Inovasi adalah sesuatu yang mutlak diperlukan dalam sebuah organisasi. inovasi yang diterapkan pada layanan Front Office KPPN Banjarnegara berupa Aplikasi SIMONA.
Apa itu Aplikasi SIMONA??
SIMONA adalah sebuah sistem aplikasi berbasis web yang dibangun untuk melakukan upload ADKyang disampaikan oleh satker mitra KPPN Banjarnegara, pada saat satker menyampaikan berkas pengajuan SPM, rekonsiliasi Laporan keuangan SAIBA, Laporan Pertanggungjawaban Bendahara serta berkas data supplier.
Latar belakang digunakannya SIMONA dikarenakan sering terjadinya kerusakan komputer petugas Front Office yang disebabkan oleh virus yang terbawa oleh satker melalui flashdisk pada saat satker menyampaikan ADK ke KPPN.
Tujuan dibangunnya sistem SIMONAA antara lain :
1. Memudahkan Petugas FO memonitor berapa jumlah SPM yang akan disampaikan oleh satker.
2. Memudahkan petugas FO dalam memonitor jumlah petugas satker yang antri.
3. Mencegah serangan virus melalui flash disk
4. sebagai security awareness untuk satker akan bahaya virus.
Aplikasi SIMONAA menyatu dengan mesin antrian, sehingga satker akan lebih mudah menerapkan aplikasi SIMONAA. Apabila satker masih mengalami kendala, petugas Satpam KPPN Banjarnegara selalu mendampingi satker dalam memilih menu dalam aplikasi SIMONAA.