Jl. Ilyas Yacub No. 3 Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Sosialisasi Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Kas & Rekening

Kamis 11 November 2021 KPPN Painan telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening Pemerintah secara daring yang diikuti oleh seluruh satker mitra KPPN Painan. Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari temuan BPK terkait pengelolaan kas dan rekening atas audit LKPP tahun 2020.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala Sub Bagian Umum Bapak Danang Setyahadi. Beliau isu terkait review temuan BPK RI pada LKPP Tahun 2020. Temuan pada LKPP Tahun 2020 tersebut diantaranya adalah saldo kas terlambat/ belum disetor ke Kas Negara, Kas tidak didukung dengan keberadaan fisik kas, pengelolaan kas tunai dan rekening tidak terbit pada Kementeian/Lembaga.

Selanjutnya pemaparan materi disampaikan oleh beberapa narasumber yaitu Ibu Nurmailis selaku Kepala Seksi Verifikasi, Akuntansi dan Kepatuhan Internal menyampaikan materi tentang pengelolaan kas pada satuan kerja. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian satker terkait pengelolaan kas diantaranya perlunya dilakukan rekonsiliasi internal dan pemeriksaan kas untuk memastikan kesesuaian saldo kas dan laporan keuangan. Satuan Kerja juga diingatkan Kembali untuk tidak menggunakan rekening pribadi dalam pengelolaan kas yang bersumber dari APBN. Ibu Widi Astuti selaku kepala seksi bank menyampaikan materi pengelolaan rekening melakukan review atas rekening pemerintah yang dikelola oleh satker mitra KPPN Painan dan diakhiri dengan paparan terkait aplikasi SPRINT oleh Ibu Qoulan Sadida, staff Seksi VERAKI KPPN Painan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan pengelola keuangan satker lingkup KPPN Painan khususnya dalam pengelolaan kas dan rekening untuk mewujudkan kualitas penyajian laporan keuangan tingkat UAKPA yang lebih baik kedepannya.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search