Jl.Kopral Sayom No. 26 Klaten

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Peringatan Hari Oeang (HORI) ke-77 Tahun 2023

       KPPN Klaten sebagai Instansi Vertikal Kementerian Keuangan di Daerah ikut serta  menyemarakkan peringatan Hari Oeang (HORI) ke-77 Tahun 2023. Tema peringatan HORI ke-77 tahun 2023 adalah “Kemenkeu Melayani Lebih Baik". Tema tersebut  mengingatkan  kita  untuk  selalu  berbenah  menjadi  lebih  baik,  untuk pelayanan publik yang lebih baik.

      Peringatan HORI tahun ini dilaksanakan secara Bersama-sama semua kantor vertikal kementerian keuangan se Solo Raya. Serangkaian kegiatan peringatan Hari Oeang (HORI) ke-77 yang akan dilaksanakan secara luring dengan melibatkan partisipasi satuan kerja Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II, KPP Madya Surakarta, KPP Pratama Klaten, KPP Pratama Surakarta, KPP Pratama Boyolali, KPP Pratama Karanganyar, KPP Pratama Sukoharjo,  Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Surakarta, KPPN Surakarta, KPPN Klaten dan KPPN Sragen.  

      Rangkaian  kegiatan  Hari  Oeang  (HORI)  ke-77  dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober – 30 Oktober 2023. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu Kegiatan Olahraga, Sosial Kemasyarakatan dan Kesenian serta Upacara Peringatan HORI.

      Kegiatan Olahraga Lingkup Unit Kerja Vertikal Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II dan Unit Kerja Eselon I Kementerian Keuangan lainnya berupa :

