KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Stakeholders Day : Peningkatan Budaya Cashless melalui Digitalisasi Pengelolaan Uang Persediaan

KPPN Pangkalan Bun melaksanakan kegiatan Stakeholders Day. Kegiatan Stakeholders Day ini merupakan kegiatan tahunan KPPN Pangkalan Bun untuk meningkatkan koordinasi dan layanan kepada satuan kerja sehingga pengelolaan dana APBN menjadi lebih optimal. Tahun 2022, Kegiatan Stakeholders Day mengusung tema "Peningkatan Budaya Cashless melalui Digitalisasi Pengelolaan Uang Persediaan". Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Front Office KPPN Pangkalan Bun secara hybrid (Offline dan Online) yang terdiri dari 3 rangkaian acara yaitu Launching Fresh Office, Talkshow, dan Pemberian Penghargaan kepada satuan kerja. Secara offline, Stakeholders Day dihadiri oleh 11 perwakilan satuan kerja lingkup KPPN Pangkalan Bun, sedangkan secara online bisa diikuti oleh seluruh satuan kerja baik melalui Aplikasi Zoom Meeting maupun Youtube.

Kegiatan Launching Fresh Office dilakukan oleh Ibu Indra Karunia Dewanti selaku Kepala Kantor KPPN Pangkalan Bun, dengan melakukan presentasi melalui media video show. Fresh Office KPPN Pangkalan Bun terdiri dari Area Resepsionis, Stakeholders Lounge, Mini TLC, Self Service Area, Area Sinergi Kolaboratif Kemenkeu, Area Pelayanan Special Mission, dan Pojok UMKM.

KPPN Pangkalan Bun berkolaborasi dengan Kantor Cabang Bank BRI dalam acara Talkshow dengan tagline “Lebih Simpel, Lebih Akuntabel". Talkshow dengan narasumber Bapak Fachry Darma Hidayat, Kepala Subbagian Umum KPPN Pangkalan Bun yang memaparkan pengalaman sebagai satuan kerja dalam digitalisasi pengelolaan uang persediaan, baik dalam penggunaan CMS, KKP dan Digipay dan Ibu Ida Jamilah, perwakilan dari BRI memaparkan tentang perkembangan cashless dan kesiapan pihak BRI dalam mendukung program digitalisasi pengelolaan uang persediaan di wilayah kerja KPPN Pangkalan Bun serta tips dan trik  dalam melakukan transaksi cashless secara online dengan aman. Selama berjalannya talkshow, kedua narasumber dipandu oleh moderator yaitu Bapak Arka Wirawan selaku Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi (VeraKI) sehingga kegiatan menjadi lebih interaktif. Di dalam talkshow ini membahas mengenai definisi transaksi cashless, jenis-jenis transaksi cashless, pengalaman dalam melakukan transaksi cashless, dan lain sebagainya, kemudian diakhiri dengan diskusi tanya jawab.

Kegiatan selanjutnya adalah pemberian penghargaan kepada satuan kerja dengan 2 kategori, yaitu Kinerja Pelaksanaan Anggaran dan Partisipasi dalam Digitalisasi Pengelolaan Uang Persediaan. Pada kegiatan Stakeholders Day 2022 satuan kerja yang berhasil mendapat penghargaan yaitu:

KPPN Pangkalan Bun berkolaborasi dengan Kantor Cabang Bank BRI dalam acara Talkshow dengan tagline “Lebih Simpel, Lebih Akuntabel". Talkshow dengan narasumber Bapak Fachry Darma Hidayat, Kepala Subbagian Umum KPPN Pangkalan Bun yang memaparkan pengalaman sebagai satuan kerja dalam digitalisasi pengelolaan uang persediaan, baik dalam penggunaan CMS, KKP dan Digipay dan Ibu Ida Jamilah, perwakilan dari BRI memaparkan tentang perkembangan cashless dan kesiapan pihak BRI dalam mendukung program digitalisasi pengelolaan uang persediaan di wilayah kerja KPPN Pangkalan Bun serta tips dan trik dalam melakukan transaksi cashless secara online dengan aman. Selama berjalannya talkshow, kedua narasumber dipandu oleh moderator yaitu Bapak Arka Wirawan selaku Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi (VeraKI) sehingga kegiatan menjadi lebih interaktif. Di dalam talkshow ini membahas mengenai definisi transaksi cashless, jenis-jenis transaksi cashless, pengalaman dalam melakukan transaksi cashless, dan lain sebagainya, kemudian diakhiri dengan diskusi tanya jawab.

Kegiatan selanjutnya adalah pemberian penghargaan kepada satuan kerja dengan 2 kategori, yaitu Kinerja Pelaksanaan Anggaran dan Partisipasi dalam Digitalisasi Pengelolaan Uang Persediaan. Pada kegiatan Stakeholders Day 2022 satuan kerja yang berhasil mendapat penghargaan yaitu:

 

Kategori Kinerja Pelaksaan Anggaran

Pagu Besar

Terbaik I          : Polres Lamandau, diterima langsung oleh Kepala Polres Lamandau,

Terbaik II         : Polres Sukamara, diwakilkan oleh Bendahara Pengeluaran Polres Sukamara

Terbaik III        : KSOP Kumai, diterima langsung oleh Kepala Kantor KSOP Kumai

 

Pagu Kecil

Terbaik I          : Balai Pemasyarakatan Pangkalan Bun, diterima langsung oleh Kepala Balai Pemasyarakatan Pangkalan Bun

Terbaik II         : Pengadilan Agama Sukamara dengan kode satuan kerja 401869, diterima langsung oleh Sekretaris Pengadilan Agama Sukamara, selaku Kuasa Pengguna Anggaran

Terbaik III        : Kantor Kemenag Sukamara dengan kode satuan kerja 653771, diterima langsung oleh Kuasa Pengguna Anggaran Kantor Kemenag Sukamara

 

Partisipasi dalam Digitalisasi Pengelolaan Uang Persediaan

Digipay            : Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea danCukai (KPPBC) TMP C Pangkalan Bun, diterima langsung oleh Kepala KPPBC TMP C Pangkalan Bun

CMS                : Badan Pusat Statistik Sukamara, diwakilkan oleh Bendahara Pengeluaran BPS Sukamara

KKP                 : Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pangkalan Bun, diterima langsung oleh Kepala KPP Pangkalan Bun

 

Selain itu, diberikan apresiasi kepada Polres Kotawaringin Barat atas kerjasama pembangunan wilayah ZI dan Kantor Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalan Bun atas pelayanan dalam pelaksanaan lelang atas penghapusan aset KPPN Pangkalan Bun.

Dengan adanya Kegiatan Stakeholders Day diharapkan komunikasi dan koordinasi semakin terjalin erat antara KPPN dengan stakeholders, khususnya satuan kerja serta meningkatkan layanan KPPN Pangkalan Bun dengan Fresh Office, sebagai Treasury Image Branding. Selain itu, kegiatan Stakeholders Day juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi kepada satuan kerja untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan belanja APBN Satker dengan memberikan penghargaan-penghargaan kepada Satker dan meningkatkan literasi serta awareness satuan kerja dalam hal budaya cashless dan satuan kerja memberikan dukungan terhadap program digitalisasi uang persediaan dan meninggalkan zona nyaman dengan transaksi tunai sehingga sehingga pengelolaan APBN menjadi lebih aman, simpel, transparan dan akuntabel.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search