Jalan P. Diponegoro Nomor 46, Kota Tarakan

Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan 2018 di KPPN Tarakan

Tarakan – KPPN Tarakan selaku bagian dari DJPb dalam menyambut Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan di bulan Januari 2018

Setiap tahunnya tanggal 14 Januari ditetapkan sebagai Hari Bakti Perbendaharaan. Penetapan Hari Bakti Perbendaharaan bertujuan untuk memantapkan jati diri dan identitas institusi Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) baik di lingkup internal Kementerian Keuangan maupun di tingkat nasional.

Tanggal 14 Januari mempunyai nilai historis cukup tinggi bagi insan Perbendaharaan, mengngat secara resmi istilah Perbendaharaan pada sektor publik pertama kali muncul pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. Terbitnya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tersebut menjadi awal terbentuknya Ditjen Perbendaharaan yang bersama-sama dengan instansi vertikal di Ditjen Perbendaharaan termasuk KPPN ditetapkan sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara. Atas dasar inilah mengapa dimaknai tanggal 14 Januari sebagai Hari Bakti Perbendaharaan.

Walapun terbentuknya mulai tahun 2004, namun DJPb telah memiliki sejarah yang cukup panjang jauh sebelum tahun 2004. Perjalanan panjang DJPb sampai saat ini memiliki peran sentral di dalam menjamin keberlangsungan pengelolaan Keuangan Negara.

DJPb sudah melakukan banyak upaya untuk menciptakan suatu organisasi yang profesional dalam koridor good governance dan clean government. Telah banyak pengakuan dan penghargaan dari banyak pihak terkait capaian dan prestasi DJPb dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Dalam rangka penyelenggaraan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018, DJPb berupaya untuk membentuk suatu organisasi modern yang tidak hanya berprestasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya, namun juga mampu mendokumentasikan dan menginformasikan kegiatan-kegiatannya tersebut kepada masyarakat melalui berbagai sarana baik cetak maupun elektronik. Dengan demikian, manfaat atas kinerja tidak hanya dirasakan oleh insan Perbendaharaan namun juga oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat luas.

Berkenaan dengan hal tersebut, DJPb memanfaatkan momen hari Bakti Perbendaharaan melalui pelaksanaan sejumlah kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan citra organisasi, mencetak dan meningkatkan kapasitas literasi insan DJPb maupun tujuan sosial. Untuk itu, tema Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 adalah “Tingkatkan Literasi Perbendaharaan Untuk Menggemakan Pembangunan”.

KPPN Tarakan selaku bagian dari DJPb dalam menyambut Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan di bulan Januari 2018, yaitu:

Perbendaharaan Mengajar

 

Perbendaharaan Mengajar merupakan kegiatan edukasi mengenai fungsi APBN dan peran DJPb dalam pengelolaan Keuangan Negara kepada murid sekolah Madrasah Aliyah Negeri Kota Tarakan pada tanggal 16 Januari 2018, dengan harapan wawasan mereka semakin bertambah dan timbul semangat untuk bergabung dalam korps Perbendaharaan di masa mendatang.

Perbendaharaan Berbagi

 

Perbendaharaan Berbagi yaitu kegiatan kepedulian pegawai DJPb kepada sesamanya, dalam kesempatan ini berbagi rezeki dengan PPNPN KPPN Tarakan dari seluruh pegawai KPPN Tarakan.

Perbendaharaan Peduli Lingkungan

Perbendaharaan Peduli Lingkungan yaitu kegiatan wujud kepedulian terhadap lingkungan berupa kerja bakti di komplek rumah dinas KPPN Tarakan yang berada di depan Gedung KPPN dekat dengan permukiman masyarakat. Kerja bakti dilakukan dengan membersihkan halaman dan lingkungan rumah dinas serta mengecat kembali pagar sehingga terlihat bersih dan rapi kembali. Masyarakat sekitar tentunya akan merasa senang ketika melewati komplek rumah dinas KPPN Tarakan.

Selain itu dilakukan pula kegiatan penanaman pohon di kawasan hutan lindung Kota Tarakan untuk mendukung program Perbendaharaan Go Green. Penanaman dilakukan dibantu Dinas Lingkungan Kota Tarakan. Penanaman beberapa pohon diharapkan akan tumbuh menjadi pohon-pohon yang kokoh melindungi kawasan hutan lindung Kota Tarakan yang merupakan jantung kota yang menyuplai udara segar bagi penduduknya.

Perbendaharaan Sehat

Perbendaharaan Sehat yaitu program dalam rangka menjaga kesehatan dan kebugaran fisik pegawai serta menjalin hubungan baik dengan stakeholder KPPN Tarakan. Kali ini dilakukan dengan menyelenggarakan pertandingan persahabatan bola voli dengan PT Taspen Tarakan di minggu ke 4 bulan Januari 2018.

Perbendaharaan Menulis

 

Perbendaharaan Menulis yaitu program dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan menulis pegawai DJPb. KPPN Tarakan telah menyusun program yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan minat menulis para pegawai KPPN Tarakan.

Refleksi/Tasyakuran Hari Bakti Perbendaharaan

Tidak ketinggalan dilakukan kegiatan Refleksi/Tasyakuran Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 pada tanggal 24 Januari 2018 yang diselenggarakan bersamaan dengan Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan UAKPA Tahun 2017. Dalam kegiatan tersebut hadir hampir seluruh perwakilan satuan kerja mitra KPPN Tarakan termasuk perwakilan Pemda Kota Tarakan. Refleksi/tasyakuran Hari Bakti Perbendaharaan bertujuan untuk melihat kembali perjalanan Ditjen Perbendaharaan sejak awal berdiri sampai dengan tahun 2017. Pada saat itu bersama-sama peserta menyaksikan tayangan video Sambutan Menteri Keuangan dan video Perbendaharaan Negara Dari Masa ke Masa yang merangkum perkembangan Perbendaharaan Negara untuk mewujudkan pelayanan kepada para pemangku kepentingan.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tarakan
Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 46, Kota Tarakan
Telepon (0551) 21027

Search