Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Siap menuju WBBM, KPPN Cilacap Sosialisasikan Inovasi Layanan

Pada tahun 2021 KPPN Cilacap mengikuti penilaian unit kerja berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Untuk meningkatkan layanan kepada satker mitra kerja, KPPN Cilacap telah menciptakan beberapa inovasi di tahun 2021. Dengan adanya inovasi ini diharapkan Pengguna Layanan lebih mudah dalam mendapatkan layanan di KPPN Cilacap. Situasi adanya pandemi Covid-19 sehingga layanan dilaksanakan secara online membuat kantor layanan harus berinovasi agar layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa berjalan baik dan lancar. Untuk lebih mengenalkan inovasi ke mitra kerja, maka dilakukan internalisasi WBBM pada hari Jumat, 13 Agustus 2021 yang diikuti oleh satker mitra kerja KPPN Cilacap.

Jefri Kristianto sebagai narasumber menyampaikan 11 (sebelas) Inovasi layanan yaitu Srempeng (SP2D Rampung Empat puluh Menit… Gagean, merupakan inovasi pelayanan kepada satuan kerja dalam rangka percepatan realisasi APBN untuk upaya pemulihan ekonomi nasional. Dilakukan dengan akselerasi penyelesaian SPM menjadi SP2D dari ketentuan 60 menit menjadi 40 menit. Kecap Manis, adalah tautan yang berisi pengaduan dan penilaian berbasis teknologi informasi yang disediakan oleh KPPN Cilacap untuk memudahkan para pengguna layanan dalam menyampaikan pengaduan/saran/masukan dan penilaian terkait dengan layanan yang telah diberikan. Es Caramel, inovasi layanan untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas layanan penyelesaian pengesahan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP) Gaji Pegawai Satuan Kerja Lingkup KPPN CIlacap. Dampak  inovasi ini,  pengesahan SKPP gaji pegawai dapat berjalan secara cepat, modern, aman, dan simpel. Dan proses pengalihan Gaji Pegawai berjalan dengan lancar. Inovasi ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan KPPN Cilacap khususnya layanan pada Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker (PDMS). CSO 24/7 Service, merupakan Inovasi pelayanan kepada satuan kerja yang memerlukan penjelasan terkait pelaksanaan anggaran sebagai wahana untuk saling berbagi pengalaman, baik sesama satuan kerja maupun petugas KPPN Cilacap kepada satuan kerja lingkup wilayah KPPN Cilacap Terdapat 5 orang admin yang wajib menjawab pertanyaan yang diajukan oleh satuan kerja dan dilakukan setiap ada pesan masuk, dengan nama WA Grup KPPN Cilacap Info. Dengan inovasi ini diharapkan permasalahan pada satker dapat segera disampaikan ke KPPN, dilakukan tindak lanjut atas penyelesaian masalah, berbagi pengalaman antar satker jika menemui kendala yang sama. Tumpenge (Taruh Unduh LPJ Nang Kene), adalah sebuah inovasi dari KPPN Cilacap untuk mempermudah dan mempercepat proses verifikasi LPJ Bendahara Satker. Satker mengunggah Soft file PDF LPJ Bendahara pada tautan yang telah disediakan, selanjutnya KPPN akan melakukan verifikasi.Hasil verifikasi dapat diunduh kembali pada tautan yang sama. Konstanta (Konfirmasi Setoran Tanpa Diminta), merupakan bentuk inovasi berupa penyederhanaan mekanisme konfirmasi setoran penerimaan negara khususnya PNBP dengan tetap memperhatikan Standar Operating Procedure yang berlaku. KPPN mengolah data penerimaan dan melakukan proses konfirmasi setoran tersebut secara langsung tanpa menunggu permintaan surat dari satuan kerja. Dengan demikian, Nota Konfirmasi Setoran Penerimaan Negara dapat diterbitkan sebelum satuan kerja mengajukan permintaan. Melalui mekanisme ini, diharapkan layanan konfirmasi setoran penerimaan negara, khususnya PNBP dapat dilakukan dengan lebih cepat tanpa perlu menunggu. Selain itu, mekanisme ini juga mengoptimalkan penggunaan tautan bit.ly/Kenduri130 yang merupakan inovasi KPPN Cilacap dalam penerbitan Nota Konfirmasi melalui platform digital dan turut serta mendukung gerakan Go-Green. Kenduri 130, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan dokumen nota konfirmasi penerimaan negara yang telah diproses oleh KPPN melalui wadah/platform digital yang dapat diakses secara mandiri oleh satker (Google Drive). Go UMI, sebuah platform digital yang menyediakan informasi-informasi dasar mengenai Pembiayaan Ultra Mikro (Umi). Informasi yang tercantum berupa penjelasan umum mengenai pembiayaan Ultra Mikro, sasaran dan tujuan, lokasi penyalur, hingga persyaratan-persyaratan menjadi debitur maupun penyalur UMi. 130 Digital,  merupakan inovasi dari KPPN Cilacap yang bertujuan untuk memudahkan satker untuk mendapatkan informasi tentang proses bisnis KPPN Cilacap, syarat pengajuan layanan di KPPN Cilacap, formulir yang dibutuhkan dan video tutorial. 130 Digital merupakan pembaharuan dari inovasi ruang 130 dan DIAL (Digital Informasi Alur Layanan) yang telah ada sebelumnya. 130 Digital dikembangkan berbasis android agar satker lebih mudah dan lebih cepat mengakses informasi layanan di KPPN Cilacap. SiMoni HYS HTS (Sistem Monitoring Internal Hari Yang Sama dan Hari Yang Tidak Sama), merupakan Inovasi Monitoring/Pengawasan penyelesaian SPM menjadi SP2D yang diterbitkan pada hari yang sama dan pada hari yang tidak sama yang berbasis dari aplikasi FoxPro dengan mengolah data yang berasal dari aplikasi ESPM dan OmSpan sehingga dapat diperoleh data mengenai SPM yang yang terlambat untuk dianalisa penyebab keterlambatan jika terjadi keterlambatan dan penyebab penolakan. SiMoni Penolakan (Sistem Monitoring Internal Penolakan SPM), merupakan Inovasi Monitoring/Pengawasan penolakan SPM yang berbasis dari aplikasi FoxPro dengan mengolah data yang berasal dari aplikasi ESPM dan OmSpan sehingga dapat diperoleh data mengenai SPM yang ditolak untuk dianalisa mengenai penyebab penolakan dan diinformasikan kepada Satker sehingga tidak terjadi lagi penolakan untuk kasus yang sama.

Acara diselingi dengan game quiz untuk mengetahui pemahaman satker terhadap inovasi KPPN Cilacap dengan pemenangSdr. Cevi dari Stasiun Karantina Pertanian Cilacap, Sdri. Imah dari KPP BC Cilacap, Sdr. Cahyo dari KSOP Cilacap, Sdr. Ardian dari Distrik Navigasi Cilacap.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search