KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Pelaksanaan Sosialisasi LLAT Tahun 2022 : "LLAT 2022 Lancar, Pelaksanaan Anggaran Optimal"

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran negara pada akhir tahun anggaran berbeda dengan periode normal. Pada periode akhir tahun anggaran diperlukan “treatment” khusus yang biasa dikenal dengan istilah Langkah-Langkah Akhir Tahun (LLAT). Untuk LLAT 2022, pada akhir bulan September 2022 kemarin telah terbit Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-8/PB/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2022.

KPPN Pangkalan Bun melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Langkah-langkah Akhir Tahun 2022 pada Selasa, 11 Oktober 2022 secara hybrid meeting, yaitu secara luring di aula KPPN Pangkalan Bun dan secara daring melalui aplikasi Zoom dan diikuti oleh seluruh Satker lingkup KPPN Pangkalan Bun. Kegiatan tersebut diisi oleh narasumber eksternal KPPN Pangkalan Bun yakni Bapak Tukima selaku Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pemaparan materi mengenai monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran. Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah, didapatkan hasil bahwa penyerapan anggaran per 6 Oktober 2022 sudah mencapai 70,53% dengan sisa pagu sekitar 121 miliar rupiah. Selain itu, disampaikan proyeksi penyerapan anggaran sampai dengan akhir tahun 2022 sebesar 94,43%. Namun angka tersebut tidaklah mutlak, karena hanya merupakan perhitungan dengan mempertimbangkan dana outstanding dan penyerapan di tahun 2021.

Setelah menyampaikan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran, Bapak Tukima langsung melanjutkan pembahasan mengenai PER-8/PB/2022 tentang LLAT 2022. Bapak Tukima menjelaskan mengenai berbagai tanggal penting yang harus diperhatikan selama Bulan Oktober sampai dengan Januari 2023. Tidak hanya itu, beliau juga menyampaikan kepada Satker untuk selalu berhati-hati dan teliti mengenai pengajuan SPM dan juga kontrak agar tidak terlambat untuk disampaikan ke KPPN.

Kegiatan sosialisasi berlangsung dengan interaktif dengan adanya diskusi dengan Satker mitra KPPN Pangkalan Bun. Dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman Satker mengenai hal yang harus diperhatikan berkenaan dengan LLAT 2022 dan Langkah yang harus dilakukan guna meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran menuju akhir periode tahun 2022 ini.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search