Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

SIAP WBBM, KPPN PANGKALAN BUN PERKUAT INTEGRITAS PELAYANAN DENGAN INOVASI

Pangkalan Bun – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pangkalan Bun telah menunjukkan eksistensinya di bidang pelayanan yang bersih dan bebas korupsi sejak tahun 2019 lalu dengan meraih predikat sebagai kantor dengan Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Tidak hanya berhenti pada pencapaian predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), pada tahun 2021 ini KPPN Pangkalan Bun mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi pada Penilaian Unit Kerja Berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tingkat Nasional Tahun 2021.

Dari tahun ke tahun, KPPN Pangkalan Bun selalu berusaha untuk berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerjanya sebagai bukti komitmennya dalam melaksanakan pelayanan yang memenuhi ekspektasi dan kepuasan para mitra kerjanya. Upaya peningkatan kualitas kinerja dan pelayanan ditunjukkan dengan hadirnya inovasi-inovasi sebagai berikut:

  1. Activity Based Workplace

Kenyamanan tempat kerja sangat berpengaruh kepada lingkungan kerja yang positif. Dengan ketepatan penataan ruang kerja menjadi kesan ruang terbuka dan terbentuknya suasana kerja yang nyaman akan berpengaruh pada pemikiran kreatif dan inovatif yang muncul dari ide-ide pegawai. Activity based workplace ini bertujuan untuk menghilangkan perbedaan sekat-sekat antar pegawai yang selama ini berada di kubikel sehingga memperlancar jalannya komunikasi ketika bekerja dan mendukung transparansi dalam pekerjaan yang mengharuskan pegawai berkolaborasi satu sama lain.

  1. 1001 Penolakan SPM dan Solusinya

Sebuah buku yang berisikan langkah-langkah penyelesaian dan pemberian solusi terhadap kendala dalam penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) pada Aplikasi Satuan Kerja. Penerbitan buku ini bertujuan sebagai salah satu solusi bagi satuan kerja untuk memudahkan proses pengajuan SPM dan juga sebagai panduan agar tidak terjadi kesalahan yang berulang yang menyebabkan perlambatan proses penyelesaian tagihan.

  1. Friday Morning Talk

Friday morning talk merupakan kegiatan yang diadakan secara internal setiap hari Jumat dengan tujuan meningkatkan cara berkomunikasi antar individu, melatih kemampuan public speaking, meningkatkan kepercayaan diri, dan mempererat bonding seluruh pegawai KPPN Pangkalan Bun.

  1. Ngaji Yuk!

Program Peningkatan kualitas iman dan takwa pegawai KPPN Pangkalan Bun berupa kajian rutin tiap pekan. Program ini sebagai salah satu cara penguatan integritas melalui Bintalnas internal untuk membangun nilai-nilai spiritual dalam masing-masing individu di KPPN Pangkalan Bun.

  1. One Minute Guidance 102 #OMG!102

One Minute Guidance merupakan video berdurasi satu menit yang memuat informasi terbaru di setiap minggunya bagi satuan kerja yang diharuskan untuk membawa nilai edukasi ke masyarakat luas. Inovasi ini sebagai upaya KPPN Pangkalan Bun dalam memaksimalkan pemanfaatan media sosial dengan handal.

  1. ArutPod’s (Podcast KPPN Pangkalan Bun)

Perkembangan media sosial yang pesat dan didukung oleh akses yang semakin mudah sekaligus tren edukasi yang beragam memicu penciptaan podcast. Dengan inovasi ini, satuan kerja akan lebih banyak pilihan untuk referensi sumber informasi yang perlu satuan kerja dapatkan. Selain itu, inovasi ini akan lebih interaktif dengan rangkuman pertanyaan-pertanyaan yang diajukan satuan kerja untuk dijawab dalam sebuah video yang nantinya bisa ditayangkan secara berulang-ulang.

  1. Panduan Praktis Permasalahan Rekonsiliasi

Buku ini dibuat berdasarkan kendala-kendala yang dialami satuan kerja saat pelaksanaan rekonsiliasi. Harapan dengan dibuatnya buku ini dapat menjadi panduan ringkas bagi operator rekonsiliasi satuan kerja dalam melakukan analisis dan troubleshooting permasalahan umum yang sering muncul ketika pelaksanaan rekonsiliasi.

  1. Buku Profil Satuan Kerja

Buku profil satuan kerja ini merupakan salah satu upaya KPPN dalam menjalankan fungsi manajemen satuan kerja di daerah yang akan memudahkan KPPN sebagai kantor pelayanan untuk mengidentifikasi detail tiap-tiap satuan kerja yang menjadi naungannya. Buku ini memberikan manfaat bagi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Pangkalan Bun untuk semakin mengenali kondisi setiap satuan kerja, sehingga model pelayanan yang akan diberikan akan semakin jelas, mengingat setiap satuan kerja mempunyai keunikan tersendiri. Selain itu, buku ini menambah pusparagam karya-karya yang selama ini telah dibuat oleh KPPN Pangkalan Bun.

Selain dengan adanya inovasi tersebut, KPPN Pangkalan Bun juga mengajak peran serta para mitra kerja dan masyarakat untuk ikut aktif mengawasi kegiatan pelayanan bilamana menemui adanya tindakan pungli, gratifikasi, atau adanya keluhan dan saran atas layanan yang diberikan agar dapat segera melaporkannya melalui saluran pengaduan yang tersedia pada internal KPPN Pangkalan Bun, lingkup Kantor Pusat DJPb, hingga lingkup Kementerian Keuangan. Dengan adanya saluran pengaduan tersebut, Tim Pengaduan KPPN Pangkalan Bun secara responsif akan segera menindaklanjuti segala jenis laporan yang masuk dan berupaya menyelesaikan serta memperbaiki tata kelola kinerja yang ada demi meningkatkan kualitas pelayanan dan terwujudnya budaya kerja pelayanan yang bersih dan bebas korupsi.

            Dengan segala inovasi yang telah dicanangkan serta segala bentuk perilaku penguatan integritas yang telah dipegang teguh oleh seluruh pegawai KPPN Pangkalan Bun, diharapkan dapat menutup segala celah atas peluang adanya tindak korupsi dan gratifikasi di lingkungan pelayanan KPPN Pangkalan Bun. Oleh sebab itu, harapan dari kesuksesan atas kerja keras ini dibuktikan dengan tercapainya predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tahun 2021 sebagai bentuk kontribusi nyata bahwa KPPN Pangkalan Bun aktif menggalakkan budaya bebas korupsi dan gratifikasi secara internal yang dapat memberikan dampak secara luas hingga ke masyarakat luar.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search