Berita

Seputar KPPN Denpasar

KPPN Denpasar Adakan Bimtek Guna Percepatan Pendaftaran Digipay Satker Mitra Kerja KPPN Denpasar

Denpasar, 24/11/2021 KPPN Denpasar - Dalam rangka memperkenalkan Marketplace – Digipay kepada Satuan Kerja yang belum pernah terdaftar sebelumnya dan untuk menyampaikan target dan langkah-langkah strategis yang harus dilaksanakan satuan kerja dalam rangka percepatan implementasi Marketplace Digipay, KPPN Denpasar melaksanakan Bimbingan Teknis Percepatan Pendaftaran Satuan Kerja Mitra KPPN Denpasar pada Digital Payment - Marketplace. Berlokasi di Aula Gedung Keuangan Negara I Denpasar, kegiatan bimtek dihadiri oleh pejabat/staf yang telah ditunjuk sebagai admin Digipay pada masing-masing satuan kerja lingkup Kementerian/Lembaga Mitra KPPN Denpasar.

Bimbingan teknis percepatan implementasi marketplace dimulai dengan sambutan dari Kepala KPPN Denpasar, Sri Martini. Pada sambutannya, beliau menyampaikan bahwa implementasi marketplace digital payment merupakan arahan dari Presiden RI untuk memberdayakan UMKM, yang dipertegas melalui arahan Menteri Keuangan RI untuk melaksanakan digitalisasi UMKM. Digipay merupakan program strategis nasional yang mulai diterapkan secara bertahap sejak bulan November 2019. Nantinya, sistem ini akan diimplementasikan kepada seluruh satuan kerja pengelola uang persediaan. Terkait dengan implementasi marketplace tersebut, KPPN Denpasar ditarget untuk mendaftarkan 80 satuan kerja dari perwakilan seluruh K/L. Untuk itu KPPN Denpasar melaksanakan Bimbingan Teknis dalam rangka percepatan pendaftaran satuan kerja pada sistem marketplace-digipay.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi MSKI KPPN Denpasar, Epsilon Noviastuti, terkait overview implementasi Marketplace Digipay oleh Kepala Seksi MSKI. Pada materi overview ini, satker diberikan informasi latar belakang implementasi Digipay, mekanisme Digipay secara umum, manajemen user pada aplikasi Digipay, serta pembahasan beberapa studi kasus. 

Acara dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis Pendaftaran User Satuan Kerja yang dipandu oleh Pelaksana Seksi MSKI, Pradnyaniti Chandra Dewi dan Gede Surya Sasmita, dengan tujuan untuk memberikan pendampingan kepada satuan kerja terkait teknis pendaftaran user satuan kerja. User satuan kerja yang didaftarkan pada kesempatan tersebut antara lain user Pemesan, PPK, Pejabat Pengadaan, Penerima Barang dan Bendahara.

Secara umum, tidak terdapat kendala selama pelaksanaan bimtek. Satuan kerja dapat mengakses digipay002, digipay008, dan digipay009 dengan lancar. Namun ada beberapa permasalahan yang dihadapi satuan kerja pengguna digipay 009, terkait pengakomodiran adanya perangkapan user dan kendala pada pengiriman OTP User Pejabat Pengadaan.  

Menindaklanjuti kegiatan tersebut KPPN Denpasar telah berkoordinasi dengan pihak bank himbara untuk kelancaran pengimplementasian Digipay serta pendampingan kepada satuan kerja mitra kerja KPPN Denpasar. Melalui kegiatan ini, KPPN Denpasar berharap dapat memperlancar proses implementasi Digipay untuk membangkitkan perekonomian Indonesia. (nit/nes)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Email: kepatuhan.internal037@gmail.com
Telepon/SMS  : 08113999037
   

Search