Nunukan

Berita

Berita Terbaru KPPN Nunukan

PENYELENGGARAAN UPACARA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Senin, 22 Mei 2023 pagi, bertempat di Aula KPPN Nunukan, telah dilaksanakan Upacara dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Upacara diselenggarakan dengan sederhana namun penuh khidmat.

 

20 Mei 1908, Boedi Oetomo mendirikan organisasi "Perkumpulan Boedi Oetomo" yang telah berhasil mengubah Bangsa Indonesia mewujudkan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Untuk itu, 20 Mei diabadikan menjadi Hari Kebangkitan Nasional.

 

Faktor Pendorong Kebangkitan Nasional, Dikutip dari laman resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, munculnya kebangkitan nasional di Indonesia ini dipengaruhi oleh dua faktor pendorong. Faktor pendorong kebangkitan nasional tersebut yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor Internal, yaitu Penderitaan yang berkepanjangan akibat penjajahan. Kenangan kejayaan masa lalu, seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya atau Majapahit. Munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin gerakan. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu : timbulnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika seperti nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme. Munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia seperti Turki Muda, Kongres Nasional India, dan Gandhisme. Kemenangan Jepang atas Rusia pada perang Jepang-Rusia yang menyadarkan negara-negara di Asia untuk melawan negara barat.

 

Pada tahun 2022, Indonesia telah menunjukkan kepada dunia internasional, bahwa kita mampu menjadi pemimpin forum G20. Dalam suasana geopolitik global yang memanas karena perang Rusia dan Ukraine, Indonesia dengan telaten terus membangun jembatan komunikasi untuk mencari solusi dan titik temu. Indonesia mengobarkan semangat untuk bangkit kepada seluruh dunia. Hal ini terlihat dari tema yang diangkat oleh Indonesia dalam Presidensi G20, yaitu “Recover Together, Recover Stronger”.

 

Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-115. Ayo Semangat Untuk Bangkit! Dan Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia!

 

#HarKitNas
#20Mei
#RecoverTogetherRecoverStronger

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search