KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Kenalan dan Dengar Pendapat Inovasi Layanan KPPN Pangkalan Bun 2024

Pangkalan Bun (28/02/2024)

Proses pengelolaan keuangan negara terus bergerak secara dinamis. Perubahan perubahan pun dilakukan sebagai bentuk adaptasi di era ketidakpastian global ini. Perkembangan teknologi dan peraturan selalu diterbitkan agar Direktorat Jenderal Perbendhaaraan tetap eksis dan terus bergerak ke arah yang lebih baik. 

Sebagai unit vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan di daerah, KPPN tentu menghadapi kendala dan tantangan yang berbeda dengan kantor pusat. Sebagai Kuasa BUN di daerah, KPPN perlu melakukan adaptasi dan membuat inisiatif kreatif untuk menyelesaikan hambatan dan tantangan yang dihadapi. Untuk itu, dibuatlah inovasi-inovasi dengan tujuan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi terkait penyelesaian pengelolaan keuangan negara. Selain itu, pembentukan inovasi-inovasi ini merupakan bentuk peningkatan kualitas layanan yang diberikan oleh KPPN kepada para stakeholders. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi agar seluruh stakeholders mengetahui keberadaan inovasi yang telah dibuat. Oleh karena itu, KPPN Pangkalan Bun mengadakan kegiatan Kenalan dan Dengar Pendapat Inovasi Layanan KPPN Pangkalan Bun 2024.

 

 

Kegiatan Kenalan dan Dengar Pendapat Inovasi Layanan KPPN Pangkalan Bun 2024 dilaksanakan pada Hari Rabu, 28 Februari 2024 Secara daring melalui MS Teams. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja mitra KPPN Pangkalan Bun.

Kegiatan sosialisasi dibuka dengan sambutan oleh Kepala KPPN Pangkalan Bun kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait anti korupsi setelah itu materi terkait inovasi layanan di KPPN Pangkalan Bun oleh Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker (PDMS).

 

 

Terdapat 7 inovasi eksternal terkait layanan yang diimplementasikan di KPPN Pangkalan Bun, antara lain:

  1. Bingka 102 adalah media troubleshooting atas kendala yang ditemui satuan kerja dalam implementasi SAKTI WEB Full Module maupun permasalahan lain terkait proses bisnis pengelolaan APBN pada satuan kerja. Satker diperbolehkan meminta untuk diadakan kelas khusus apabila diperlukan.
  2. SIJAKA merupakan istilah baru dari inovasi sebelumnya yaitu RPP Online 102. SIJAKA merupakan wadah rekonsiliasi atas penyetoran pajak pusat yang dipungut oleh Bendahara Umum Daerah antara Pemerintah Daerah (Pemda), KPP dan KPPN melalui google form yang kemudian akan dilakukan rekonsiliasi bersama oleh KPP dan KPPN melalui google sheet.
  3. Arudpod’s merupakan podcast KPPN Pangkalan Bun sebagai salah satu bentuk inovasi edukasi dari KPPN Pangkalan Bun untuk mitra kerja terkait pelaksanaan proses bisnis KPPN secara keseluruhan yang berbentuk video dengan narasumber pegawai atau pejabat KPPN Pangkalan Bun dan disiarkan melalui channel youtube KPPN Pangkalan Bun.
  4. Buletin KiPAS diterbitkan dalam periode bulanan dengan konten utama yaitu hasil kinerja perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban APBN, Flash Report kinerja Transfer ke Daerah, dan highlights kegiatan KPPN Pangkalan Bun selaku treasurer dan financial advisor. Buletin KiPAS dipublikasikan kepada Satker dan Pemda Mitra Kerja KPPN Pangkalan Bun.
  5. Pengaduan Online (PoPLine102!) merupakan inovasi pelayanan publik dari KPPN untuk mitra kerja sebagai sarana aspirasi dan pengaduan yang mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik di KPPN Pangkalan Bun. Stakeholders dapat mengakses PoPLine102! Dari berbagai media untuk memberikan pengaduan apabila terdapat peagwai KPPN yang melakukan fraud.
  6. One Minute Guidance 102 (OMG102) merupakan inovasi edukasi dari KPPN untuk mitra kerja terkait pelaksanaan proses bisnis, info terbaru, sekaligus reminder atas jadwal penting mengenai pelaksanaan anggaran di KPPN Pangkalan Bun yang berbentuk video dan disiarkan melalui media sosial KPPN Pangkalan Bun. OMG memberikan informasi singkat dengan durasi 1 menit yang dapat diakses pada instagram KPPN Pangkalan Bun.
  7. Berkobar 102 merupakan salah satu inovasi pelayanan publik yang berbasis IT. Berkobar merupakan akronim dari Aplikasi Kolaborasi Pelaporan Saldo Rekening dan BAR dan bertujuan untuk pelaksanaan rekonsiliasi rekening secara online di wilayah KPPN Pangkalan Bun.

 

 

Kegiatan Kenalan dan Dengar Pendapat Inovasi Layanan KPPN Pangkalan Bun 2024 dilakukan dengan mengundang seluruh Satuan Kerja mitra KPPN Pangkalan Bun, dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada Satker terkait inovasi layanan yang dapat digunakan. Selain itu, dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan Satker dapat memberikan usulan dan masukan terkait inovasi layanan yang sudah ada atau terkait fasilitas pada KPPN Pangkalan Bun.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Telp: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

 

Hubungi Kami

Call Center Pelayanan :

0811 5201 792

Call Center Layanan Pengaduan :

0811 521 460

 

 

Search