Berita

Seputar KPPN Tobelo

Peringati Hari ke 17 Bulan Ramadhan, KPPN Tobelo adakan Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim Piatu

Tobelo, 2 Juni 2018

Bertepatan dengan hari ke 17 bulan Ramadhan, KPPN Tobelo menyelenggarakan kegiatan Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim.

Acara yang dilaksanakan di Basement Gedung KPPN Tobelo tersebut, dihadiri oleh 36 anak dari Panti Asuhan Tarakani Galela. Anak-anak yang hadir terdiri dari berbagai usia dan jenjang pendidikan, dari yang masih balita hingga remaja, dan dari yang belum bersekolah hingga sudah tamat SMA. Acara tersebut dimulai dengan bacaan tilawah Al Qur'an oleh Al Ustadz.

Pada sambutannya, Kepala KPPN Tobelo Muh. Palid Siregar menyatakan bahwa acara ini dilaksanakan karena bentuk cinta dan kasih sayang seluruh pegawai KPPN Tobelo terhadap anak-anak yatim piatu. "Sudah beberapa kali kami melaksanakan santunan datang langsung ke Panti Asuhan, tapi kali ini special kami mengundang adik-adik semua datang kesini sekaligus mempererat ikatan silaturrahmi antara KPPN Tobelo dengan Panti Asuhan Tarakani". Selanjutnya, beliau menyampaikan materi pengenalan tugas dan fungsi KPPN Tobelo, bahwa KPPN Tobelo merupakan instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan. KPPN Tobelo merupakan 1 dari 178 KPPN di seluruh Indonesia yang bertugas menyalurkan dana APBN.

"Adik-adik sebagian ada yang bersekolah di Madrasah Aliyah Negeri kan, nah operasional MAN, gaji guru, pembangunan gedung dan renovasi, itu KPPN Tobelo yang menyalurkan dananya." jelas beliau terkait tugas KPPN. Kemudian, beliau memberikan motivasi kepada anak-anak yatim piatu untuk belajar sebaik mungkin agar nantinya bisa bekerja di Kementerian Keuangan dan ditempatkan di KPPN Tobelo untuk meneruskan tugas mulia dalam mengawal APBN.

Acara dilanjutkan dengan pemberian santunan berupa uang, bahan makanan dan sembako. Santunan yang diberikan merupakan donasi dari seluruh pegawai dan eks pegawai KPPN Tobelo. Santunan uang diberikan kepada masing-masing anak sembari berbaris satu persatu bersalaman dengan pegawai KPPN Tobelo. Bahan makanan dan sembako diserahkan secara simbolis oleh Kepala KPPN Tobelo kepada perwakilan anak-anak yatim piatu Panti Asuhan Tarakani.

Acara buka puasa bersama ini juga diisi ceramah oleh Al Ustadz Ibrahim Ahmad. Dalam ceramahnya, beliau menjelaskan keutamaan menyantuni anak yatim piatu. "Rasulullah Shallalahu Alaihi Wassalam merupakan anak yatim piatu dan beliau mencintai orang-orang yang dekat dengan anak yatim piatu." terang Ustadz yang juga merupakan Kepala KUA Tobelo. Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah malam turunnya wahyu Al Qu'ran pertama kali atau yang biasa disebut Nuzulul Qur'an. Nuzulul Qur'an terjadi pada malam ke 17 Ramadhan dan wahyu yang pertama diturunkan adalah Surat Al Alaq ayat 1-5 yang berisi perintah untuk membaca (Iqra').

Acara pada malam tersebut diakhiri dengan shalat Maghrib berjama'ah dan buka puasa bersama. Bagi seluruh pegawai KPPN Tobelo, kegiatan santunan ini adalah kegiatan sosial yang sangat menyentuh. Bertatap muka dengan wajah-­wajah polos yang menyimpan sejuta harapan, namun yang dapat kitaberikan barulah sejumput kepedulian. Kegiatan ini dapat membuka mata kita bahwa masih banyak saudara-saudara kita diluar sana yang membutuhkan perhatian dan uluran tangan agar harapan dan semangat mereka “TETAP MENYALA”.

DOKUMENTASI FOTO

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tobelo
Jalan Kemakmuran, Tobelo

IKUTI KAMI

Search