Berita

Seputar KPPN Pati

Kemenkeu Goes To School Penyebaran Semangat Anti Korupsi dan Gratifikasi ke Generasi Muda dalam Upaya Membangun Island of Integrity dan Dukungan KPPN Pati kepada KPP Pratama Pati dalam Meraih Predikat WBK

Dengan semangat Kemenkeu Satu, KPPN Pati dan KPP Pratama Pati berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Kemenkeu Goes To School ke SMK Kesuma Margoyoso Pati pada tanggal 2 Mei 2023. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap APBN, meningkatkan kesadaran kewajiban perpajakan, serta menyebarkan semangat WBK/WBBM kepada masyarakat semenjak dini.

Kegiatan yang dihadiri para siswa kelas XI dari semua juruan di SMK Kesuma Margoyoso diawali dengan sambutan hangat dari Ibu Titik Lestari selaku Kepala SMK Kesuma Margoyoso yang menyampaikan apresiasi kepada Kemenkeu khususnya KPPN Pati dan KPP Pratama Pati yang hadir ke SMK Kesuma Margoyoso untuk memberikan edukasi dan semangat anti korupsi kepada siswa sekolah yang dipimpinnya. Antusiasme para siswa ditunjukkan dengan sambutan teriakan yel-yel khas Siswa SMK Kesuma Margoyoso yang menggema di seluruh ruangan saat mulai pemaparan materi anti korupsi yang disampaikan oleh Kepala KPP Pratama Pati Bapak Paulus Soetjipto Adi Dosoputro. Menanamkan pendidikan anti korupsi dilakukan sejak dini dengan menyasar siswa menengah atas sebagai generasi penerus yang akan menerima tongkat estafet kepepimpinan dimasa mendatang.

Keseruan Kemenkeu Goes to School semakin pecah dalam pemaparan Peran APBN Kita dan penyebaran virus WBK/WBBM oleh Tim KPPN Pati yang dipimpin oleh Kepala KPPN Pati Bapak Marno. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa salah satu tujuan APBN adalah pertumbuhan ekonomi demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. Keuangan negara dan APBN menjalankan tiga fungsi yaitu stabilisasi, alokasi dan distribusi serta dikelola secara akuntanbel. Bentuk Laporan Pertanggungjawaban APBN adalah LKPP yang sejak LKPP tahun 2016 mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Lebih lanjut tim KPPN Pati menebar virus WBK/WBBM kepada siswa. KPPN Pati pada tahun 2021 telah berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi dari Menpan-RB sebagai bentuk pengakuan bahwa KPPN Pati merupakan unit kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi yang baik dengan mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Kegiatan edukasi anti korupsi bersama dengan KPP Pati merupakan salah satu upaya membangun Island of Integrity dan dukungan kepada KPP Pratama Pati yang sedang mengikuti penilaian unit kerja berpredikat WBK tahun 2023. (SA)

 

#APBNKita

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pati
Jalan P. Diponegoro No. 102 Pati 59111
Tel: (0295)-381171

 

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search