Jl. Sisingamangaraja No.3, Drien Rampak, Kec. Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, 23617

Berita

Seputar KPPN Meulaboh

Stakeholder's Day Semester I Tahun 2023

Kegiatan Stakeholder's Day dan Penyampaian Apresiasi kepada Satker Berkinerja Terbaik Periode Semester I Tahun 2023 dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Agustus 2023. Kegiatan dimulai dengan penyampaian realisasi kinerja APBN wilayah kerja KPPN Meulaboh s.d. Juli 2023 oleh Kepala KPPN Meulaboh. Pendapatan dalam wilayah pembayaran KPPN Meulaboh mencapai Rp412,63 M. Angka ini akan terus meningkat seiring berjalannya waktu pada tahun anggaran berjalan. Pagu yang dialokasikan untuk wilayah pembayaran KPPN Meulaboh pada tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar Rp2,36 T jika dibandingkan dengan pagu tahun 2022 yaitu Rp2,26 T. Dari sisi realisasi (yoy), belanja pemerintah pusat mengalami kenaikan dengan kenaikan terbesar pada Belanja Modal sebesar 54,50%. Hal ini menunjukkan bahwa ada perubahan kinerja Satker yang membaik untuk merealisasikan belanja mulai awal tahun. sedangkan TKD, naik sebesar 70,93%. Hal ini sejalan dengan tugas KPPN sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam menyalurkan TKD (DAU, DAK, DD). Kenaikan pagu terdiri atas pagu belanja pemerintah pusar sebesar Rp0,01T dan pagu TKD yang mengalami kenaikan sebesar Rp2,26 T. Di akhir paparan, Kepala KPPN Meulaboh menjelaskan tentang Uang Kita Untuk Apa? Hal ini merupakan capaian atas kinerja APBN yang telah disalurkan di daerah, khususnya di Wilayah Kabupaten Aceh Baratm Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Simeulue. Banyak yang belum tahu bahwa KPPN memegang peran penting sebagai tresurer dan pengelola fiskal di daerah. Sinergi KPPN dengan para stakeholder baik dari Kementerian Lembaga maupun Pemda, dapat dilihat hasilnya dari berbagai hal. Kecepatan penyaluran DAU oleh KPPN Meulaboh merupakan hal yang penting bagi operasional Pemerintah Daerah. Dari sisi Pendidikan, pembangunan Universitas Negeri, penyaluran BOS dan BOP, peningkatan kualitas perpustakaan serta pemberian beasiswa Bidikmisi dan KIP merupakan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM di daerah.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan oleh pemaparan materi sesi diskusi oleh tim Bank Syariah Indonesia KC Meulaboh terkait Cash Management System Virtual Account. Pada paparan tersebut juga dijelaskan overview penggunaan aplikasi Digipay oleh Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal. Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada satuan kerja dengan kinerja terbaik dengan 7 kategori antara lain satuan kerja dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Sempurna (100) 6 kategori, satuan kerja dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Sempurna (100) 8 kategori, Transaksi terbanyak dalam Penggunaan Digital Payment (Digipay), Transaksi terbanyak dalam penggunaan CMS Virtual Account, Transaksi terbanyak dalam penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP), Penyampaian LPJ Pengeluaran terbaik, dan Penyampaian LPJ Penerimaan terbaik.

Kegiatan Stakeholders Day dan Penyerahan Apresiasi kepada satker berkinerja terbaik telah dilaksanakan dengan baik. Para Kuasa Pengguna Anggaran memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini karena menjadi motivasi untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran pada setiap satuan kerja. Dengan adanya sesi diskusi terkait Cash Management System Virtual Account dapat mendorong satker lagi untuk melakukan transaksi menggunakan platform tersebut untuk mewujudkan digitalisasi pemerintah yang transparan dan akuntabel.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

        

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search