Jalan Majapahit GKN, Biak – Papua 98111

Berita

Seputar KPPN

KPPN Biak, dengan “Mesra” Semakin Puas dan Berkinerja Lebih Baik

Dalam hubungan manusia pada kelompok terkecil keluarga, orang tua yang bersikap mesra dan bersahabat memberikan kepuasan yang lebih pada anak-anaknya. Pendapat tersebut disampaikan dalam artikel yang ditulis Fitriyani di laman website theasianparentindonesia dengan judul Pentingnya Anak Melihat Orang Tua Mesra. Kesimpulan dari tulisan tersebut menyatakan bahwa dengan melihat orang tua mesra, anak akan merasa bahagia, aman, dan stabil. Lalu bagaimana bila kita analogikan dengan hubungan KPPN Biak dengan satuan kerja, dan bagaimana dengan output yang dicapai.

 

Berangkat dari analogi tersebut, perlu melihat peran KPPN Biak dengan kewenangan tugas di bidang perbendaharaan dan sebagai bendahara umum negara. KPPN Biak berperan sebagai pembina dan mitra kerja pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan, bagi satuan kerja di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori. Bila dianalogikan, KPPN Biak sebagai pembina mempunyai peran sebagai orang tua. Sementara, satuan kerja sebagai pengguna layanan dan entitas penyusun pelaporan keuangan, dapat dianalogikan sebagai anaknya. Lalu, bisakah kita melihat hubungan antara mesra, kepuasan, dan kinerja, dengan dengan penganalogian tersebut?

 

Melalui tulisan ini, akan terjawab apakah inovasi kegiatan “Mesra” yang digagas oleh KPPN Biak, mampu menjaga tingkat kepuasan satuan kerja, dan bagaimana dampak yang dihasilkan. Dampak yang diharapkan tentunya output kinerja pelaporan keuangan satuan kerja yang semakin baik, yang dapat diukur melalui pelaksanaan pelaporan keuangan secara benar dan tepat waktu. Untuk mengukur kinerja tersebut didukung dengan perbandingan data yang diambil dari hasil survey kepuasan pengguna layanan dan data bulanan pelaksanaan rekonsiliasi laporan keuangan secara Year on Year.

 

Mesra dalam hal ini merupakan akronim dari Monitoring, Evaluasi, dan Silaturrahmi Seksi Vera-KI, bentuk inovasi kegiatan pendampingan KPPN Biak di bidang pelaporan keuangan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pertama kali pada triwulan empat tahun 2019, dan terus berlanjut sampai sekarang dengan periode triwulanan. Sejauh ini, kegiatan Mesra dilaksanakan dengan kunjungan tim yang ditugaskan ke satker, dan hanya sekali pada triwulan dua tahun 2020 dilaksanakan secara daring/online disebabkan merebaknya COVID-19.

 

Pelaksanaan Mesra membawa beberapa tujuan, yang pertama adalah pendampingan satuan kerja terkait tugas pelaporan keuangan dan silaturrahmi Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal (Vera-KI). Pendampingan kepada satuan kerja, ditujukan untuk menggali permasalahan/kendala, baik terkait kebijakan atau aplikasi pelaporan keuangan yang dialami satuan kerja. Selanjutnya dapat terpetakan permasalahan yang dihadapi satuan kerja, dan tindak lanjut yang diperlukan secepatnya. Dan respon paling cepat dilakukan dengan memberikan bimbingan teknis singkat on the spot saat kunjungan Mesra.

 

Tak cukup sebatas permasalahan pelaporan keuangan, melalui Mesra KPPN Biak juga melakukan observasi pada satuan kerja, untuk mengukur fungsi kepatuhan internal yang telah dijalankan selama ini. Tujuan akhir dari observasi tersebut adalah mendapatkan feedback dari satuan kerja, mengenai integritas layanan KPPN Biak. Dengan demikian, satuan kerja akan benar-benar merasa aman dan nyaman atas jaminan layanan yang berintegritas oleh petugas KPPN Biak.

 

Untuk mendapatkan gambaran hubungan antara pelaksanaan inovasi kegiatan Mesra dengan kepuasan satuan kerja, dilakukan dengan membandingkan hasil survei kepuasan penggunaan layanan KPPN Biak. Merujuk cara pengukuran kepuasan pelanggan sebagaimana ditulis oleh Aritonang dalam bukunya “Kepuasan Pelanggan”, maka dapat digunakan Customer Satisfaction Index (CSI). Pengukuran hasil survei akan lebih baik karena dilakukan dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut-atribut yang diukur.

 

Hasil perhitungan dan/atau pengukuran dari survei kepuasan pengguna layanan KPPN Biak, terkait dengan pelaporan keuangan dapat dilihat pada dua aspek kinerja 2019-2020. Hasil survei tersebut menujukkan peningkatan pada kepuasan satuan kerja.

No.

Kinerja Layanan Bidang Pelaporan Keuangan

Tahun 2019

Tahun 2020

1.

Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi

4.82

4.88

2.

