Jl. Milono No. 2, Tanjungredeb – 77311

Berita

Seputar KPPN Tanjung Redeb

Dukungan terhadap UMKM melalui Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi)

 

Keberhasilan Indonesia dalam pemulihan ekonomi tidak terlepas dari peran UMKM. Hal ini membuat pemerintah terus menggunakan instrumen APBN agar UMKM dapat terus bertahan di tengah pandemi. Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM, pemerintah menghadirkan Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) disertai dengan dukungan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha ultra mikro.

Pembiayaan UMi merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat.

Dalam rangka sharing session kepada seluruh pegawai, KPPN Tanjung Redeb melaksanakan kegiatan Meet, Greet, & Sharing (22/07). Adapun tema yang dibawakan adalah "Arah Kebijakan Program Pembiayaan UMi" yang disampaikan oleh Pelaksana Seksi Bank, Roseli Rahmawati Nurkholis Putri.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Pada kesempatan ini, disampaikan hal-hal terkait pembiayaan ultra mikro mulai dari pejelasan apa itu pembiayaan ultra mikro, tujuan dan penyaluran ultra mikro, peranan PIP selaku Coordinated Fund Pembiayaan UMKM, perubahan Petunjuk Teknis Monitoring dan Evaluasi Pembiayaan Ultra Mikro oleh Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan dari Perdirjen sebelumnya PER-25/PB/2018 ke PER-6/PB/2022 serta Program Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu. Lebih lanjut dilakukan demo penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kredit Program Ultra Mikro (SIKP UMi).

Dalam hal Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Pembiayaan UMi, pemerintah menunjuk Kantor Wilayah DJPb yang merupakan kepajangan tangan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dan selanjutnya ditugaskan kepada KPPN yang berkedudukan di wilayah penyaluran. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi yang sangat menarik hingga akhir acara.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta gambaran kepada seluruh pegawai terkait peran KPPN dalam pembiayaan ultra mikro serta pentingnya pembiayaan UMi sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kemajuan UMKM di Indonesia.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

   

Search