Salah satu implementasi lingkungan pengendalian adalah adanya mekanisme pelaporan dan penanganan pengaduan masyarakat , baik pengaduan yang masuk melalui saluran sendiri maupun pelimpahan dari UKI kanpus/Kanwil. Salah satu inovasi saluran pengaduan pada KPPN Semarang I yaitu Aplikasi Form Keluhan Pelanggan (FKP)
Deskripsi | Aplikasi Keluhan pelanggan merupakan aplikasi berbasis google form yang digunakan untuk merekam keluhan dari satker, baik terhadap layanan maupun adanya dugaan gratifikasi atau korupsi oleh pegawai KPPN Semarang I. Aplikasi ini dikelola oleh bagian Kepatuhan Internal Seksi MSKI KPPN Semarang I dan digunakan sebagai alat monitoring adanya laporan keluhan pelanggan/satker. |
Manfaat Inovasi |
Aplikasi Form Keluhan Pelanggan disediakan oleh KPPN yang dalam pelaksanaan yaitu: Strategi ini dilakukan untk memperoleh gambaran/masukan/keluhan atas layanan KPPN dengan cara yang mudah dan praktis, bisa diakses melalui web maupun HP dan memermudah bagi bagian Kepatuhan Internal Seksi MSKI untuk memperoleh laporan pengaduan secara cepat sehingga lebih cepat ditangani. Keunikan inovasi ini adalah memberikan fasilitas berupa penginputan keluhan pelanggan/satker yang dilakukan setiap saat melalui https://bit.ly/aplikasikeluhanpelanggan Inovasi layanan ini dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas jaringan internet. Pelaksanaan dan penanganan keluhan pelanggan yang masuk melalui https://bit.ly/aplikasikeluhanpelanggan dilakukan berdasarkan SOP dan ketentuan yang berlaku. Pihak-pihak yang berkontribusi nyata terhadap keberlangsungan Aplikasi Keluhan Pelanggan adalah seluruh pegawai KPPN Semarang I. |
Tautan Inovasi | https://bit.ly/aplikasikeluhanpelanggan |