Masohi

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Percepat Implementasi Marketplace-Digipay, KPPN Masohi Gelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Himbara

Dalam rangka mendorong percepatan implementasi marketplace dan digital payment di lingkungan Satuan Kerja wilayah pelayanan KPPN Masohi, sesuai dengan Perdirjen Perbendaharaan Nomor Per-20/PB/2019 tentang Uji Coba Penggunaan Uang Persediaan melalui Sistem Marketplace dan Digital Payment pada Satuan Kerja, KPPN Masohi menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang perwakilan HIMBARA di Kota Masohi, antara lain dari KC Bank BRI Masohi, KCP Bank Mandiri Masohi dan KCP Bank BNI.

Sistem marketplace (pasar daring) pemerintah adalah sistem layanan pemesanan dan pengadaan barang/jasa sampai dengan barang diterima secara elektronik dalam penggunaan Uang Persediaan yang dikembangkan oleh Penyedia Platform yang telah memenuhi ketentuan pengadaan barang/jasa dan pembayaran pemerintah atas beban APBN.

Adapun Digipay (digital payment) merupakan sistem aplikasi pembayaran digital menggunakan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dan/atau CMS Virtual Account yang dikembangkan oleh Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Bank Himbara. Ekosistemnya terbentuk dari Satker pengelola Uang Persediaan (UP) APBN dan vendor/toko/warung/dll (UMKM) dengan berbasis rekening pada suatu bank yang sama.

FGD tersebut dilaksanakan pada Hari Kamis, tanggal 24 Maret 2022 yang dibuka secara langsung oleh Plh Kepala KPPN Masohi Amron Mursid dan Narasumber Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI) Leonard Rizal Tamba. Dalam pembukaan FGD tersebut Plh. Kepala KPPN menyampaikan bahwa implementasi FGD tidak bisa lepas dari seluruh elemen yang terlibat dalam pelaksanaan sistem marketplace-digipay, untuk itu dalam kesempatan tersebut mengharapkan dukungan dan peran aktif dari HIMBARA untuk dapat menyukseskan implementasinya kedepan, khususnya di wilayah pelayanan KPPN Masohi.

Kepala Seksi MSKI, Leonard Tamba, menyampaikan bahwa secara nasional implementasi Digipay sudah berhasil, namun untuk lingkup Provinsi Maluku sangat rendah. Untuk itu perlu dukungan kuat dari Perbankan agar implementasi Digipay dapat berhasil, khususnya di wilayah pembayaran KPPN Masohi. Perbankan lingkup Masohi berkomitmen untuk ikut menyosialisasikan sekaligus melakukan BIMTEK kepada Satker dan Vendor terkait penggunaan aplikasi Digipay. Sebagai tindak lanjut, Perbankan juga akan merekomendasikan beberapa vendor yang layak untuk direkrut. Sedangkan KPPN Masohi akan menindaklajuti dengan menyurati Satker untuk segera melakukan registrasi sebagai pengguna Digipay.

Pada kesempatan tersebut dari pihak HIMBARA menyampaikan terima kasih atas undangan tersebut dan siap mendukung pelaksanaan implementasi marketplace-digipay sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh perbankan. HIMBARA juga siap memberikan dukungan dalam pemenuhan data vendor yang dimiliki untuk menyukseskan percepatan implementasi marketplace-digipay tersebut.

Pada akhir acara pihak KPPN dan HIMBARA berkomiten untuk menyukseskan program implementasi marketplace dan digipay di wilayah KPPN Masohi dan kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search