- Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
- Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
- Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2020 tentang Kementerian Keuangan;
- Peraturan Menteri Keuangan Nomor 46/PMK.01/2021 tentang Pedoman Standar Pelayanan di Lingkungan Kementerian Keuangan;
- Peraturan Menteri Keuangan Nomor 118/PMK.01/2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Keuangan;
- Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-57/PB/2023 tentang Standar Pelayanan di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.
a. Hari Senin dan Kamis
Pukul 08.00 - 12.15 : Layanan Umum
Pukul 12.15 - 13.00 : Istirahat (pelayanan tetap berjalan, berlaku shift siang)
Pukul 13.00 - 15.00 : Layanan Umum
b. Hari Jumat (selain hari libur nasional)
Pukul 08.00 - 11.30 : Layanan Umum
Pukul 11.30 - 13.15 : Istirahat (pelayanan tetap berjalan, berlaku shift siang)
Pukul 13.15 - 15.00 : Layanan Umum
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Batam
Jalan Raja Haji No.9, Sungai Harapan, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29425
Telp.: (0778) 324017
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
- Penerbitan SP2D atas SPM LS dan Non LS
- Penerbitan Surat Pengesahan Pendapatan dan Belanja (SP2B) Badan Layanan Umum (BLU)
- Penerbitan Surat Pengesahan Hibah Langsung (SPHL) dan Surat Pengesahan Pengembalian Pendapatan Hibah Langsung (SP3HL)
- Pengesahan atas Dokumen Surat Perintah Pengesahan Pendapatan Hibah Langsung Bentuk Barang/Jasa/Surat Berharga (SP3HL BJS) dan Penerbitan Persetujuan Memo Pencatatan Hibah Langsung Bentuk Barang/Jasa/Surat Berharga ( Persetujuan MPHL-BJS)
- Layanan Konsultasi Stakeholder
- Pendaftaran Data Supplier dan Data Kontrak
- Perubahan Data Supplier dan Data Kontrak
- Pengesahan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP)
- Persetujuan/Penolakan Permintaan UP dan/atau TUP pada KPPN
- Penerbitan Surat Hasil Rekonsiliasi (SHR)
- Penyelesaian Retur SP2D
- Penerbitan Nota Konfirmasi Penerimaan Negara
- Persetujuan Pembukaan Rekening
- Penerbitan Surat Keterangan Telah Dibukukan (SKTB)
No. |
|
Jenis Layanan |
|
Persyaratan |
|
Norma Waktu |
1. |
|
Penerbitan SP2D atas SPM LS dan Non LS |
|
|
|
1 (satu) jam sejak ADK SPM diunggah ke SPAN sampai dengan approval Kepala Seksi |
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
Penerbitan Surat Pengesahan Pendapatan dan Belanja (SP2B) Badan |
|
|
|
1 (satu) hari kerja setelah dokumen |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
Penerbitan Surat Pengesahan Hibah Langsung (SPHL) dan Surat |
|
|
|
1 (satu) hari kerja setelah dokumen |
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
Pengesahan atas Dokumen Surat Perintah Pengesahan Pendapatan Hibah |
|
|
|
1 (satu) hari kerja setelah Dokumen diterima secara benar dan lengkap |
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
Layanan Konsultasi Stakeholder |
|
|
|
20 menit per satu jenis layanan |
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
Pendaftaran Data Supplier dan Data Kontrak |
|
ADK Supplier/ADK Kontrak beserta kelengkapannya yang disampaikan oleh satuan kerja secara elektronik melalui Portal Konventer/Web Portal SAKTI (sakti.kemenkeu.go.id). |
|
1 (satu) hari kerja setelah ADK dan |
