Sibolga

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KINERJA POSITIF APBN TINGKATKAN PEREKONOMIAN DAN TEKAN INFLASI DI DAERAH

Kepala KPPN Sibolga Andres Leiman Silalahi, saat menyampaikan materi dalam kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Statistik Sektoral Kota Sibolga 2023

 

Kinerja APBN di wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah sampai dengan 29 November 2023 mengalami pertumbuhan positif yang ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan baik dari sisi pendapatan negara maupun dari sisi belanja negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sibolga, Andres Leiman Silalahi, dalam sesi penyampaian materi kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Statistik Sektoral Kota Sibolga 2023 yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik Kota Sibolga pada Kamis, 30 November 2023 di Hotel Prima Indah Sibolga.

Dalam kegiatan tersebut, yang menjadi narasumber adalah Kepala KPPN Sibolga, Kepala BPS Kota Sibolga, Pimpinan Perwakilan Bank Indonesia Kota Sibolga, dan Ketua Tim Pengumpulan Data BPS Kota Sibolga. Kegiatan tersebut dibuka oleh Walikota Sibolga yang diwakilkan oleh Asisten Bidang Administrasi Pembangunan dan Umum Kota Sibolga serta dihadiri oleh Pimpinan Forkopimda dan Para Kepala OPD Kota Sibolga.

Dalam penyampaian materi oleh Kepala KPPN Sibolga, disampaikan beberapa update terkait Kinerja APBN sampai dengan 29 November 2023. Diantaranya adalah perkembangan terkini terkait kinerja Pendapatan Negara, Kinerja Belanja Negara, dan juga Realisasi Transfer Ke Daerah.

Disebutkan, sampai dengan 29 November 2023 Penerimaan Perpajakan telah terealisasi sebesar Rp518 Miliar untuk daerah Kota Sibolga dan Kab. Tapanuli Tengah. Terdapat peningkatan sebesar 6,2% apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022. Sementara untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak sudah terealisasi sebesar Rp27,3 Miliar atau 214,95% dari total estimasi Pendapatan yaitu 12,7 Miliar. Terdapat peningkatan sebesar 37,1% apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022.

Pada periode yang sama, Belanja Pemerintah Pusat telah mencapai 86,91% atau sebesar Rp703.594.213.743, meningkat sebesar 2,39% apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada TA 2022. Untuk Belanja Pegawai terealisasi sebesar 92,35%, Belanja Barang 84,94% dan Belanja Modal 55,65%. Sementara dari sisi Belanja Transfer Ke Daerah telah tercapai 88,96% atau sebesar Rp1.358.754.441.754, terjadi peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan periode yang sama pada TA 2022 dikarenakan mulai TA 2023 KPPN melaksanakan penyaluran Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala KPPN Sibolga juga menyampaikan beberapa output kinerja APBN yang dapat dirasakan di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, diantaranya adalah Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Badiri & Lumut, Pembangunan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu, Pembangunan Gedung Pelayanan Terpadu Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga, Pembangunan Instalasi dan Jaringan Air Tanah Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga, Pembangunan Blok Hunian dan Pagar Pembatas Area Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga, Pengadaan Kendaraan Foam Tender PKP-PK Tipe IV (SIBISA), dan Pemeliharaan Kapal KN. Mandalika Distrik Navigasi Sibolga. Beliau menyebutkan bahwa Pembangunan-pembangunan tersebut akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kemudian Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Sibolga yang mendapatkan Dana Tambahan Insentif Fiskal Karena Kinerja Dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah TA 2023 Periode Ketiga yang telah direalisasikan 100%. Sebagai penutup, Kepala KPPN Sibolga menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi dari semua pihak/para pemangku kepentingan dalam mengendalikan tingkat inflasi di daerah secara khusus di Kota Sibolga.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search