Berita

Seputar KPPN Denpasar

Bimbingan Teknis Evaluasi Pengisian Capaian Output

(Denpasar, KPPN Denpasar) 
Pengisian capaian output oleh satuan kerja merupakan suatu hal yang penting untuk mengetahui seberapa jauh tujuan-tujuan / kebijakan pemerintah telah berjalan. Dengan pengisian capaian output juga dapat perlihatkan data progress capaian output yang telah maupun sedang dilaksanakan, gap antara realisasi belanja dengan progres capaian output, serta keterangan tahapan,hambatan dan kondisi lain yang perlu dijelaskan. Sehingga capaian output memiliki data yang andal untuk dijadikan bahan analisis kebijakan pemerintah selanjutnya.
Pengisian capaian output oleh satuan kerja dilaporkan bulanan ke KPPN bersamaan dengan proses Rekonsiliasi bulanan. Data isian capaian output selanjutnya akan diverifikasi dan dikonfirmasi kewajaran datanya agar data tersebut menjadi data yang andal sebagai salah satu alat analisis kebijakan pemerintah di masing-masing eselon kementerian negara/lembaga.
Pengisian capaian output telah dilakukan sejak akhir tahun 2018, namun belum ada tahapan untuk verifikasi/konfirmasi data. Pada tahun 2020 ini, Pengisian data capaian output dilakukan dengan penyempurnaan prosedur diantaranya penambahan tahap verifikasi data dan masuk sebagai salah satu indikator kinerja pelaksanaan anggaran. Dengan adanya penyempurnaan tersebut, maka ada standar pengisian yang wajib dipenuhi oleh Satuan Kerja. Sejak dimulai dilakukan pada rekonsiliasi bulan Juni 2020 terkait kegiatan bulan Mei 2020 hingga Bulan Juli terkait kegiatan bulan juni 2020, pelaksanaan pengisian capaian output masih kurang maksimal dibandingkan standar pengisian yang seharusnya dilaksanakan. Sehingga KPPN Denpasar berinisiatif untuk mengadakan acara Bimbingan Teknis Pengisian Capaian Output tersebut pada tanggal 7 dan 8 September 2020.
Pelaksanaan Bimtek tersebut dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yakni pembatasan peserta, adanya pengecekan kondisi suhu tubuh, memperhatikan physical distansing, serta memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Demi memenuhi protokol kesehatan dan mengingat jumlah satker KPPN Denpasar, pelaksanaan Bimtek dilakukan dalam empat sesi. 
Bimtek ini dibuka oleh Kepala Seksi MSKI KPPN Denpasar, Epsilon Noviastuti, yang menjelaskan mengenai latar belakang dan pentingnya pengisian capaian output sebagai alat analisis untuk pengambilan keputusan. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI bahwa setiap rupiah yang keluar dari APBN, harus dipastikan memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat untuk rakyat, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Materi Pengisian Capaian Output pada Aplikasi SAS disampaikan oleh Taufik Harry Ramdani dan Gatot Prasetya. Materi diawali dengan latar belakang kewajiban pengisian capaian output, kemudian dilanjutkan dengan alur proses pengisian capaian output,  perhitungan capaian output, penjelasan mengenai anomali isian capaian output, serta ilustrasi pengisian capaian output pada Aplikasi SAS. Poin penting yang perlu diperhatikan oleh satker terkait pengisian capaian output yaitu apabila terjadi anomali kuantitatif dapat memilih referensi selain kode 99 agar terkonfirmasi otomatis oleh sistem, namun apabila tidak ada kode referensi yang sesuai selain 99 maka satker dapat memilih referensi 99 untuk menjelaskan adanya gap, namun wajiib melengkapi kolom keterangan dengan uraian penjelasan mengenai perbedaan gap.
Semoga dengan telah dilakukannya bimbingan teknis tersebut dapat meningkatkan kualitas pengisian data Satuan Kerja di lingkup KPPN Denpasar.

(Taufik Harry Ramdani)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Email: kepatuhan.internal037@gmail.com
Telepon/SMS  : 08113999037
   

Search