Jalan Bahagia No. 44 Pekalongan - 51117

Berita

Seputar KPPN Pekalongan

Kegiatan Bulan Suci Ramadhan 1439H di KPPN Pekalongan

Marhaban Ya Ramadhan.

Selamat datang……  bulan yang penuh rahmat dan penuh ampunan.

Bulan yang dimuliakan, penghulu dari segala bulan. Bulan yang dijadikan padanya satu malam lebih baik dari seribu bulan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang lebih mulia daripada bulan-bulan lainnya. Tiba saatnya memasuki bulan suci ramadhan, untuk bersihkan jiwa dan sucikan hati. Tak terasa, kembali kita memasuki bulan yang penuh rahmat dan ampunan.

Bersyukurlah kita karena telah diberikan kesempatan untuk berjumpa kembali dengan bulan mulia ini.

Dalam rangka meningkatkan semangat, gairah beribadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya serta menyemarakkan bulan suci tersebut KPPN Pekalongan mengadakan kegiatan-kegiatan ramadhan,  antara lain :

 

1. KPPN Pekalongan Berbagi

 

Memberikan nasi kotak untuk berbuka puasa dan takjil  kepada warga sekitar dan

korban banjir rob di Posko Jetayu Pekalongan setiap hari jum’at.

 

2. Pengajian Ramadhan, Kajian Khusus

 

Mendengarkan kajian ceramah agama. Dilaksanakan setelah selesai shalat dhuhur sampai selesai. dilaksanakan setiap hari Selasa minggu ke 2 dan ke 4 diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Pekalongan

 

3. Pembagian Takjil Ramadhan

Memberikan takjil untuk berbuka puasa kepada jamaah shalat maghrib di masjid sekitar kantor. Dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Jum’at

 

4. Buka Puasa Bersama

 

Dilaksanakan hari Rabu tanggal 30 Mei 2018 dan diteruskan mendengarkan kajian

ceramah agama menyambut Nuzullul Qur’an. Pelaksanaan dimulai jam 16.00 WIB

sampai dilanjutkan berbuka puasa bersama ddan shalat maghrib berjamah diikuti

oleh seluruh pegawai KPPN Pekalongan

 

5. One Day one Juz

 

Kegiatan membaca Al Qur’an selama bulan ramadhan oleh pegawai KPPN Pekalongan untuk membaca Al Qur’an 1 juz setiap hari, Dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Jum’at oleh pejabat dan pegawai KPPN Pekalongan yang telah ditunjuk.

 

6. One Day One Hadist

 

Kegiatan membaca hadits yang berhubungan dengan puasa ramadhan, dibaca tiap hari Senin sampai dengan Jum’at setelah selesai membaca doa pagi oleh pegawai pembaca doa pagi yang sudah ditunjuk (sesuai jadwal pembaca doa).

 

Bulan Suci Ramadhan kehadirannya selalu dinanti dan ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. Kita mencintai Ramadhan dan berharap bisa menemuinya setiap ramadhan tiba. Untuk tahun-tahun yang akan datang kita berharap masih bisa berjumpa dengan ramadhan lagi dan menyambutnya dengan penuh suka cita. Kebersamaan dengan ramadhan sangat diharapkan berlangsung lama oleh kaum muslim yang beriman dan bertaqwa, untuk meningkatkan amalan-amalan ibadah sebanyak-banyaknya yang penuh manfaat dan penuh makna. Puasa ramadhan juga sangat bermanfaat dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan, diantaranya :

 

Puasa Ramadhan membentuk pribadi muslim berakhlak mulia.

Puasa Ramadhan membawa rahmat dan ampunan

Puasa Ramadhan mendidik disiplin dan kejujuran dalam segala hal

Puasa Ramadhan membentengi diri dari segala kejahatan dan perbuatan tercela

 

Hikmah Puasa

Hikmah puasa ramadhan meningkatkan kepedulian sosial, ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi segala cobaan dan tantangan.

Hikmah puasa ramadhan meningkatkan ukhuwah Islamiyah, Persatuan dan Kesatuan Umat.

 

Kita sekarang berada  dipenghujung dan telah lewat pertengahan bulan ramadhan. Apa yang mesti kita lakukan di akhir-akhir bulan ramadhan.

Rasullullah ketika masuk 10 hari terakhir dari bulan ramadhan, beliau menghidupkan malam-malamnya yang ada, beliau juga membangunkan keluarganya untuk semakin giat di akhir-akhir bulan Ramadhan.

bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah SWT

 

Kita harus lebih serius lagi untuk beribadah di akhir-akhir bulan ramadhan,

Ditambah lagi diakhir-akhir bulan ramadhan ini kita akan mendapati malam Lailatul Qadar atau malam penuh kemuliaan. Lalu kalau kita dapati Lailatul Qadar apa yang mesti kita lakukan.

Pastinya kita lebih rutin lagi melakukan shalat tarawih, ditambahkan dengan shalat

malam, berdzikir, baca Al- Qur’an, doa dan berbagai macam ibadah lainnya.

 

Nabi  Muhammad SAW mengatakan ,” Siapa yang menghidupkan Malam Lailatul Qadar dengan shalat  malam, atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Kemudian disamping shalat malam kita hidupkan juga dengan memperbanyak do’a, bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah SWT.

Maka dipenghujung ramadhan kita juga banyak meminta ampunan kepada Allah, lebih-

lebih lagi  karena  kita punya kekurangan-kekurangan selama bulan ramadhan.

Disamping itu perbanyaklah dzikir, istigfar, bertawakkal kepada Allah dan  Khusnudhan

kepada Allah SWT (Berbaik sangka kepada Allah SWT). Serta berusaha untuk

melakukan I’tikaf di masjid.

Agar kita benar-benar bisa memaksimalkan hari-hari terakhir kita dengan ramadhan, kita banyak meminta ampunan dan berdoa sebagai berikut ini :

 

“Ya Allah tolonglah aku sehingga aku bisa berdzikir kepadaMu, aku bisa bersyukur  kepadaMu, dan aku bisa memperbaiki ibadah-ibadah ku.” Dengan mengharapkan pertolongan kepada Allah SWT dengan bersandar pada kekuatan Allah SWT dan kita menginginkan mendapatkan khusnul khotimah, mendapatkan lailatul qadar, maka Allah SWT akan wujudkan hal tersebut, “ Barang siapa yang bertawakkal bersandar meminta pertolongan kepada Allah maka Allah akan mewujudkan keinginannya.”(QS.At-Talaq: 3)

 

Allah SWT akan membuat kita mendapatkan lailatul qodar, dan sukses menutup ramadhan tahun ini dengan khusnul khotimah, jika kita benar-benar berusaha berdoa kepada Alllah SWT.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search