu bagi Bapak/Ibu sekalian untuk terus meningkatkan kinerja di masa mendatang”, tutup Bapak Tri. [SNI]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 

IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search