Berita

Seputar KPPN Tobelo

Rapat Koordinasi Percepatan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Kab. Halut

Tobelo, 25 Mei 2018

Rapat Koordinasi (Rakor) Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2018 untuk Kab. Halut diadakan di aula Kantor Bupati Halut pada tanggal 25 Mei 2018.

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kab. Halut Fredy Tjandua, Asisten II Setda, Kepala Bappeda, Kepala Kanwil DJPb Prov Malut Edward U P Nainggolan, Kepala KPPN Tobelo Muh. Palid Siregar dan Kepala SKPD terkait.

Dalam rapat tersebut, Edward U P Nanggolan selaku narasumber menyampaikan bahwa apa yag menjadi masalah lambatnya pengajuan persyaratan penyaluran DAK Fisik Tahap i segera terurai akar masalahnya, sehingga dapat segera diambil solusi terbaik yang perlu dilaksanakan pemda. "Khusus untuk Dana Desa Tahap II, batas akhir penyampaian dokumen persyaratan jatuh pada tanggal 21 Juni 2018. Banya hari libur menjelang batas akhir tersebut, seingga Pemda Halut diharapkan dapat menyampaikan dokumen persyaratan penyaluran Dana Desa paling lambat tanggal 8 Juni 2018", lanjut beliau.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPMD Halut Nyoter Koenoe menyatakan bahwa sampai dengan saat ini jajarannya aktif membina desa-desa di Halut, sehingga diharapkan dokumen persyaratan telah disampaikan sebelum batas waktu.

Dalam Rakor tersebut, dibahas juga DAK Fisik untuk Halut Tahun 2018 yang belum disalurkan. "Belum disalurkannya DAK Fisik Tahap I di Halut disebabkan dokumen persyaratan belum disampaikan oleh Pemda", ujar Kepala KPPN Tobelo Muh. Palid Siregar. "Persyaratan penyaluran DAK Fisik Tahap I cukup mudah, yaitu melalui upload dokumen persyaratan melalui OMSPAN. Dokumen persyaratan tersebut diantaranya Peraturan Daerah TA 2018, laporan realisasi penyerapan dana dan capaian output kegiatan DAK Fisik TA sebelumnya, Rencana Kegiatan yang tealh disetujui oleh K/L Teknis terkait dan Daftar Kontrak Kegiatan', lanjut Kepala KPPN Tobelo.

Diskusi berlangsung menarik dengan membahas permasalahan yang dihadapi oleh SKPD terkait. Di akhir diskusi, Sekretaris Daerah Freddy Tjandua meminta agar pimpinan SKPD dengan BPPKAD Halut mengambil langkah-langkah strategis untuk mempercepat penyampaian dokumen persyaratan DAK Fisik Tahap I. Walaupun batas penyampainnya masih tanggal 21 Juli 2018, Freddy mengharapkan tanggal 8 Juni 2018 semua persyaratan penyaluran DAK Fisik Tahap I sudah disampaikan.

Rakor ditutup dengan penyampaian apresiasi Setda Kab. Halut kepada Tim Kanwil DJPB Malut dan KPPN Tobelo atas terselenggaranya Rakor DAK Fisik dan Dana Desa di Tobelo.

 

DOKUMENTASI FOTO

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tobelo
Jalan Kemakmuran, Tobelo

IKUTI KAMI

Search