Kinerja Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan

4.86

4.89

Tabel Hasil Survei IKM KPPN Biak 2019-2020

 

Peningkatan hasil survei tersebut, berbanding lurus sengan kinerja pelaporan keuangan satuan kerja. Hal ini ditampakkan pada perbaikan proses pelaksanaan rekonsiliasi laporan keuangan di tingkat KPPN secara benar dan tepat waktu. Dengan adanya penurunan drastis penerbitan Surat Pemberitahuan Pengenaan Sanksi (SP2S) atas keterlambatan penyampaian laporan keuangan oleh satuan kerja. Pada tahun 2019 saja, KPPN Biak telah menerbitkan 11 SP2S dengan rincian per semester satu sebanyak 4 SP2S dan per semester dua sebanyak 7 SP2S, sedangkan untuk tahun berjalan (Per Agustus 2020) baru diterbitkan 2 (dua) SP2S.

 

Untuk melihat hubungan Mesra dengan peningkatan kepuasan dan kinerja satuan kerja, tentu kita dapat melihat Kembali pada tujuan pelaksanaan Mesra itu sendiri. Pelaksanaan Mesra merupakan bentuk lain dari intimacy dalam hungungan kerja antara KPPN selaku pembinaa dengan satuan kerja selaku pengguna layanan dan entitas pelaporan. Dengan berkunjung dan menjalin komunikasi pada segenap stakeholder yang terdiri dari Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat SPM, Pejabat Pembuat Komitmen, Bendahara Pengeluaran/Penerimaan, dan/atau operator aplikasi) dalam satu satuan kerja, maka dapat diperoleh masukan dan gambaran permasalahan secara komprehensif. 

 

Banyak masukan yang justru diperoleh melalui pelaksanan Mesra untuk perbaikan layanan. Dengan adanya saran dan masukan, KPPN Biak dapat melakukan tindak lanjut yang diperlukan sesuai kebutuhan satuan kerja. Semua itu merupakan bentuk komitmen KPPN Biak sebagaimana moto “Kami Siap menjadi Mitra Baik Anda”. Dapat dicontohkan, salah satu masukan paling banyak pada pelaksanaan Mesra untuk yang pertama kali, yaitu kebutuhan waktu respon yang cepat disaat satuan kerja menyampaikan permasalahan aplikasi. Hal ini ditindaklanjuti dengan upaya peningkatan pengawasan pada kecepatan waktu respon oleh petugas Seksi Vera-KI. Petugas dipastikan dapat memberikan jawaban dan solusi secara cepat atas pertanyaan yang disampaikan melalui Whatsapp Group Mitra KPPN Biak.

 

Selain itu, melalui Mesra KPPN Biak juga memastikan bahwa satuan kerja mendapatkan rasa aman dari kekhawatiran adanya kemungkinan petugas/pegawai KPPN Biak menyalahi integritas layanan yang telah menjadi komitmen bersama. Melalui kegiatan Mesra oleh Seksi Vera-KI, KPPN Biak memastikan penegakan disiplin dan kode etik pegawai tetap berjalan baik. Merujuk hasil laporan Mesra triwulan tiga tahun 2020, KPPN Biak secara konsisten mendapatkan persepsi penilaian yang sangat baik. Keseluruhan (100%) satuan kerja yang dikunjungi menyatakan tidak pernah merasa dipersulit dan tidak menemukan petugas KPPN Biak meminta dan/atau menerima gratifikasi.

 

Tentunya, nilai persepsi yang baik tersebut juga tidak lepas dari hasil kegiatan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi. KPPN Biak telah melakukan sosialisasi pembangunan zona integritas tersebut kepada satuan kerja, melalui forum rapat koordinasi, Mesra, media sosial, dan banner/spanduk. Dan yang lebih menggembirakan, tujuan kegiatan tersebut dipahami sampai ke tingkat petugas operator satuan kerja, terbukti dengan hasil laporan Mesra yang menunjukkan 94.7% satuan kerja menyatakan telah mengetahui.

 

Dengan demikian dapat dipastikan, Mesra mempunyai andil cukup besar sebagai upaya pengawasan dan antisipatif, guna memastikan satuan kerja selaku stakeholder merasa aman dan nyaman. Dengan layanan di bidang pelaporan keuangan yang responsif dan berintegritas, tentu menjadi faktor penyumbang kepuasan satuan kerja. Dan output berupa kinerja pelaksanaan pelaporan keuangan, baik di sisi KPPN Biak sebagai pembina maupun dari sisi satker selaku entitas pelaporan keuangan dapat meningkat.

 

Sebagai akhir tulisan, dapat disampaikan bahwa hubungan yang baik dan komunikatif, lebih memudahkan dalam koordinasi penyelesaian permasalahan di bidang pelaporan keuangan. Apalagi didukung dengan integritas layanan, semakin membuat hubungan kerja antara KPPN Biak dengan satuan kerja sebagai mitra kerja lebih bersinergi. Berdasarkan hal-hal tersebut, tepatlah bila analogi antara sikap mesra orang tua kepada anak, mempunyai kesamaan hasil dengan hubungan KPPN Biak dengan satuan kerja yang difasilitasi kegiatan Mesra. Tidak lupa dan tidak bosan, sebagai penutup dan penegasan komitmen disampaikan kembali moto dan janji layanan bahwa “KPPN Biak Siap Menjadi Mita BAIK Anda, dengan Janji Layanan yang MANTAP BETUL”.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search