Berita

Seputar KPPN Denpasar

FGD "Kemenkeu menuju Normal Baru" Pastikan Kelancaran Sistem dan Budaya Kerja Baru

Menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, terkait rencana kebijakan nasional WFA (Work from Anywhere) bagi ASN yang disampaikan pada rapat internal tanggal 20 Mei 2022 serta memperhatikan situasi pandemi COVID-19 semakin terkendali, Kementerian Keuangan kemudian membangun sistem dan budaya kerja normal baru Kemenkeu.

Perkembangan sistem kerja Kemenkeu sendiri diawali dengan diterbitkannya SE-2/MK.1/2020 tentang Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 pada bulan Maret 2020. kemudian, ditegaskan lagi dengan SE-5/MK.1/2020 tentang Panduan Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran COVID-19 dengan dimulainya sistem Work from Home (WFH). Di tahun 2021, melihat situasi pandemi COVID-19 yang masih belum membaik, Kementerian Keuangan kemudian mengeluarkan SE-32/MK.1/2020 tentang Panduan Lanjutan Sistem Kerja Kemenkeu pada masa Transisi dalam Tatanan Normal Baru yaitu pengaturan WFO pada zona merah dan zona hijau serta penugasan task force. Di akhir tahun 2021, mempertimbangkan situasi yang perlahan pulih, dikeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 221/PMK.01/2021 tentang Hari dan Jam Kerja serta Penegakan Disiplin berkaitan dengan Pembayaran Tunjangan Pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan yang mengimplementasikan flexy time (90 menit) yang mendukung adanya work life balance.

KPPN Denpasar, sebagai salah satu unit vertikal Eselon I Kementerian Keuangan, yakni Direktorat Jenderal Perbendaharaan, kemudian mengadakan Focus Group Discussion Pejabat Administrator Triwulan II Tahun 2022 dengan tema “Kemenkeu Menuju Normal Baru. FGD ini diadakan pada hari Senin (13/5) lalu dengan narasumber kegiatan ini adalah kepala KPPN Denpasar, Iwan Teguh Setiawan.

“WFA (Work from Anywhere)  merupakan sebuah gagasan yang bagus sehingga perlu direncanakan dengan matang. Penerapan WFA harus menjamin terjaganya etos kerja dan produktivitas ASN serta tetap ada kontrol terhadap ASN yang WFA,” tegas Kepala KPPN Denpasar Iwan Teguh Setiawan dalam penyampaian materi.

Dalam menghadapi perilaku negatif pegawai, Iwan Teguh Setiawan mengimbau agar para pejabat dan pegawai KPPN Denpasar tetap memprioritaskan urgensi dalam penguatan Budaya Kemenkeu.

“Perlunya peran kita bersama dalam pengkajian pengimplementasian WFA (Work from Anywhere) dengan konsep Ruang Kerja Digital yang merupakan sebuah sistem gagasan Kementerian Keuangan sehingga pengimplementasian sistem kerja yang agile dan modern serta tercapainya work life balance dapat segera terlaksanakan,” tambahnya.

Dengan adanya pelaksanaan FGD ini diharapkan dapat mendorong terciptanya ekosistem budaya Kemenkeu yang didasarkan pada core value ASN yaitu BERAKHLAK dan budaya Kemenkeu Satu di Lingkungan KPPN Denpasar. (dhel/nes)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search