KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Treasury Goes to School: SMA Negeri 1 Pangkalan Bun “Generasi Juara, Peduli Uang Negara”

Pangkalan Bun, 13 Maret 2023

Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 tahun 2023 ini mengangkat tema “Indonesian Treasury: Dukung Transformasi Ekonomi dalam Kolaborasi Kemenkeu Satu”. Tema tersebut selaras dengan tema yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah tahun 2023 yaitu Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan. Dalam hal ini, Ditjen Perbendaharaan terus berupaya untuk memperkuat sinergi dan semangat kolaborasi antar unit eselon I Kementerian Keuangan dalam mendukung transformasi ekonomi menuju perekonomian dan pembangunan nasional yang produktif, kompetitif, inklusif, dan berkeadilan, sebagaimana tercermin dalam visi Kementerian Keuangan.

 

 

Salah satu side event dalam Rangkaian Hari Bakti Perbendaharaan adalah Treasury Wellbeing Track dengan bentuk kegiatan Treasury Goes to School/Campus yaitu kegiatan berbagi ilmu/pengetahuan/pengalaman selama satu hari di sekolah yang dilaksanakan oleh pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Materi yang disampaikan yaitu bagaimana peran Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam menjaga ekonomi negeri, memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan, dan memperkenalkan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keungan yaitu Politeknik Keuangan Negara STAN.

 

 

Pada tahun 2023, KPPN Pangkalan Bun melaksanakan kegiatan Treasury Goes to School di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Kegiatan berlangsung pada hari Senin, 13 Maret 2023 yang diikuti oleh 70 perwakilan siswa/i kelas XI SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Dengan mengusung tema “Generasi Juara, Peduli Uang Negara”, KPPN Pangkalan Bun menyampaikan materi tentang APBN sebagai instrumen untuk mewujudkan tujuan negara sesuai UUD 1945. Untuk mencapai cita-cita mulia tersebut, Pemerintah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Pemerintah memperoleh pendapatan melalui pendapatan negara, dan membelanjakan pendapatan tersebut untuk kemaslahatan masyarakat melalui belanja negara. Penerimaan dan pengeluaran negara tersebut dicatat dalam APBN.

 

 

Pada kesempatan kali ini, disampaikan pula Materi mengenai Politeknik Keuangan Negara STAN yang berisi penjelasan umum mengenai proses kuliah di PKN STAN, bedah setiap jurusan, formasi penerimaan mahasiswa, konsentrasi mata kuliah, tes masuk, serta pengalaman kuliah di PKN STAN.

 

 

Kegiatan berlangsung seru saat memasuki sesi diskusi mengenai pemanfaatan APBN untuk rakyat selama pandemi, APBN sebagai shock absorber, rangkaian tes untuk calon mahasiswa PKN STAN, dan proses perkuliahan di PKN STAN.

 

 

Kegiatan ditutup dengan kuis, pembagian hadiah pemenang, dan foto bersama. Dari kegiatan ini, diharapkan generasi muda semakin peduli dengan pemanfaatan APBN di sekitar dan memberikan manfaat positif bagi keberlangsungan pendidikan di Indonesia.

 

 

Kontributor Berita:

Nurul Qur'an

 

Editor:

Winda Mayesty

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search