Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Capacity Building : Unity in Diversity KPPN Pangkalan Bun Tahun 2021

Pangkalan Bun - Mengusung tema Unity in Diversity, KPPN Pangkalan Bun melaksanakan kegiatan pengembangan kapasitas SDM atau capacity building pada hari Selasa, 17 Agustus 2021 bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-76. Kegiatan capacity building tahun 2021 diikuti oleh pejabat administrator, pejabat pengawas, dan pelaksana, dan PPNPN KPPN Pangkalan Bun. Tujuan capacity building adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam menghasilkan kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (core functions), memecahkan permasalahan, merumuskan dan mewujudkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, serta memahami dan memenuhi kebutuhan pembangunan dalam konteks yang lebih luas dalam cara berkelanjutan.

Kegiatan capacity building dimulai pada pukul 07.30 pagi, diawali dengan pelaksanaan games-games yang disusun oleh panitia. Peserta dibagi menjadi 4 tim yang masing-masing tim terdiri dari 4 orang. Games pertama yaitu tebak pegawai, pemandu acara memberikan nama pegawai yang harus ditebak kepada peserta di baris satu sampai dengan tiga, kemudian peserta di baris satu sampai dengan baris tiga secara bergantian menggambar ciri khas dari nama pegawai yang telah disebutkan. Peserta baris keempat harus menebak dari gambar yang telah disusun. Games kedua yaitu sambung kata, ditunjuk satu orang perwakilan tiap tim, pemandu acara akan memberikan satu kata kepada orang pertama, orang kedua sampai keempat harus melanjutkan kata menjadi kalimat. Peserta akan gugur apabila gagal mengulang kalimat dengan runtut. Games terakhir yaitu tebak lagu. Terdapat perbedaan di games tebak lagu kali ini. Lirik lagu diucapkan oleh Google Voice sehingga tidak ada nada yang muncul, peserta harus menebak judul lagu yang telah diucapkan Google Voice. Seluruh games yang disusun oleh panitia, didasarkan pada pengembangan knowing our employee. Pegawai akan lebih mengenal satu sama lain tidak hanya sebagai rekan kerja namun juga secara pribadi.

Kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Peringatan HUT RI ke-76 secara virtual melalui youtube Sekretariat Kepresidenan Republik Indonesia. Seluruh pegawai mengikuti upacara di Aula KPPN Pangkalan Bun. Upacara Peringatan HUT RI ke-76 juga dilaporkan ke Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebagai kantor yang mengikuti penilaian Pembangunan ZI WBBM tahun 2021, KPPN Pangkalan Bun mengadakan sayembara desain logo ZI WBBM pada tanggal 2 s.d. 15 Agustus 2021. Pemenang sayembara logo diumumkan sekaligus setelah upacara peringatan HUT RI ke-76 dilaksanakan. Pemenang sayembara logo ZI WBBM adalah Sdr. Muhammad Wildan Mahardika dan Sdr. Ainun Machdevi. Desain logo dari kedua peserta akan dikolaborasikan untuk disempurnakan lebih baik lagi. 

Sebagai bentuk apresiasi kepada pegawai, KPPN Pangkalan Bun menyematkan gelar best employee tahun 2021 kepada Sdr. Nurul Qur’an dan best PPNPN kepada Sdr. Doni Romdoni. Pemilihan best employee dan best PPNPN didasarkan pada kedisiplinan dan voting dari seluruh pejabat, pegawai, dan PPNPN KPPN Pangkalan Bun.

Pada kegiatan capacity building tahun 2021, diberikan materi pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan oleh Letnan Adm Anditio Yudha Purwono dan Kapten Tek Budi Waluyo dari Lanud Iskandar. Tujuan pembangunan karakter pada dasarnya adalah untuk membentuk generasi bangsa yang tumbuh dan berkembang dengan karakter yang bernafaskan nilai-nilai pancasila, nilai luhur, adat, dan agama. Dalam lingkup formal, pendidikan karakter berfungsi untuk membentuk karakter individu agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia, bermoral, tangguh, berperilaku baik, dan toleran. Nilai-nilai karakter yang perlu dikembangkan meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. wawasan kebangsaan menentukan cara bangsa dalam mendayagunakan kondisi geografis, sejarah, sosio budaya, ekonomi, dan politik serta pertahanan keamanan negara ini dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional. Sebagai ASN, pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan perlu ditumbuhkan dalam diri, sesuai sumpah pribadi saat dilantik menjadi ASN.


Kegiatan capacity building ditutup dengan foto bersama dan mini tour di kawasan Lanud Iskandar. KPPN Pangkalan Bun berharap, kegiatan capacity building dapat lebih ditingkatkan kualitasnya di tahun-tahun yang akan datang

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search