Banyuwangi

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Semester II Tahun 2023

Survei merupakan teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data; penyelidikan; peninjauan dapat juga dikatakan sebagai suatu pencarian data untuk menemukan suatu nilai dengan batasan-batasan tertentu terkait sehingga dapat dikatakan Survei Kepuasaan Masyarakat adalah pengukuran secara komprehensif tentang kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari penyelenggara pelayanan publik.

Pada dasarnya pedoman pelaksaan survei kepuasaan masyarakat sudah ditetapkan di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Nomor 14  Tahun  2017  tentang  Pedoman  Penyusunan  Survei  Kepuasan  Masyarakat  terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik.

Lokasi dan waktu pengumpulan data dilakukan secara online melalui media Google Form. Pengisian kuesioner dilakukan mandiri oleh setiap responden yang pernah menerima layanan pada periode Januari s.d November 2023.

Survei dilakukan secara periodik dengan jangka waktu setiap Semester. Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Semester II Tahun 2023 memerlukan waktu selama 12 (dua belas) hari kerja dengan rincian sebagai berikut:

 

No.

Kegiatan

Waktu Pelaksanaan

Jumlah Hari

Kerja

1.

Persiapan

2 s.d 3 Nov 2023

2

2.

Pengumpulan Data

6 s.d 15 Nov 2023

8

3.

Pengolahan Data dan Analisis Hasil

15 s.d 16 Nov 2023

2

4.

Penyusunan dan Pelaporan Hasil

17 Nov 2023

1

Dalam penentuan responden, terlebih dahulu ditentukan jumlah penerima layanan dari seluruh jenis pelayanan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banyuwangi berdasarkan periode survei sebelumnya. Total penerima layanan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banyuwangi dalam kurun waktu satu tahun adalah sebanyak 177 orang.   Sebagian besar merupakan penerima lebih dari 1 jenis layanan. Selanjutnya, responden dipilih secara acak dari setiap jenis layanan. Jumlah responden dihitung menggunakan tabel sampel dari Krejcie and Morgan. Berdasarkan Tabel Krejcie and Morgan, jumlah minimum sampel responden SKM adalah 121 orang.

Pengolahan data SKM menggunakan Microsoft Excel dan diperoleh Nilai IKM 4,83 pada skala 5 atau hasil sebagai berikut:

Dalam pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) periode Semester II Tahun 2023, dapat disimpulkan sebagai berikut:

  Pelaksanaan   pelayanan   publik   Kantor   Pelayanan   Perbendaharaan   Negara Banyuwangi, secara umum telah mencerminkan tingkat kualitas yang A (Sangat Baik) dengan nilai SKM 96,65.

  Seluruh unsur penilaian telah mendapatkan nilai Sangat Baik yaitu antara 4,80 sampai dengan 4,91. Hal tersebut mencerminkan tingkat kualitas pelayanan yang sangat baik.

  Hasil penilaian Survei Kepuasan Masyarakat perlu dipertahankan dan ditingkatkan mengingat tuntutan pengguna layanan yang terus meningkat.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Banyuwangi
Jalan A. Yani No. 120 Banyuwangi 68416
Tel: 0333-410969 Fax: 0333-410078
Surel: kppn100@kemenkeu.go.id
Saluran Pengaduan: 08113196100
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search