Jalan Bahagia No. 44 Pekalongan - 51117

Berita

Seputar KPPN Pekalongan

KINERJA PELAKSANAAN ANGGARAN SEMESTER I DAN REKONSILSIASI LAPORAN KEUANGAN SEMETER II SATUAN KERJA LINGKUP KPPN PEKALONGAN TAHUN 2022

    

 

 

Pada hari Jumat tangal 19 Agustus 2022 bertempat di Aula KPPN Pekalongan Jll.Bahagia No.44 Pekalongan dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) semester I dan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester II Tahun 2022 .Kegiatan FGD dihadiri oleh Pejabat Pembuat Komtmen (PPK) dan pengguna user modul pelaporan SAKTI pada seluruh satuan kerja lingkup KPPN Pekalongan.

Dalam sambutan pembukaan acara oleh Pudji Ardi Susatyo Achmadi selaku Kepala Kantor Perbendaharaan Negara Pekalongan, menyampaikan beberapa hal penting yaitu :

Pertama, reviu nilai IKPA semester I pada seluruh satuan kerja lingkup KPPN Pekalongan. Seluruh satuan kerja agar terus meningkatkan Capaian IKPA terutama terhadap Capaian yang belum Optimal. Kedua, Reformulasi IKPA ditujukan dapat mendorong capaian output (Caput) satuan kerja, karena Caput adalah indikator terbesar (superior) pada penilaian IKPA sehingga caput yang optimal/tinggi akan menghasilkan outcome yang maksimal pula. KPPN Pekalongan juga  mendorong Satuan kerja untuk meningkatkan realisasi anggaran yaitu dengan cara percepatan kegiatan pada satuan kerja. Selain itu Kepala KPPN Pekalongan mengharapkan para satker untuk mendukung program program pemerintah serta menginventarisir pagu- pagu yang tidak terserap untuk optimalisasi kegiatan lainnya pada unti kerja masing masing

Ketiga Rekonsiliasi yang merupakan Pencocokan data antara SAKTI (satker) dengan SPAN. Terdapat perubahan proses rekonsiliasi Laporan Keuangan yaitu dari e-rekon LK yang bersumber dari beberapa aplikasi (SAIBA/ SIMAK dan persedian) ke aplikasi Monsakti (Monitoring Sakti) yang datanya berasal dari SAKTI,. Terkait rekon laporan keuangan ini Kepala KPPN Pekalongan juga memohon bantuan satker agar berhati-hati dalam menginput data, melaksanakan jadwal rekonsiliasi tepat waktu, dan memantau monsakti sewaktu waktu sehingga dapat mengetahui kesalahan dari awal.

Pada sesi materi oleh para narasumber KPPN Pekalongan disampaikan materi pokok yaitu :

Materi pertama tentang Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Semester I Tahun 2022 disampaikan oleh Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Pekalongan yaitu Bapak Agus Iman Santoso, dengan materi pembahasan meliputi: a. 3 Aspek Pengukuran dan 8 Indikator Kinerja : Kualitas implementasi perencanaan anggaran merupakan penilaian terhadap kesesuaian antara pelaksanaan anggaran dengan yang direncanakan dan ditetapkan dalam DIPA ( indicator Revisi DIPA dan Deviasi Halaman III DIPA), Kualitas pelaksanaan anggaran merupakan penilaian terhadap kemampuan Satker dalam merealisasikan anggaran yang telah ditetapkan pada DIPA ( indicator Penyerapan Anggaran , Belanja Kontraktual , Penyelesaian Tagihan , Pengelolaan UP dan TUP , Dispensasi SPM ) dan Kualitas hasil pelaksanaan anggaran merupakan penilaian terhadap kemampuan Satker dalam pencapaian output sebagaimana ditetapkan pada DIPA (indicator Capaian Output ). b. Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran K/l, Eselon I dan Satker c. Kategori Nilai d. Ketentuan Peralihan e. Langkah – langkah Pencapaian IKPA yang Optimal.

Materi kedua tentang Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester II Tahun 2022 disampaikan oleh Kepala Seksi Vera yaitu Bapak Soeseno Adji dengan materi pembahasan meliputi: a. Reviu Semester I tahun 2022 b. Kebijakan Rekonsiliasi c. Status Hasil Rekonsiliasi d. Jadwal Rekonsiliasi e. Sanksi f. Kualitas data Laporan Keuangan.

Sebagai penutup acara dilakukan pemberian penghargaan kepada satker yang memperoleh nilai IKPA tertinggi. Satuan Kerja Polres Batang menerima penghargaan sebagai peraih nilai IKPA tertinggi  Kategori Pagu DIPA di atas 10 milyar rupiah. Sedangkan Satuan Kerja KPKNL Pekalongan menerima penghargaan sebagai peraih nilai IKPA tertinggi  Kategori Pagu DIPA di bawah 10 milyar rupiah. Harapan dari kegiatan ini semoga bermanfaat untuk satker dalam rangka meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran serta pelaksanaan rekonsilasi laporan keuangan yang tepat waktu dan berkualitas.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search