Jl. Sisingamangaraja No.3, Drien Rampak, Kec. Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, 23617

Berita

Seputar KPPN Meulaboh

Focus Group Discussion Modul Pelaporan dalam Kaitannya Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2022 Unaudited

Pada tanggal 3 Januari 2023, dilaksanakan Focus Group Discussion Modul Pelaporan dalam Kaitannya Penyusunan Laporan Keuangan bertempat di KPPN Meulaboh dengan pemateri Angga Praditya Siagian selaku Pelaksana Seksi Verifikasi dan Akuntansi.

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) terdiri dari Modul Pelaporan yang berisikan salah satunya adalah modul persediaan dan modul aset. berdasarkan hasil monitoring KPPN, terdapat beberapa satuan kerja yang terdapat kendala dalam penyusunan laporan keuangan.

Pada kesempatan kali ini, dilakukan pembimbingan sekaligus pendampingan secara langsung kepada satuan kerja yang terkait  untuk dapat menyelesaikan kendala-kendala yang dihadapi. Satuan kerja ditemukan belum melakukan pendetilan persediaan dan aset. Terdapat juga satuan kerja yang belum menyelesaikan rekonsiliasi pada aplikasi monsakti dan terdeteksi ketidaksesuaian kode akun dengan persediaan atau aset. Oleh karena itu, dilakukan bimbingan secara langsung kepada satuan kerja dan mendampingi proses penyelesaian kendala tersebut hingga selesai.

Terdapat pengakuan satuan kerja yang memiliki kesalahan perekaman kode barang persediaan dan aset. Satuan kerja mengaku salah memilih kode barang yang harusya menghasilkan aset namun dibuat menjadi persediaan. Oleh karena itu, dilakukan koordinasi secara intensif kepada satuan kerja dan pembina kanwil agar kesalahan ini dapat segera diatasi.

Pendampingan yang dilakukan lebih berfokus pada pendetilan persediaan dan aset dikarenakan masih banyak  satuan kerja yang belum melakukan pendelitian yang menyebabkan To Do List pada Monsakti masih banyak. Oleh karena itu, dengan diadakannya pendampingan intensif ini, seluruh satuan kerja bisa menyelesaikan To Do List agar mendapatkan kualitas laporan keuangan yang lebih baik.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

        

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search