|
|
|
|
|
|
|
7. |
|
Perubahan Data Supplier dan Data Kontrak |
|
|
|
1 (satu) hari kerja setelah dokumen |
|
|
|
|
|
|
|
8. |
|
Pengesahan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP) |
|
|
|
Paling lambat 1 (satu) hari kerja sejak Konsep SKPP diterima secara lengkap dan benar. |
|
|
|
|
|
|
|
9. |
|
Persetujuan/ Penolakan Permintaan UP dan/atau TUP pada KPPN |
|
|
|
1 (satu) hari kerja setelah dokumen |
|
|
|
|
|
|
|
10. |
|
Penerbitan Surat Hasil Rekonsiliasi (SHR) |
|
|
|
Proses rekonsiliasi dilaksanakan mulai |
|
|
|
|
|
|
|
11. |
|
Penyelesaian Retur SP2D |
|
|
|
Penerbitan SP2D Pengganti dilakukan 1 (satu) jam sejak ADK SPM Retur diunggah oleh Pelaksana Seksi PD/PDMS. |
|
|
|
|
|
|
|
12. |
|
Penerbitan Nota Konfirmasi Penerimaan Negara |
|
|
|
1 (satu) hari kerja setelah dokumen |
|
|
|
|
|
|
|
13. |
|
Persetujuan Pembukaan Rekening |
|
Surat Permohonan Persetujuan Pembukaan Rekening yang disampaikan oleh Satuan Kerja melalui sarana/kontak resmi masing-masing KPPN. |
|
Paling lambat 5 (lima) hari kerja sejak diterimanya Surat Permohonan |
|
|
|
|
|
|
|
14. |
|
Penerbitan Surat Keterangan Telah Dibukukan (SKTB) |
|
Surat Permohonan Penerbitan SKTB beserta dokumen pendukung, antara lain: |
|
Paling lambat 5 (lima) hari kerja sejak diterimanya Surat Permohonan Penerbitan SKTB dari satuan kerja. |
- Ruang tunggu/pelayanan yang bersih dan nyaman;
- Ruang bermain anak-anak;
- Wifi free;
- Mushalla;
- Poliklinik;
- Ruang laktasi;
- Mini Treasury Learning Center;
- Toilet untuk pengunjung;
- Banner elektronik;
- Perpustakaan mini;
- Air minum dispenser;
- Tempat charger handphone;
- Locker helm;
- Smoking area;
- Area parkir pengunjung;
- Area parkir khusus pengunjung rentan.
- Dokumentasi Arsip secara elektronik yang terkontrol berdasarkan alur penanggungjawabnya;
- Terdapat petugas keamanan yang berjaga selama jam layanan.
- Tersedia alat pemadam kebakaran yang memadai di ruang pelayanan;
- Desain bangunan telah dibuat minim risiko dan jalur evakuasi telah disediakan.
Pengaduan, saran, dan masukan, pengguna informasi dapat menyampaikannya dengan cara memasukkan materi aduan atau masukan ke dalam kotak pengaduan yang tersedia di front office KPPN Batam. Selain itu, pengaduan juga dapat dilakukan melalui laman:
- Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. / Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
- Telepon: (0778) 3540343
- Ponsel: 081536009333
- Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)
- Whistleblowing System Kemenkeu: https://wise.kemenkeu.go.id
- Kotak saran/kotak pengaduan, SMS, portal pengaduan SIPANDU https://pengaduandjpb.kemenkeu.go.id atau melalui HAI DJPb
https://hai.kemenkeu.go.id - Kontak resmi atau tatap muka secara langsung melalui masing-masing KPPN.
- Evaluasi pekerjaan pelaksanaan dilakukan secara hierarkis saat proses pelaksanaan pekerjaan berlangsung, yaitu oleh Kepala Seksi atasan langsung pelaksana hingga Kepala Kantor (dalam hal penyelesaian pekerjaan dilakukan sampai dengan level Kepala Kantor).
- Masing-masing pegawai dilakukan penilaian kinerja pegawai, menghasilkan Nilai Kinerja Pegawai (NKP),. Setiap semester dilakukan evaluasi/penilaian terhadap Kontrak Kinerja yang menghasilkan Capaian Kinerja Pegawai (CKP).