Berita

Seputar KPPN Denpasar

KPPN Denpasar dan Bank Mandiri Tingkatkan Pemahaman Satker dalam Penggunaan CMS

Denpasar, 30/11/2023 - KPPN Denpasar bersama Bank Mandiri Kantor Wilayah Denpasar menggelar kegiatan pendampingan aktivasi dan penggunaan Cash Management System (CMS) pada satuan kerja (satker) di lingkungan KPPN Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 November 2023 di Aula KPPN Denpasar.

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Denpasar, Trimo Yulianto menyampaikan bahwa CMS merupakan sistem aplikasi dan informasi yang menyediakan informasi saldo, transfer antar rekening, pembayaran penerimaan negara dan utilitas, maupun fasilitas-fasilitas lain dalam pelaksanaan transaksi perbankan secara realtime online.

"Dengan rekening virtual yang saat ini telah dimiliki oleh satker, satker mendapat berbagai keuntungan seperti dapat dilakukan transaksi debit/kredit, memiliki fasilitas dashboard untuk monitoring transaksi, memiliki CMS dan kartu debit, dapat dilakukan tarik tunai baik teller maupun ATM, dapat mengirim/menerima transfer antar rekening virtual, tidak dipungut biaya administrasi akibat penggunaan rekening dan pajak atas rekening, serta limit debit sebesar maksimum jumlah saldo yang tercatat pada rekening virtual," jelas Trimo Yulianto.

Salah satu kendala dari implementasi CMS adalah masih kurangnya pemahaman satker terkait dengan teknis penggunaan CMS maupun manfaat yang diperoleh. Untuk itu, kegiatan pendampingan ini dilaksanakan agar satker terinformasi kembali terkait dengan penggunaan CMS.

Kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman satker terkait dengan teknis penggunaan CMS dan manfaat yang diperoleh. Dengan demikian, diharapkan penggunaan CMS dapat berjalan lebih optimal dan dapat mencegah terjadinya temuan berulang oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (bun)

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Email: kepatuhan.internal037@gmail.com
Telepon/SMS  : 08113999037
   

Search