Tanjungpinang

Dialog Kinerja Organisasi KPPN Tanjungpinang Triwulan III Tahun 2021

 

     Dialog Kinerja Organisasi atau akrab dikenal dengan DKO adalah kegiatan rutin KPPN Tanjungpinang yang dilaksanakan setiap bulan. DKO merupakan sarana komunikasi formal antara pimpinan unit yang merupakan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai di bawahnya. Apa saja yang dikomunikasikan dalam kegiatan tersebut? Dalam kegiatan DKO Kepala KPPN selaku pimpinan unit, membahas tentang isu permasalahan, implikasi, akar masalah, dan rekomendasi terkait indikator kinerja pada Kemenkeu Three. Indikator Kinerja Utama (IKU) pada KPPN terdiri dari 20 IKU yang dimiliki oleh Kepala Kantor selaku pemegang Kontrak Kinerja Pemilik Peta Strategis. Tujuan dari diadakannya DKO adalah agar pejabat dan pegawai dapat melakukan tindakan-tindakan yang akan meningkatkan kinerjanya, selain itu agar atasan langsung dapat memotivasi bawahan bekerja lebih baik lagi. Dengan dilakukannya DKO diharapkan kinerja organisasi dan individu meningkat, membangun budaya kerja organisasi, terjadinya interaksi yang positif antara atasan langsung dan bawahan, serta dapat memetakan potensi/kompetensi pegawai sebagai salah satu alat perencanaan pengembangan pegawai.

     DKO Triwulan III 2021 yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 4 Oktober 2021 membahas 6 IKU Kemenkeu three dengan jenis Cascading Peta (CP). IKU dengan jenis Cascading Peta adalah IKU yang berasal dari pemilik peta (Kepala Kantor) yang diturunkan ke unit/ pegawai yang lebih rendah. KPPN Tanjungpinang memiliki 6 IKU dengan jenis CP antara lain : (1) Persentase tingkat implementasi Aplikasi  SAKTI, (2) Persentase akurasi perencanaan kas, (3) Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L, (4) Nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa, (5) Persentase  rekonsiliasi tingkat UAKPA secara  tepat waktu dan andal, dan (6) Persentase kualitas  pelaksanaan anggaran KPPN. Keenam target IKU Cascading Peta pada KPPN Tanjungpinang tersebut dapat diraih dengan capaian maksimal melampaui target.

     Masih adanya beberapa isu dan permasalahan dalam mencapai IKU menjadi bahasan utama dalam setiap DKO yang dilaksanakan KPPN Tanjungpinang. Isu-isu dan permasalahan terkini diangkat agar dapat diputuskan cara terbaik atau proses-proses yang harus dilakukan agar capaian yang diraih dapat maksimal. Tindakan apa saja yang pernah dilakukan disandingkan dengan rencana aksi yang akan dilakukan selanjutnya sehingga isu dan permasalahan yang ada tidak menjadi halangan dalam mencapai realisasi secara maksimal.

     Pada penutup DKO, Bapak Aprijon selaku Kepala KPPN Tanjungpinang menegaskan bahwa walaupun semua IKU Kemenkeu Three KPPN Tanjungpinang telah meraih capaian yang memuaskan, namun diharapkan semua jajaran pejabat dan pegawai tetap bekerja secara profesional agar capaian IKU KPPN Tanjungpinang secara kontinu akan selalu tercapai bahkan melampaui target.

 

 

Kontributor :Rat/Apr

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search