Jl. Datu Insad, No. 79 Pelaihari – 70814

Berita

Seputar KPPN Pelaihari

Sharing Experience Implementasi Digital Payment Marketplace bersama KPPN Singaraja

Salah satu kegiatan yang dikembangkan oleh pemerintah adalah implementasi program Digital Payment – Market Place sebagai salah satu system pembayaran pada Belanja Pemerintah. Hal tersebut dimaksudkan guna mendorong efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas belanja negara, serta memberdayakan vendor yang sebagian besar merupakan UMKM.

KPPN Pelaihari bekerja sama dengan KPPN Singaraja sebagai narasumber untuk membagikan pengalaman keberhasilan implementasi Digital Payment (Digipay) di lingkungan KPPN Singaraja dalam acara bertajuk Sharing Experience Implementasi Program Digital Payment – Marketplace Belanja Pemerintah.

Kegiatan yang diselenggarakan tanggal 19 April 2021 tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan disiarkan secara live melalui Youtube channel KPPN Pelaihari. Sungguh luar biasa pengalaman KPPN Pelaihari dalam menyelenggarakan acara online dengan partisipan zoom meeting mencapai 100 (seratus) partisipan dan Youtube Live tercatat 138 viewer diantaranya adalah pejabat perbendaharaan/pengelola keuangan satuan kerja di wilayah kerja KPPN Pelaihari, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, KPPN Lingkup Kalimantan Selatan dan beberapa dari luar Kalimantan.

Dalam kesempatan tersebut, Yoyok Yulianto (Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil Ditjen perbendaharaan Prov. Kalsel) mengapresiasi kegiatan sharing experience tersebut, serta mendukung program Digipay yang mana didalamnya ada peran UMKM karena merupakan tulang punggung perekonomian kita pada saat ini. Dan juga disampaikan hasil survey persepsi harapan tentang kebijakan digital payment sebagai bahan diskusi kegiatan sharing experience.

Inti kegiatan sharing experience dipaparkan oleh Jordan (Kepala KPPN Singaraja) yang menyampaikan bahwa KPPN Singaraja bersinergi dengan KPPN lain sebagai bagian dari nilai-nilai kemenkeu untuk mencapai tujuan organisasi serta bekerja cepat dan sukses.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan secara detil penggunaan sistem marketplace mulai dari refleksi implementasi marketplace pada KPPN Pelaihari, pengalaman keberhasilan implementasi marketplace pada KPPN Singaraja, dan juga studi kasus pada KPPN Singaraja.

Turut hadir Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Tri Budhianto yang menjadi keynote speaker menyampaikan dalam menyukseskan program digipay bahwa kita harus menyamakan visi kepada seluruh satuan kerja untuk meningkatkan akuntabilitas dan membantu perekonomian wilayah. Dasar dan teknis pelaksanaan marketplace KPPN Singaraja dapat menjadi acuan namun tetap memperhatikan kondisi wilayah Kabupaten Tanah Laut.

Dari kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan kesiapan KPPN Pelaihari bersama satker di wilayah kerja KPPN Pelaihari semakin matang serta tujuan utama dalam mendukung kebijakan utama APBN dalam rangka mempercepat transformasi belanja negara era digital dapat tercapai dengan baik dan bermanfaat baik bagi pelaku UMKM.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search