Jalan Bahagia No. 44 Pekalongan - 51117

Berita

Seputar KPPN Pekalongan

Mengawal APBN, Membangun Negeri di KPPN Pekalongan

UU nomor 1 tahun 2004 Perbendaharaan Negara telah disahkan pada tanggal 14 Januari 2004, sebagai momentum awal pengelolaan keuangan negara yang modern, transparan dan akuntabel. Setelah lebih dari satu dasa warsa setelah lahirnya UU Perbendaharaan Negara, kiprah kantor layanan perbendaharaan negara di kota Pekalongan

dibentuk sejak tahun 1982 sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara yang mengelola Penerimaan Negara dan menyalurkan dana APBN untuk wilayah kota Pekalongan, kabupaten Pekalongan dan kabupaten Batang.

Peran strategis menjaga pertumbuhan perekonomian dengan penyaluran APBN untuk kegiatan pembangunan infrastuktur yang pembayaran melalui KPPN Pekalongan dan penyaluran DAK Fisik serta dana Desa mulai tahun 2017. Penyaluran APBN juga untuk membiayai kegiatan operasional serta gaji Kantor Vertikal antara lain Polres, Kejari , Pengadilan Negeri , KPU dan sebagainya merupakan bagian dari tugas fungsi Kuasa BUN di daerah.

Momentum bulan Januari 2018 ini juga digunakan KPPN Pekalongan  untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangkaian Hari Bakti Perbendaharaan untuk memantapkan jati diri dan identitas institusi Direktorat Jenderal Perbendaharaan baik dilingkup Internal Kementerian keuangan maupun di tingkat nasional melalui berbagai kegiatan. Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 bertemakan  “Tingkatkan Literasi Perbendaharaan Untuk Menggemakan Pembangunan”.

Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2018 di awali dengan kegiatan Olah Raga Senam bersama dan Tenis Meja bersama yang diikuti oleh seluruh Pejabat dan Pegawai KPPN Pekalongan serta Mitra kerja dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 12 Januari 2018 mengambil tempat di halaman KPPN Pekalongan. Kegitan ini selain bertujuan untuk membuat badan menjadi sehat juga bertujuan untuk lebih mempererat tali persaudaraan dan kekompakan antar sesama pegawai dan juga dengan mitra kerja dilingkup KPPN Pekalongan.

Rangkaian kegiatan berikutnya adalah Perbendaharaan Menyapa merupakan edukasi mengenai peran DJPb kepada masyarakat, dan pada tahun 2018 kali ini KPPN Pekalongan berinisiatif melaksanakan kegiatan Perbendaharaan Menyapa di IAIN Pekalongan. Kegiatan Perbendaharaan Menyapa dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Januari 2018 mulai dari pukul 13.30 sampai dengan 16.00 WIB yang diikuti oleh kurang lebih 100 mahasiswa IAN Pekalongan. Acara Perbendaharaan Menyapa di di IAIN Pekalongan mendengarkan ceramah umum tentang pengelolaan Keuangan Negara , apa itu APBN bagaimana APBN dikelola dan ditransfer ke pihak penerima, sehingga dengan kegiatan ini akan membuka wawasan pengetahuan tentang pengelolaan Keuangan Negara. Acara berlangsung meriah diselingi dengan tanya jawab oleh para para mahasiswa.

Kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 ditutup dengan acara Tasyakuran (refleksi) Hari Bakti Tahun 2018 dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Januari 2018 bertempat di Aula KPPN Pekalongan yang diikuti oleh seluruh Pejabat dan pegawai KPPN Pekalongan, serta tamu undangan dari beberapa Mitra Kerja Kepala BPKAD Kab. Pekalongan , Pinca BRI Cab. Kota Pekalongan, Pinca PT Taspen Cabang Pekalongan, Para Kuasa Pengguna Anggaran dan seluruh insan Perbendaharaan KPPN Pekalongan. Acara refleksi Hari Bakti Perbendaharaan 2018 diisi penyampaian capaian yang telah dicapai oleh DJPb, inovasi yang telah diterapkan oleh DJPb dan juga prestasi yang telah di capai oleh DJPb sampai dengan tahun 2018 yang langsung disampaikan oleh Bapak Wahyu Harmono selaku Kepala KPPN Pekalongan.

Selain tiga kegiatan yang telah disampaikan diatas, masih ada beberapa kegiatan lain dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan 2018, yaitu Perbendaharaan Berbagi dan Perbendaharaan Peduli Lingkungan serta Perbendaharaan Menulis yang merupakan kegiatan inti tahun 2018.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search