Jl.Kopral Sayom No. 26 Klaten

Berita

Seputar Kanwil DJPb

SOSIALISASI SELEKSI PERPINDAHAN DARI JABATAN LAIN KE DALAM JABATAN FUNGSIONAL ANALIS PENGELOLA KEUANGAN APBN DAN JABATAN FUNGSIONAL PRANATA KEUANGAN APBN TAHUN 2023 DAN EVALUASI PELAKSANAAN ANGGARAN NOVEMBER 2023

      Kantor   Pelayanan   Perbendaharaan   Negara   Klaten mengadakan Sosialisasi Seleksi Perpindahan dari Jabatan Lain ke dalam Jabatan Fungsional Analis Pengelola Keuangan APBN dan Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 9 November 2023 pukul 08.30 WIB s.d selesai. Acara ini diadakan secara daring, melalui zoom meeting dengan id meeting 763 108 1992 dan password KLATEN2023. Peserta adalah Seluruh satuan kerja mitra KPPN Klaten.

     Pada acara ini, dibahas beberapa materi yaitu :

  1. Press Release APBN;
  2. Seleksi Perpindahan dari  Jabatan  Lain  ke  dalam  Jabatan  Fungsional  Analis  Pengelola  Keuangan APBN dan Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN Tahun 2023;
  3. Evaluasi Pelaksanaan Anggaran.

     Acara dipandu oleh Ragil Panca Komalasari sebagai pembawa acara. Sebelum acara dibuka dilakukan pemutaran video pendek dengan tema Integritas. Video ini berjudul “Percaya”. Video yang diposting pada chanel youtube Kementerian Keuangan tersebut menceritakan tentang seorang sopir taksi online yang memiliki wawasan luas dan berpendidikan tinggi yang kecewa dengan keadaan negeri Indonesia. Tapi kemudian setelah bertemu seorang tukang koran yang polos dan sederhana, dia mengubah cara pandangnya. Tukang koran tersebut memberikan pelajaran bahwa untuk mengubah negeri maka kita harus mengubah diri sendiri.

      Acara dibuka dengan doa setelah penayangan video selesai. Untuk memupuk rasa nasionalisme para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya Bersama, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala KPPN Klaten.

      Pemaparan materi pertama  adalah Press Release APBN. Materi Press Release APBN dibawakan oleh Bapak Sugiyana, Kepala KPPN Klaten. Dalam press release dikemukakan beberapa hal yaitu :

  1. Beberapa hal yang telah dilakukan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jawa Tengah terkait dengan pengelolaan keuangan negara, ekonomi daerah, dan koordinasi dengan pengelola keuangan daerah;
  2. Peran Ditjen Perbendaharaan dalam pengendalian inflasi di Jawa Tengah;
  3. Realisasi APBN yang dikelola KPPN Klaten baik Belanja Pegasai, Belanja Barang, Belanja Modal, Belanja Bantuan Sosial hingga Belanja Transfer ke Daerah.

     Pemaparan materi berikutnya yaitu proses Seleksi  Perpindahan  dari  Jabatan  Lain  ke  dalam  Jabatan  Fungsional  Analis  Pengelola Keuangan APBN dan Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN Tahun 2023 Sesi ini dipandu oleh Ismiyati, Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal dan Joko Hartanto JF PTPN KPPN Klaten. Overview materi disampaikan oleh ibu Ismiyati, sedangkan detail aplikasi disampaikan oleh Bp. Joko Hartanto.

      Secara umum materi yang disampaikan adalah :

  1. Persamaan dan perbedaan JF Pranata Keuangan dan JF Pengelola Keuangan APBN 
  1. Persyaratan Perpindahan Jabatan dari Jabatan Lain 
  1. Persyaratan calon peserta 
  1. Prosedur seleksi perpindahan jabatan 
  1. Tata cara pendaftaran 

     Materi aplikasi adalah Langkah-langkah pada aplikasi e-Jafung yang meliputi :

  1. Pembuatan role admin satker
  2. Pembuatan role calon jafung
  3. Perekaman usulan
  4. Verifikasi usulan
  5. Kirim usulan

     Setelah penyampaian materi berikutnya adalah Sesi Diskusi. Pada Sosialisasi ini juga dibuka sesi tanya jawab untuk para peserta agar peserta lebih memahami materi sosialisasi ini. Berikut beberapa tanya jawab yang dapat ditulis.

Tabel Pertanyaan dan Jawaban

No

Penanya/Satker

Pertanyaan

Jawaban

1.

Atwar Kantor Kemenag Klaten

JF PK APBN umur 53 ingin mendaftar perpindahan ke APK APBN apakah boleh?

Pada saat pendaftaran seleksi peserta berumur 52 tahun 6 bulan untuk JF PK APBN, Ahli Pertama, dan ahli Muda.

