Jl. Jenderal Sudirman No. 25, Dumai Kota, Kota Dumai, 28812

Berita

Seputar KPPN Dumai

SOSMED-120: Evaluasi Pelaksanaan Anggaran & Sosialisasi e-SKPP

Dumai, 10 April 2023

Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kinerja keuangan satker mitra kerja, KPPN Dumai kembali melaksanakan SOSMED-120 (Sosialisasi Melalui Daring KPPN Dumai) dengan pokok pembahasan mengenai evaluasi pelaksanaan anggaran (EPA) periode Triwulan I 2023 dan sosialisasi SKPP Elektronik.

Acara dibuka oleh Kepala KPPN Dumai, Bapak Sukirno. Dalam pembukaannya disamping memaparkan mengenai progress pelaksanaan APBN lingkup KPPN Dumai, Bapak Sukirno mengingatkan satker untuk memperhatikan kualitas pelaksanaan anggaran yang tercermin dari nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Triwulan I 2023. Hal yang patut menjadi perhatian adalah pada indikator deviasi halaman III DIPA dan perekaman capaian output. Kemudian Bapak Sukirno juga menyampaikan urgensi atas inovasi kantor pusat DJPb dalam proses penyampaikan SKPP ke KPPN melalui aplikasi SKPP Elektronik.

Setelah pembukaan, materi pertama mengenai EPA disampaikan oleh Kasi MSKI, Bapak Edy Nasrudin. Dalam paparannya, disampaikan bahwa sampai dengan kegiatan ini dilaksanakan, masih banyak satker yang belum melakukan perekaman capaian output pada aplikasi SAKTI. Sedangkan isu perencanaan pada deviasi halaman III DIPA dan penyerapan menjadi topik penekanan yang disampaikan oleh Kasi MSKI. Seluruh pengelola keuangan pada satker di minta untuk meningkatkan koordinasinya antar unit, sehingga kualitas pelaksanaan anggaran semakin membaik dari waktu ke waktu.

Materi berikutnya adalah Sosialisasi SKPP Elektornik yang disampaikan oleh Saudari Dinda Rahma Sari Harahap. Materi yang disampaikan merupakan amanat dari PMK nomor 178/PMK.05/2022 tentang Tata Cara Penerbitan dan Pengesahan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran Secara Elektronik (e-SKPP). Ruang lingkup materi yang disampaikan adalah terkait tahapan pelaksanaan SKPP Elektronik, Penerbitan SKPP, Alur Penerbitan dan Pengesahan SKPP, Percepatan penerbitan SKPP pensiun/berhenti dalam rangka pembayaran pensiun peertama dan/atau jaminan hari tua, Ralat atau pembatalan SKPP, dan lain-lain.

Sesi diskusi setelah paparan materi berjalan juga baik dan interaktif, khususnya terkait materi SKPP Elektronik. Peserta kegiatan cukup aktif melalui beberapa pertanyaan yang disampaikan.

Satker Pintar, Semua Lancar

#Sinergi
#DJPbInTressHAnDAL
#KemenkeuRI
#kppndumaimantap

 

Hak Cipta Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Dumai - Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb
Jl. Jenderal Sudirman No.25, Kota Dumai 28812
Telp: (0765) 31355

IKUTI KAMI 

 

PENGADUAN

 

Search