Jl. Sisingamangaraja No.3, Drien Rampak, Kec. Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, 23617

Berita

Seputar KPPN Meulaboh

Morning Call KPPN Meulaboh

Eksplorasi KPPN Meulaboh:

Morning Call dan Tes Psikologi “Kokology”

Mengungkap Kepribadian Pegawai

 

Meulaboh, 21 Februari 2024-Pada Kamis, 21 Februari 2024, di Ruang Front Office KPPN Meulaboh, dilaksanakan kegiatan Morning Call yang dihadiri oleh seluruh pegawai KPPN Meulaboh. Morning Call merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap Hari Rabu pagi sebelum memulai aktivitas kedinasan di KPPN Meulaboh, bertujuan untuk mempererat tali solidaritas, sinergi, dan membangun motivasi kerja di antara pegawai.

Pada kesempatan ini, Morning Call dibawakan oleh Arief Farhan Rizki, staff subbagian umum, dengan mini game tes psikologi yang bernama “Kokology”.

Kokology sendiri berasal dari gabungan kata Kokoro (bahasa Jepang) yang berarti pikiran dan logia (bahasa Yunani) yang berarti ilmu. Kokology ini adalah serangkaian permainan psikologis yang dirancang untuk mengungkap ciri-ciri emosional dan perilaku para pemain melalui cerita sederhana. Konsep permainan ini diperkenalkan pertama kali oleh Tadahiko Nagao dan Isamu Saito dalam bukunya, "Kokologi: The Game of Self-Discovery." Tes psikologi yang populer di Jepang ini telah menjadi metode psikotes yang juga digunakan di negara-negara di Amerika, Australia, dan Asia.

Dalam permainan ini, peserta diminta untuk membayangkan situasi di mana mereka berada di sebuah padang pasir dan menemukan sebuah kubus, tangga, bunga, dan badai. Berdasarkan gambaran yang dibayangkan, kemudian diberikan interpretasi psikologis terhadap respons mereka.

Salah satunya yaitu membayangkan sebuah kubus di padang pasir, bagaimana ukuran kubus? Apakah besar atau kecil? Hal ini berarti bahwa kubus mewakili diri Anda sendiri. Jika ukurannya besar, kemungkinan besar Anda adalah orang yang percaya diri. Anda juga bisa menjadi pemimpin yang baik. Jika kecil, Anda adalah orang yang pemalu dan rendah hati. Anda pendiam dan tidak suka diperhatikan di acara sosial. Dan disertai banyak analogi menarik lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan tanggapan dan penyampaian arahan dari pimpinan, baik Kepala Kantor maupun Kepala Seksi.

“Kokology ini cukup fun dan menarik, hanya perlu menggunakan imajinasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengungkap karakter tersembunyi dari diri kita melalui cerita sederhana. Meskipun hasilnya belum tentu akurat bagi semua orang, tetapi tes ini tetap menarik untuk dicoba.” ungkap Linggo Supranggono, Kepala KPPN Meulaboh.

Selain itu, Zamzam Ahmad Nurzaman, Kepala Seksi Bank juga menambahkan “Menjawab pertanyaan dengan spontanitas tanpa terlalu berpikir, dapat mengungkapkan esensi diri yang sesungguhnya, karena jawaban-jawaban tersebut berasal dari alam bawah sadar kita”

Acara ditutup pembacaan doa dan yel-yel sebagai penutup acara Morning Call tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru serta mempererat hubungan antar pegawai di lingkungan KPPN Meulaboh.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

        

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search