2

Shochif MTSN 5 Boyolali

admin satker untuk MTs apakah di Kantor Kemenag atau di MTsN karena penggajian untuk madrasah di Kantor Kemenag.? Untuk Ijasah yg belum diakui di BKN apakah bisa dipakai?

 

Admin satker idealnya bagian SDM yaitu di Kantor Kemenag. Tapi boleh juga ada di MTs yang penting peran dan kewajiban dalam verifikasi data dilakukan oleh orang yang mengetahui mengenai SDM. Disarankan admin satker MTsN ditunjuk dari MTsN saja agar memudahkan komunikasi. Ijazah yang belum mendapat pengakuan dari BKN belum bisa memenuhi syarat Pendidikan.

3.

Shinta  KPU Klaten

 

Sudah mendaftarkan Admin e-Jafung tapi belum bisa belum login. Untuk login ke digit dan simaspaten sudah bisa. Mohon konfirmasinya.

Admin e-jafung terdaftar a.n. Shinta. Mohon untuk mengirim pdf update admin

 

4.

PA Klaten

 

Admin mau ikut daftar jafung tapi sudah ada pegawai yang daftar, bagaimana?

Dapat mengupdate atau mengganti admin jafung terlebih dahulu dengan menggunakan form yang tersedia di room chat. Sehingga admin bisa mendaftar sebagai jafung.

5.

Ustwatun

Kemenag Klaten

Ujian mansoskul apakah hanya yg akan beralih ke jenjang madya atau semua?

Semua akan melewati ujian mansoskul. Untuk madya masih ditambah assessment.

6.

MF Rozie  BTN Gunung Merbabu

Trik dan tips untuk ujian kompetensi

 

Jika peserta sudah tersertifikasi maka tidak akan mengikuti ujian teknis hanya ujian mansoskul. Jika belum tersertifikasi maka akan mengikuti ujian teknis dan mansoskul. Uji kompetensi teknis ini berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari Uji kompetensi mansoskul harus sesuai dengan leveling sesuai yang ada di permenpan RB.

      Pemaparan Materi berikutnya adalah Evaluasi Pelaksanaan Anggaran. Pembahasan evaluasi realisasi belanja satuan kerja per jenis belanja telah disampaikan secara rinci oleh Kepala KPPN Klaten dalam press release APBN. Dengan pemaparan tersebut diingatkan kembali kepada satuan kerja yang belum optimal dalam pencairan dana agar melakukan percepatan pencairan dana sesuai dengan batas waktu dalam LLAT.

      Masih terdapat 28 satker yg belum mengisi proyeksi belanja bulanan bulan November dan Desember 2023. Bagi satker yang ada dalam daftar dapat segera mengisi proyeksi bulanan tanggal 10 –15 November 2023.  Masih terdapat 28 satker yg belum mengisi proyeksi belanja bulanan bulan November dan Desember 2023. Bagi satker yang ada dalam daftar dapat segera mengisi proyeksi bulanan tanggal 10 –15 November 2023. Proyeksi akan dijadikan dasar dalam pengelolaan kas negara pada bulan November dan Desember 2023. Untuk itu satker agar dapat mengisi proyeksi belanja bulanan seakurat mungkin. Apresiasi diberikan pada seluruh satker yang telah menyampaikan caput tepat waktu.

      Acara ditutup pukul 11.00 WIB oleh Pembawa Acara yang dilanjutkan dengan ramah tamah. Kesimpulan Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi KPPN Klaten pada khususnya dan bagi satker di Wilayah kerja KPPN Klaten umumnya. Beberapa manfaatnya adalah :

  1. Meningkatkan pemahaman satker  mengenai  Jabatan  Fungsional  Pranata  Keuangan  dan Jabatan Fungsional Pengelola Keuangan APBN;
  2. Melaksanakan tugas dan fungsi KPPN Klaten sebagai instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan;
  3. Menginternalisasikan nilai integritas pada Pegawai KPPN Klaten khususnya dan ASN diwilayah kerja KPPN Klaten umumnya
  4. Mendorong pelaksanaan anggaran agar lebih efektif dan efisien;
  5. Mensosialisasikan program pemerintah  dan  upaya  pemerintah  dalam  mensejahterakan masyarakat.

      Kedepan kegiatan sosialisasi dengan satker agar dapat terus dilakukan mengingat banyak manfaat yang didapat dari kegiatan tersebut.

Materi Sosialisasi silakan download disini

Penulis  : Ragil Panca Komalasari

Editor  : Sumadi

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten
Jalan Kopral Sayom No 26 klaten 57435
Call Center: 14090
Tel: 0272-3320445 Fax: 0272-3320443

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search