![]() |
Pada Kamis (15/08/2024), KPPN Mamuju menyelenggarakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dikemas dalam bentuk diskusi yang digelar di hotel Matos Mamuju. Forum ini mengundang lima elemen perwakilan masyarakat, yakni elemen pengguna layanan, elemen akademisi, elemen stakeholder, elemen Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau organisasi masyarakat, serta elemen media massa.
Melalui Forum Konsultasi Publik, dilaksanakan sesi diskusi interaktif yang membahas berbagai isu strategis terkait pengelolaan APBN di wilayah kerja KPPN Mamuju dengan topik utama yang dibahas meliputi tantangan dalam penyerapan anggaran dan lain sebagainya.
Kepala KPPN Mamuju, Ferry Taufik Saleh, menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik ini merupakan upaya KPPN Mamuju dalam mendapatkan seluruh masukan, permasalahan, testimoni langsung dari lima elemen masyarakat yang hadir, untuk selanjutnya akan ditindaklanjuti pada kesempatan pertama. Hal tersebut merupakan salah satu komitmen KPPN Mamuju dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara serta membuka wadah bagi masyarakat umum untuk mendengarkan persoalan dan permasalahan khususnya terkait pengelolaan APBN.
Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik sangat penting dan sangat membantu masyarakat dalam menyampaikan permasalahan dan kendala di lapangan serta sebagai sarana untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi baik dengan pengguna layanan, stakeholder, pemerintah daerah, maupun masyarakat.
"Beberapa catatan yang tadi kami tangkap, yang pertama adalah pembenahan dalam informasi dan edukasi pengelolaan keuangan negara baik kepada pengguna layanan maupun masyarakat," ujar Kepala KPPN Mamuju.
"Ternyata ada banyak informasi yang baru mereka tahu sehingga ini menjadi catatan, meski kami sudah buka informasi secara transparan melalui media sosial kami. Namun ternyata berdasarkan forum konsultasi ini kami jadi mengetahui dan memahami bahwasanya teman-teman masyarakat ini masih banyak yang belum tahu dan aware (menyadari) terkait tugas dan kerja dari KPPN Mamuju dan itu yang menjadi sangat penting bagi kami," urai Ferry.
Dengan terlaksananya Forum Konsultasi Publik ini, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan negara semakin meningkat, serta mendorong terciptanya komunikasi yang lebih baik antara pemerintah dan masyarakat guna membangun pelayanan publik yang lebih baik.