Berita

Seputar KPPN Tobelo

KPPN Tobelo Siap WBBM

Dalam rangka mempercepat pencapaian sasaran reformasi birokrasi sebagaimana terdapat pada road map reformasi birokrasi 2020-2024, yaitu mewujudkan pemerintah berkelas dunia, sasaran reformasi birokrasi diarahkan pada tiga kondisi yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel dan pelayanan publik yang prima perlu dibangun Zona integritas (ZI) pada unit kerja /satuan kerja sebagai pilot project percontohan. Oleh karena itu, pelaksanaan ZI merupakan miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi pada unit kerja/satuan kerja. Diharapkan unit yang membangun ZI dan mendapat predikat menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dapat menjadi percontohan bagi unit kerja/satuan kerja lain tentang bagaimana menerapkan tata kelola yang baik serta memberikan pelayanan publik yang prima dan berintegritas.  


KPPN Tobelo sebagai salah satu unit kerja yang pada tahun 2019 telah mendapatkan predikat ZI dan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), pada tahun 2022 ini kembali ditetapkan sebagai salah satu unit kerja yang mengikuti penilaian Unit Kerja Berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tingkat Nasional. Dalam rangka penilaian WBBM tingkat nasional tahun 2022 dimaksud KPPN Tobelo terus selalu meningkatkan komitmen antara pimpinan dan tim dalam membangun ZI dengan melakukan dan menunjukkan upaya perubahan/kedeltaan  yang signifikan yang dilakukan setelah mendapatkan predikat WBK menuju WBBM antara lain dengan membangun strategi komunikasi dan  publikasi pembangunan ZI serta menjadi role model dengan memberikan asistensi, pembinaan serta monitoring dan evaluasi secara berkala terkait pembangunan dan penilaian ZI dalam rangka pelaksanaan Island of integrity di lingkup wilayah kerja KPPN Tobelo. Selain itu KPPN Tobelo juga terus melakukan penataan SDM, penataan manajemen tata laksana, penguatan akuntabilitas serta penguatan pengawasan yang antara lain dengan pengembangan saluran pengaduan, sosialisasi anti korupsi dan gratifikasi secara berkala baik kepada internal maupun eksternal, Pemetaan titik rawan Fraud, Gratifikasi dan benturan kepentingan.

KPPN Tobelo juga telah berhasil menciptakan inovasi penguatan integritas dan kualitas layanan internal dan eksternal yang berhasil guna baik sekaligus memperkenalkan dan mereplikasi inovasi yang dimiliki tersebut kepada instansi lain baik itu sesame unit vertikal DJPb maupun satker mitra KPPN tobelo. Adapun Inovasi KPPN Tobelo antara lain Gosoma yaitu merupakan Inovasi Layanan pengajuan SKPP secara elektronik Inovasi ini telah direplikasi oleh KPPN Ternate, KPPN Wonosari, Polres Morotai, Kemenag Halmahera Timur. Kemudian aplikasi Kusuri yaitu inovasi layanan pengajuan Konfirmasi  PNBP secara online, Inovasi ini telah direplikasi oleh KPPN Merauke. Selanjutnya terdapat Inovasi MonteKarlo dan PAPEDA yang bertujuan mewujudkan transparansi dan memperluas akses monitoring penyaluran TKDD dibuat inovasi MonteKarlo dan PAPEDA. Selain itu masih banyak inovasi lainnya yang berhasil diciptakan KPPN Tobelo antara lain Go 112.online, LOLODA, KOPRA, POPILO.ROAST yang ditujukan untuk peningkatan tata Kelola internal maupun peningkatan kualitas layanan.

Selanjutnya guna mendukung program strategis pemerintah KPPN Tobelo senantiasa meningkatkan kolaborasi dan membangun sinergi kelembagaan antara lain dengan Pemerintah Daerah lingkup KPPN Tobelo dalam rangka upaya percepatan penyaluran Dana DAK Fisik dan Dana Desa, Kolaborasi dengan KPP Pratama Tobelo dan BPS Kabupaten Halmahera Utara untuk melakukan publikasi bersama data keuangan dan Indikator perekonomian Halmahera Utara sebagai upaya mendorong transparansi/keterbukaan informasi publik. Selain itu KPPN Tobelo juga menjalin kerjasama dengan PT.Taspen, BPJS Kesehatan, BANK Himbara serta beberapa Unit/Instansi Lainnya. Tidak hanya melaksanakan kegiatan yang berbasis kinerja KPPN Tobelo juga melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk kepedulian keluarga besar KPPN Tobelo kepada Masayarakat Sekitar melalui kegiatan Donor darah, Santunan ke panti Asuhan, Pemberian bantuan kepada korban musibah bencana dan kegiatan lainnya

 Dengan Sederet prestasi yang telah diraih KPPN Tobelo baik ditingkat regional maupun nasional dan didukung oleh capaian peningkatan kualitas pelayanan yang dibuktikan dengan hasil survei indeks kepuasan pengguna layanan yang terus meningkat setiap tahunnya, serta beberapa perubahan/kedeltaan yang signifikan dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBBM membuktikan bahwa KPPN Tobelo telah siap meraih predikat WBBM tahun 2022.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tobelo
Jalan Kemakmuran, Tobelo

IKUTI KAMI

Search