  1. Jalan sehat Bersama : Kegiatan jalan sehat bersama yang diikuti oleh perwakilan masing-masing satker sebagai kick-off peringatan HORI ke-77 disertai kegiatan Gerakan Kampanye Kebersihan Lingkungan yang  telah  dilaksanakan  pada  hari  Jumat  tanggal  06 November 2023 bertempat di sekitar Kanwil DJP Jawa Tengah II.
  2. E-sport (MLBB) : Kegiatan lomba e-sport dilaksanakan pada tanggal 6,9,10 Oktober 2023 yang bertempat di Kanwil DJP Jawa Tengah II dan Kanwil DJP Jawa Tengah II sebagai koordinatornya. Pemenang lomba MLBB sebagai berikut : Juara 1 : KPPBC TMP B Surakarta Juara 2 : KPP Madya Surakarta Juara 3 : KPP Pratama
  3. Memasak untuk para eselon III : Kegiatan lomba memasak untuk para eselon III dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2023 yang bertempat di KPP Pratama Surakarta dan KPP Pratama Surakarta sebagai koordinatorny Pemenang lomba memasak sebagai berikut : Juara 1 : KPP Madya Surakarta, Juara 2 : KPP Pratama Klaten Juara, 3 : KPP Pratama Surakarta.
  4. Mini Soccer : Kegiatan lomba Mini Soccer dilaksanakan pada tanggal 13,20,27 Oktober 2023 yang bertempat di Lapangan Puma Sport Centre Kartasura dan KPP Pratama Karanganyar sebagai koordinator Pemenang lomba Mini Soccer sebagai berikut : Juara 1 : KPPBC TMP B Surakarta, Juara 2 : KPP Pratama Karanganyar dan Juara 3 : Kanwil DJP Jawa Tengah II.
  5. Tenis Lapangan : Kegiatan lomba tenis lapangan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Oktober 2023 yang bertempat di KPPBC Surakarta dan KPPBC Surakarta sebagai koordinatornya. Pemenang lomba Tenis Lapangan sebagai berikut : Juara 1 : KPPBC TMP B Surakarta; Juara 2 : KPP Madya Surakarta; Juara 3 (bersama) : Kanwil DJP Jawa Tengah II & KPPN.
  6. Panahan : Kegiatan lomba panahan dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2023 yang bertempat di Lapangan Panahan Vieneth Archery Sukoharjo dan KPP Pratama Sukoharjo sebagai koordinatornya. Lomba panahan mempertadingakan dua nomor dengan pemenangnya masing masing sebagai berikut: Untuk nomor putra: 1. Kiki Kusno Susilo / BC Surakarta; 2. Halomoan Harahap/KPP Pratama Klaten, 3. Surya Adi Pamungkas/ KPP Pratama Surakarta, 4. Vidra / KPPBC TMP B Surakarta. Untuk nomor putri: 1. Elkis Liyunita Indradewi/KPP Pratama Klaten, 2. Ratna Hutami Sari Dewi / KPP Pratama Surakarta, 3. Lalitya Reni / KPPBC TMP B Surakarta, 4. Nuril Fakhrunnisa / KPP Pratama Karanganyar
  7. Badminton : Kegiatan lomba bulutangkis dilaksanakan pada tanggal 18-19 Oktober 2023 yang bertempat di Kedut Arena Surakarta dan KPP Madya Surakarta sebagai koordinatornya. Bulutangkis. Pemenang lomba Bulutanbgkis sebagai berikut : Juara 1 : KPPBC Surakarta, Juara 2 : KPP Pratama Klaten, Juara 3 : KPP Pratama Karanganyar
  8. Catur : Kegiatan lomba tenis lapangan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2023 yang bertempat di KPPN Surakarta dan KPPN Surakarta sebagai koordinatornya. Pemenang lomba catur sebagai berikut : Juara 1 : KPP Pratama Surakarta, Juara 2 : KPPBC TMP B Surakarta, dan Juara 3 : KPP Madya Surakarta dan Kanwil DJP Jawa Tengah II.
  9. Tenis Meja : Kegiatan lomba tenis meja dilaksanakan pada tanggal 23-24 Oktober 2023 yang bertempat di KPKNL Surakarta dan KPKNL Surakarta sebagai koordinatornya. Lomba tenis meja mempertadingakan dua nomor dengan pemenangnya masing masing sebagai berikut : Ganda Eksekutif: Juara 1 KPP Pratama Surakarta; Juara 2 KPP Madya Surakarta; Juara 3 KPKNL Surakarta; Beregu: Juara 1 KPP Pratama Surakarta; Juara 2 KPP Madya Surakarta; Juara 3 KPP
  10. Voli : Kegiatan lomba voli lapangan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Oktober 2023 yang bertempat di KPP Pratama Boyolali dan KPP Pratama Boyolali sebagai koordinatornya. Pemenang lomba bola voli sebagai berikut : Juara 1 :KPP Bea Cukai Surakarta Juara 2 : KPP Pratama Boyolali Juara 3 : KPP Pratama Sukoharjo

      Kegiatan Sosial Kemasyarakatan Lingkup Unit Kerja Vertikal Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II dan Unit Kerja Eselon I Kementerian Keuangan lainnya berupa :

  1. Donor Darah : Dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2023 bertempat di Aula KPPN Surakarta KPPN Surakarta sebagai koordinator kegiatan bekerjasama dengan Kantor Cabang PMI Kota Surakarta melaksanakan kegiatan donor darah yang diikuti oleh pegawai dari unit kerja Kementerian Keuangan di wilayah
  2. Pembuatan/Perpanjangan Paspor : Dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2023 bertempat di Aula KPP Pratama Surakarta dan KPP Pratama Surakarta sebagai koordinator kegiatan, bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kota Surakarta dalam melaksanakan kegiatan pembuatan paspor baru dan perpanjangan paspor lama untuk memfasilitasi dan membantu para pegawai dari unit kerja Kementerian Keuangan di wilayah
  3. Bakti Sosial/Kemenkeu Peduli : Dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2023 bertempat di Yayasan YPBT, Yayasan Lentera Kasih dan Distribusi Air Bersih di sekitar wilayah Klaten dan KPP Pratama Klaten sebagai koordinator Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) / Kemenkeu Peduli dalam rangka peringatan Hari Oeang (HORI) ke-77 Tahun 2023 terkumpul dana sejumlah Rp49.961.500,- yang diperoleh dari sumbangan sukarela (donasi) pegawai dari unit kerja Kementerian Keuangan Lingkup Soloraya. Dana donasi digunakan untuk Droping Air Bersih dan santunan ke yayasan panti asuhan. Droping air bersih dilakukan di 5 Desa pada 3 Kecamatan, yaitu : Kecamatan Bayat (Desa Ngerangan, Desa Jotangan dan Desa Jambakan), Kecamatan Karang Dowo (Desa Tumpukan) dan Kecamatan Kemalang (Desa Tlogowatu). Santunan ke yayasan panti asuhan yaitu Yayasan YPBT dan Yayasan Lentera Kasih.
  4. Bazar UMKM : Kegiatan Bazar UMKM dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2023 yang bertempat di KPPBC Surakarta bersamaan dengan acara Pentas Seni Festival Music Horivolution.

