Sibolga

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN SIBOLGA BERSAMA KANWIL DJPb PROVINSI SUMATERA UTARA EDUKASI KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DI PEMKAB TAPANULI TENGAH

Kepala KPPN Sibolga, Ketua Tim Bimtek Aplikasi SIKP KUR Kanwil DJPb Prov. Sumatera Utara, dan Kepala BPKAD Kab. Tapteng, saat menyelenggarakan Kegiatan Bimtek Aplikasi SIKP KUR Kab. Tapanuli Tengah

Pada Hari Selasa, 12 Desember 2023, KPPN Sibolga Bersama Kanwil DJPb Prov. Sumatera Utara menggelar Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) di Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai wujud implementasi peran Kanwil DJPb dalam rangka pembinaan dan evaluasi kredit usaha mikro serta mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai calon debitur potensial. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Cendrawasih Kantor Bupati Tapanuli Tengah. Kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kredit Program tersebut dihadiri oleh Kepala KPPN Sibolga, Kepala BPKAD Kabupaten Tapanuli Tengah, Tim Aplikasi Bimtek SIKP Kanwil DJPb Prov. Sumatera Utara, Para pejabat pengawas dan Staff KPPN Sibolga, serta Para OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai operator (user) SIKP KUR.

Dalam kegiatan tersebut Kepala KPPN Sibolga menyampaikan Keynote Speech sebagai pembuka acara kegiatan Bimtek Aplikasi SIKP KUR. Dalam Keynote Speech tersebut, Kepala KPPN Sibolga menyampaikan bahwa UMKM memiliki peran dan kontribusi yang penting dalam perekonomian Indonesia. Untuk itu, perlu dijaga eksistensinya melalui dukungan pemerintah melalui pemberian dukungan berupa pembinaan maupun permodalan. Dukungan tersebut telah diwujudkan melalui adanya program pembiayaan kredit pemerintah seperti KUR dan UMI.

Dalam paparan materi dari Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara disebutkan bahwa dalam rangka penyaluran pembiayaan KUR didukung melalui penggunaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP). Adapun Tujuan SIKP ini adalah menjadi basis data UMKM yang terpercaya dan dapat dijadikan rujukan bagi Bank untuk penyaluran kredit yang efektif. Selain itu, SIKP juga didorong untuk dapat menjadi alat untuk mempercepat proses pembayaran tagihan subsidi kredit program.

Namun demikian, dukungan permodalan berupa pembiayaan kredit pemerintah seperti KUR dan UMI ini tidak dapat berjalan tanpa adanya dukungan, sinergi, serta upaya strategis dari pemerintah daerah. Maka dari itu, melalui kegiatan Bimtek Aplikasi SIKP KUR dapat menjadi wadah untuk membantu para operator Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah untuk menginput data calon debitur pada aplikasi SIKP. Selain itu, SIKP ini dapat menjadi sarana dalam penyediaan data pelaku UMKM potensial di wilayah Kabupaten Tapanuli tengah, hingga pembinaan para pelaku UMKM dalam pengembangan usahanya.

Melalui kegiatan Bimtek Aplikasi SIKP KUR ini, Kepala KPPN Sibolga mengharapkan agar para operator SIKP Pemda mampu menginput lebih banyak lagi data UMKM potensial di Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mengoptimalkan peran SIKP dalam mendukung penyaluran KUR bagi UMKM dan juga melaksanakan monitoring penyaluran di Kabupaten Tapanuli Tengah. Sehingga data tersebut dapat dipergunakan Perbankan guna menjaring debitur yang lebih luas untuk meningkatkan penyaluran KUR di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search