Investasi

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Perbendaharaan Menyapa

 

 

Sinergi KPPN Jakarta I, KPPN Jakarta II, KPPN Jakarta IV, KPPN Jakarta VI, KPPN Jakarta Khusus Pinjaman dan Hibah, dan KPPN Jakarta Khusus Investasi persembahan dalam hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018

 

 

 

 

 

 Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan selalu menghadirkan sesuatu yang baru. Momentum tahunan ini menggema mulai dari Kantor Pusat, setiap Kantor Wilayah, dan seluruh KPPN dengan berbagai kegiatan yang bukan hanya melibatkan internal unit masing-masing juga lingkungan eksternalnya. Penguatan kegiatan Go Green, perluasan obyek kepedulian insan perbendaharaan, dan image branding serta yang terbaru adalah Program Perbendaharaan Menulis.

Tahun ini telah bersinergi KPPN Jakarta I, KPPN Jakarta II, KPPN Jakarta IV, KPPN Jakarta VI, KPPN Jakarta Khusus Pinjaman dan Hibah, dan KPPN Jakarta Khusus Investasi dalam salah satu kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan yaitu Perbendaharaan Menyapa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu mitra kerja KPPN Jakarta IV yaitu MAN 3 Rawasari Jakarta. Program yang bertujuan memberikan edukasi mengenai peran DJPb kepada sekolah, baik siswa maupun para guru dengan mengambil tema “Peran Perbendaharaan dalam Pengelolaan Keuangan Negara dan Pembangunan”.

 

Perbendaharaan Menyapa dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Januari 2018 dimulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB. Dengan kepiwaian Bapak Wahyu Prihantoro - Kepala KPPN Jakarta VI sebagai MC menjadikan acara tersebut begitu hangat dan penuh keakraban. Setelah perkenalan semua kepala KPPN, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh salah satu guru MAN 3 Jakarta. Kemudian penyampaian kata sambutan oleh Bapak Haryanto – Kepala KPPN Jakarta KPH mewakili pihak KPPN dan dilanjutkan sambutan oleh Bapak Usman – Kepala MAN 3 Jakarta. Selepas kata sambutan dilakukan penyerahan cindera mata oleh Bapak Sidiq Juniarso – Plt. Kepala KPPN Jakarta I kepada Kepala Sekolah MAN 3 Jakarta.

 

Sampailah dipuncak kegiatan yaitu penyampaian materi oleh Bapak Hari Winarno – Kepala KPPN Jakarta II. Pengenalan Ibu Sri Mulyani – Menteri Keuangan sebagai sosok teladan dalam lingkungan kementerian keuangan dilanjutkan dengan Bapak Marwanto Harjowiryono – Dirjen Perbendaharaan mengawali pemaparan materi ini.

 

Dilanjutkan dengan pengenalan Struktur Organisasi Kementerian Keuangan yang memiliki beberapa Unit Eselon I dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan dengan unit vertikalnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Penjelasan tentang tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara sebagai pengawal dalam penyaluran dana APBN. Dalam pelaksanaan tugasnya, Direktorat Jenderal Perbendaharaan senantiasa memanfaatkan perkembangan kemajuan terknologi dan informasi untuk memberikan peningkatan terhadap layanan yang diberikan.

Beberapa penjelasan praktis disampaikan untuk lebih mengenalkan peran KPPN yang langsung dirasakan pihak MAN 3 Jakarta. Penyaluran Dana BOS dan Dana Kegiatan Operasional MAN 3 Jakarta oleh KPPN Jakarta IV merupakan peran yang mendapat apreasiasi dari peserta. Pemateri juga memberikan motivasi kepada para siswa MAN 3 Jakarta untuk menjadi bagian sebagai pengawal APBN yaitu dengan ikut berkompetisi untuk menjadi mahasiswa PKN STAN. Sampailah kemudian acara tanya jawab atas materi yang telah disampaikan.

Para siswa sangat antusias dalam acara tanya jawab karena panitia memberikan bingkisan kepada siswa yang mampu menjawab dengan benar atas setiap pertanyaan yang disampaikan oleh Bapak Fauzi Syamsuri – Kepala KPPN Jakarta IV sebagai moderator maupun oleh Pemateri.

 

Selepas acara tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat. Perwakilan dari siswa MAN 3 Jakarta dibagi menjadi 4 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 3 orang yaitu Pembiayaan, Transfer, Belanja, dan Penerimaan. Acara ini dipandu oleh Bapak Arinto Sujatmono – Kepala KPPN Khusus Investasi. Beberapa pertanyaan disampaikan kepada kelompok peserta cerdas cermat, hingga didapat nilai perolehan masing-masing kelompok untuk penentuan juara I, II, III dan IV. Panitia memberikan hadiah sesuai peringkatnya kepada masing-masing kelompok.

 

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah antara pimpinan sekolah dengan pimpinan KPPN. Selepas kumandang adzan Dzhuhur seluruh peserta dan panitia melaksanakan shalat berjamaah dan berpamitan.

 

 

Semoga dengan perbendaharaan menyapa ini mampu memberikan wawasan dan panggilan jiwa kepada para tunas bangsa untuk memberikan perannya nanti melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam berbakti kepada negeri tercinta ini.

 

 

 

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search