Jl. Mayjen DI Panjaitan No.10, Banjarmasin – 70114

Berita

Seputar KPPN Banjarmasin

Kanwil DJPb Kalsel dan KPPN Banjarmasin Melakukan Audiensi dengan Bupati Banjar, Bahas Perkembangan Kinerja Fiskal Hingga Serahkan Piagam Penghargaan

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Bapak Syafriadi beserta Kepala KPPN Banjarmasin, Bapak Fanny Fariyanto melakukan kunjungan kerja dan audiensi ke Bupati Banjar, Bapak Saidi Mansyur dan Kepala BPKPAD Kabupaten Banjar, Bapak Achamad Zulyadaini di Rumah Dinas Bupati Banjar pada Selasa (23/4). Dalam kunjungan tersebut, Bapak Syafriadi menyampaikan beberapa poin penting terkait perkembangan kinerja fiskal pada Kabupaten Banjar termasuk Dana Transfer ke Daerah.

“Pada hari ini kami, Kanwil DJPb Provinsi Kalsel beserta KPPN Banjarmasin melakukan audiensi dengan Bapak Bupati dan Kepala BPKPAD Kabupaten Banjar untuk semakin mempererat sinergi dan mendorong agar pelaksanaan APBN dalam hal ini Transfer ke Daerah dan juga APBD di Kabupaten Banjar dapat semakin baik”, ujar Bapak Syafriadi.

Pada tahun 2023, Kabupaten Banjar berhasil merealisasikan Dana Transfer ke Daerah sebesar Rp2,21 triliun atau sebesar 99,35% dari pagu sebesar Rp2,23 triliun. Dana tersebut terdiri dari Dana Bagi Hasil yang telah direalisasikan sebesar Rp918,57 miliar, Dana Alokasi Umum sebesar Rp720,93 miliar, DAK Fisik sebesar Rp118,71 miliar, DAK Non Fisik sebesar Rp228,21 miliar, Dana Desa sebesar Rp222,58 miliar, dan Insentif Fiskal sebesar Rp5,67 miliar.

Untuk tahun ini, Kabupaten Banjar memperoleh pagu Dana Transfer ke Daerah sebesar Rp2,18 triliun belum termasuk pagu tambahan dana desa dan insentif fiskal yang akan dianggarkan pada tahun anggaran berjalan menyesuaikan kinerja dari pemerintah daerah. Sampai dengan audiensi tersebut dilaksanakan, anggaran tersebut telah direalisasikan sebesar 31,92% atau senilai Rp695,90 miliar yang terdiri dari Dana Alokasi Umum sebesar Rp210,24 miliar, Dana Bagi Hasil sebesar Rp331,09 miliar, DAK Nonfisik sebesar Rp43,71 miliar, serta Dana Desa sebesar Rp110,86 miliar.

Selain itu, Bapak Syafriadi juga menyampaikan terkait perkembangan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Pembiayaan UMi lingkup Kabupaten Banjar. KUR dan Pembiayaan UMi merupakan program pembiayaan pemerintah yang didesain khusus untuk para pelaku UMKM. Sampai dengan 21 April 2024, penyaluran KUR pada Kabupaten Banjar telah mencapai Rp90,32 miliar kepada 1.735 debitur. Pencapaian ini membawa Kabupaten Banjar ke posisi terbesar ke-3 untuk penyaluran KUR se-Kalimantan Selatan. Sedangkan Pembiayaan UMi telah mencapai Rp0,40 miliar kepada 84 debitur.

“Selain itu kami juga mendorong agar Kredit Usaha Rakyat dan Pembiayaan UMi pada Kabupaten Banjar semakin akseleratif. Dengan adanya pembiayaan tersebut bisa mendorong pemberdayaan UMKM yang ada di Banjar”, tambah Bapak Syafriadi.

Pada kesempatan itu pula, Bapak Syafriadi dan Bapak Fanny Fariyanto menyampaikan penghargaan kepada Kabupaten Banjar sebagai Terbaik I Response Rate Penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Wilayah Kalimantan Selatan Tahun 2023 dan Penyaluran Dana Desa Terbaik Tahun 2023 lingkup KPPN Banjarmasin.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Banjar atas konsistensinya dalam menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kepada kami sebelum batas waktu penyampaian. Selain itu, dari KPPN Banjarmasin juga memberikan penghargaan kepada Kabupaten Banjar atas kinerja dalam pengelolaan Dana Desa terbaik tahun 2023. Selain itu, kami harapkan Kabupaten Banjar dapat menjadi pemerintah daerah yang tuntas pertama kali dalam hal penyaluran Dana Desa tahun 2024 se-Indonesia. Potensi ini sangat besar, sehingga kami akan menjalin koordinasi dengan Pemda dan DPMD agar harapan ini bisa terwujud”, tutup Bapak Syafriadi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 

IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search