      Kegiatan Kesenian Lingkup Unit Kerja Vertikal Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II dan Unit Kerja Eselon I Kementerian Keuangan lainnya berupa Pentas Seni Festival Music Horivolution dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2023 yang bertempat di KPPBC Surakarta dan KPPBC Surakarta sebagai koordinatornya. Kegiatan ini merupakan puncak acara peringatan HORI ke-77 tahun 2023.

     Upacara peringatan HORI ke-77 tahun 2023 diikuti oleh perwakilan pegawai dari Lingkup Unit Kerja Vertikal Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II dan Unit Kerja Eselon I Kementerian Keuangan lainnya dan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 30 Oktober 2023 yang bertempat di halaman kantor KPP Pratama Surakarta dan KPP Pratama Surakarta sebagai koordinatornya.

      Selain kegiatan yang dilaksanakan secara Bersama-sama, KPPN Klaten juga mengadakan kegiatan secara mandiri, diantaranya yaitu kegiatan donor darah dan Penanaman Pohon dilingkungan KPPN Klaten. Kegiatan Donor darah bekerjasama dengan PMI Klaten yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 20 Oktober 2023. Peserta Donor darah adalah para pegawai KPPN Klaten dan Pegawai Satker mitra kerja KPPN Klaten. Kegiatan Donor darah ini merupakan kegiatan rutin tahunan KPPN Klaten yang merupakan wujud nyata sumbangan untuk kemanusiaan.

      Kegiatan berikutnya yaitu Penanaman Pohon dilingkungan KPPN Klaten yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 27 Oktober 2023. Kegiatan diikuti semua pegawai KPPN Klaten, PPNPN dan Mahasiswa Magang. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian pegawai terhadap keasrian lingkungannya.

      Puncak Peringatan HORI adalah upacara peringatan HORI ke-77 sekaligus Peringatan Hari sumpah Pemuda ke-95 yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 30 Oktober 2023 di halaman KPP Pratama Klaten, dimana KPPN Klaten ikut sebagai peserta. Dalam amanat Pembina Upacara dibacakan sambutan Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati.

      Beberapa hal yang disampaikan Menteri Keuangan diantaranya yaitu : “ Reformasi birokrasi merupakan salah satu fondasi penting dalam mencapai Visi Indonesia Maju 2045. Dengan birokrasi yang efisien, transparan, akuntabel dan berorientasi pada pelayanan masyarakat, Indonesia diharapkan dapat menjadi negara maju yang kuat dan berkelanjutan. Hal inilah yang mendasari pemilihan tema HORI ke-77, yaitu “Kemenkeu Melayani Lebih Baik”.

      Ada dua hal yang perlu kita pahami bersama ketika berbicara tentang “Kemenkeu Melayani Lebih Baik”. Pertama, seluruh jajaran Kemenkeu adalah pelayan publik.

      Pelayanan tidak hanya menjadi tugas mereka yang duduk di front office. Pelayanan juga menjadi tugas mereka yang bekerja di middle office hingga back office. Kewajiban melayani tidak hanya ditujukan bagi mereka yang bekerja di area kantor pelayanan, bahkan juga bagi semua yang bekerja di kantor non pelayanan yang tidak langsung berhadapan dengan pihak eksternal.

      Kita harus terus merawat janji kita kepada bangsa dan negara, yaitu bekerja menjadi Penjaga Keuangan Negara (Nagara Dana Rakça). Dengan peran yang mungkin berbeda, kita adalah pelayan publik yang bertanggung jawab dalam proses end to end sehingga urusan pemerintahan di bidang keuangan negara dapat terselenggara dengan baik.

     Kedua, kemampuan memahami kebutuhan publik (understanding public needs). Untuk mewujudkan “Kemenkeu Melayani Lebih Baik” kita harus memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Kita harus memahami apa yang menjadi tuntutan stakeholders kita.

      Seluruh jajaran Kementerian Keuangan tidak boleh bosan untuk memperbaiki dan membenahi diri dengan terus menyerap masukan, aspirasi, dan feedback dari masyarakat. Kemampuan menyerap aspirasi dari siapapun akan semakin memperkuat pondasi kita dalam melayani dan membangun negeri. Kita harus lebih sering mendengar lebih dalam atas masukan dan kritikan dari masyarakat di tengah berbagai kesibukan serta pencapaian yang berusaha kita raih.

      Penilaian atas Institusi Kementerian Keuangan sudah baik, terbukti dari berbagai penghargaan yang telah kita terima. Namun, good is not enough where better is expected (Vincent E. Scully). Publik masih memiliki harapan yang tinggi agar pelayanan Kementerian Keuangan menjadi lebih baik lagi. Kita perlu mengambil inisiatif dan mempercepat transformasi berbagai layanan keuangan negara untuk memastikan Kemenkeu melayani lebih baik.

     Transformasi perbaikan layanan ditujukan untuk memberikan kemudahan, kecepatan, kepastian, dan keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses dan menikmati layanan Kemenkeu, antara lain:

  1. Bagi konsumen yang membeli barang dari luar negeri melalui ecommerce, telah diberikan simplifikasi dan percepatan layanan barang impor.
  2. Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang lebih bayar pajak, telah diberikan percepatan restitusi, khususnya Pajak Penghasilan di bawah Rp100 juta;
  3. Bagi pekerja migran Indonesia, akan diberikan pembebasan bea masuk atas 2 buah Handphone, Komputer, atau Tablet (HKT), serta pemberian batas nilai pembebasan USD 1500/orang per tahun;
  4. Bagi masyarakat yang akan mengikuti lelang, diberikan pelayanan lelang yang lebih transparan dan mudah, baik pada saat pra lelang, pelaksanaan lelang, dan pasca lelang;
  5. Bagi wajib bayar atas layanan publik, telah disiapkan penggunaan QRIS untuk penyetoran PNBP; serta
  6. Bagi Kementerian/Lembaga, telah diberikan kemudahan revisi DIPA melalui otomasi dan simplifikasi probis. Sedangkan, Pemda dapat melakukan tracking atas penyaluran transfer ke daerah.

      Di luar yang saya sebutkan, tentunya masih ada sejumlah transformasi perbaikan layanan lainnya. Saya mengharapkan agar seluruh jajaran Kemenkeu berkomitmen dan saling bahu membahu dalam menjalankan berbagai transformasi perbaikan layanan.

      Kemenkeu adalah garda terdepan dalam pengelolaan keuangan negara dan kita menyadari betul akan tanggung jawab besar yang kita emban. Tidak hanya tentang mengelola anggaran negara, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, yang pada akhirnya akan memajukan kesejahteraan rakyat.”

 

Naskah lengkap pidato Menkeu download disini

Penulis : sumadi

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten
Jalan Kopral Sayom No 26 klaten 57435
Call Center: 14090
Tel: 0272-3320445 Fax: 0272-3320443

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search